... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dirjen Bimas Islam: Perpustakaan Masjid Penting Untuk Tingkatkan Literasi Umat

Foto: Direktur Jenderal Bimas Islam Muhammadiyah Amin membuka pelatihan Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial di Jakarta, Senin (24-06-2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menekankan pentingnya literasi informasi bagi generasi muda. Salah satu sarana penting dalam peningkatan literasi umat adalah perpustakaan masjid.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan bagian penting dalam literasi informasi adalah saring sebelum sharing. Dia menekankan sikap tersebut dalam ajaran Islam disebut tabayyun.

“Itu tercantum dalam Al Quran agar jika ada suatu informasi hendaknya bertabayyun,” kata Muhammadiyah Amin saat membuka pelatihan bertajuk Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial di Jakarta, Senin (24/06/2019).

Muhammadiyah lantas mengutip sebuah riset yang dilakukan oleh Central Connecticut State University yang bertajuk World’s Most Literate Nations. Hasil penelitian itu menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia berada di peringkat kedua dari bawah dari keseluruhan negara yang diriset, tertinggal jauh dari negara Asia Tenggara lain seperti Thailand dan Singapura.

“Indonesia berada di posisi kedua terbawah alias di urutan 60 dari 61 negara, tepat satu tingkat di atas Botswana. Hingga posisi 20 besar, negara-negara Barat dengan ekonominya yang telah mapan masih mendominasi,” paparnya.

Direktorat Jenderal Bimas Islam mengatakan pelatihan Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial ditujukan untuk meningkatkan literasi informasi bagi generasi muda. Acara yang diikuti 80 peserta itu melibatkan perwakilan organisasi-organisasi pemuda Islam, praktisi jurnalistik, hingga pegiat media sosial.

Muhammadiyah menyebut literasi dan kepustakaan di lingkungan umat Islam merupakan hal penting dan strategis. Hal itu menjadi bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

BACA JUGA  Ketimpangan Ekonomi Jadi Alasan Pemerintah Pindahkan Ibu Kota

“Salah satu bentuknya adalah pendirian dan penyelenggaraan perpustakaan masjid sebagai sarana belajar masyarakat sekaligus sarana peningkatan minat baca,” ujarnya.

Pengembangan kepustakaan Islam juga dilakukan dengan pengendalian mutu buku-buku yang beredar di tengah masyarakat. Dalam upaya tersebut, Dirjen Bimas Islam mempunyai peran tersendiri, yaitu bertanggung jawab mengembangkan tata aturan atau regulasi tentang penyelenggaraan sistem kepustakaan dan perpustakaan di lingkungan umat Islam.

“Termasuk organisasi kemasyarakatan Islam,” imbuhnya.

Peran Bimas Islam tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 42 tahun 2016. Aturan itu menyebutkan disebutkan bahwa tugas dan fungsi Kementerian Agama RI dalam pengelolaan kepustakaan Islam adalah merumuskan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria bimbingan teknis, dan evaluasi di bidang kepustakaan.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Abu Harits, Lc : Inilah Umat yang Selalu Menang!

KIBLAT.NET- Siapakah umat yang Allah SWT jamin mereka akan selalu menang? Simak di sini! Editor:...

Selasa, 25/06/2019 10:00 0

Video News

Apa Kata Ridwan Saidi tentang Syaikh Surkati?

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebagai ulama besar pendiri Al Irsyad Al Islamiyah dan guru sejumlah tokoh...

Selasa, 25/06/2019 09:58 0

Amerika

Tak Ingin Korban Jiwa Jatuh, Alasan Trump Batal Serang Iran

Di menit-menit terakhir inilah Trump membatalkan serangan, sekali lagi hanya berselang 10 menit sebelum rudal pertama ditembakkan

Selasa, 25/06/2019 08:25 0

Suriah

JWT Buka Pertempuran di Garis Kontak di Pedesaan Hama

Ia menambahkan bahwa taktik yang diterapkan beberapa waktu terakhir ini cukup efektif dan berhasil memberi kemenangan di lapangan.

Selasa, 25/06/2019 08:11 0

Wilayah Lain

PBB: Tolak Terima Anak-anak ISIS Cerminkan Kekejaman Tak Bertanggung Jawab

Penolakan kewarganegaraan kepada anak-anak setelah semua yang mereka derita mencerminkan kekejaman yang tidak bertanggung jawab

Selasa, 25/06/2019 06:53 0

Afghanistan

Taliban Ultimatum Media-media di Afghanistan yang Nistakan Jihad dan Mujahidin

Jika dalam kurun waktu maksimal sepekan tidak menghentikannya, para pejuang kami tidak lagi menganggap kantor-kantor kalian sebagai kantor media, namun target militer yang sah. Karena kalian telah membantu musuh.

Senin, 24/06/2019 17:10 0

Suara Pembaca

Antara Kisruh Industri Penerbangan dalam Negeri dan Kecakapan Pemimpin

Kekisruhan industri penerbangan bisa saja menjadi alat ukur kecakapan para pemimpin negeri.

Senin, 24/06/2019 15:41 0

Philipina

Di ASEAN Summit 2019, Duterte Kritisi Alotnya Negosiasi Sengketa Laut Cina Selatan

Sebagaimana diketahui, terjadi tumpang tindih klaim antara Cina dan Negara ASEAN atas teritori tersebut.

Senin, 24/06/2019 14:58 0

Suara Pembaca

Antara Ketahanan Politik dan Ketahanan Keluarga

Politik dan keluarga nyatanya saling bertautan dan saling berkaitan.

Senin, 24/06/2019 13:39 0

Mesir

IM: 60 Ribu Tahanan Mesir Hadapi “Malapetaka” Pasca Kematian Mursi

Peringatan ini dikeluarkan setelah kematian mendadak presiden Mesir terkudeta Muhammad Mursi di persidangan.

Senin, 24/06/2019 10:43 0

Close