Protes Wafatnya Mursi, Masyarakat Turki Demo Kedutaan Mesir

KIBLAT.NET, Ankara – Sejumlah elemen masyarakat Turki menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Mesir di ibu kota Ankara, Turki pada Kamis (20/06/2019). Demo ini sebagai bentuk protes kepada rezim Mesir atas wafatnya mantan presiden Muhammad Mursi.

Lokman Aylar, ketua Yayasan Keluarga Para Martir dan Veteran Turki, yang turut mengadakan protes di depan kedutaan Mesir beranggapan bahwa pemerintah Mesir harus bertanggung jawab atas kematian Mursi. Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Mursi dan rakyat Mesir.

Awal pekan ini, Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) menyerukan kepada masjid-masjid di negara tersebut agar menggelar shalat ghaib untuk Mursi. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga diketahui ikut melaksanakan shalat ghaib untuk Mursi di Masjid Fatih Istanbul.

Mursi adalah presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis. Ia wafat saat menghadiri persidangan pada hari Senin lalu, atas dakwaan spionase.

Morsi yang juga merupakan pimpinan kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir tersebut memenangkan pemilihan presiden bebas pertama di negara itu pada 2012. Namun, setelah hanya satu tahun menjabat, ia digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer berdarah yang dipimpin oleh menteri pertahanan pada saat itu, Abdel Fattah al-Sisi yang kini menjadi Presiden.

Saat wafatnya, Morsi tengah menghadapi sejumlah tuntutan hukum yang dinilai oleh sejumlah pihak, termasuk Mursi sendiri, bermuatan politis.

BACA JUGA  Turki Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac

Sumber: Anadolu
Penerjemah: Qoid

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat