... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Erdogan: Mursi Dibunuh, Pemerintah Mesir Harus Diadili

KIBLAT.NET, Istanbul – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah Mesir harus diadili di depan mahkamah internasional atas kematian mantan Presiden Muhammad Mursi. Dalam kesempatan lain Erdogan bahkan menyebut Mursi dibunuh dan pemerintah Mesir harus mempertanggungjawabkannya di pengadilan internasional.

Mursi yang juga merupakan anggota sekaligus tokoh elit Ikhwanul Muslimin, organisasi Islamis yang kini dilarang di Mesir, meninggal dunia pada hari Senin (17/06/2019) setelah sempat jatuh pingsan di pengadilan Kairo saat menghadapi dakwaan terlibat spionase.

Presiden Mesir pertama yang dipilih secara demokratis itu digulingkan melalui sebuah kudeta militer oleh Abdul Fattah al-Sisi yang kini berkuasa menjadi presiden. Mursi kemudian menjadi tahanan rumah sebelum akhirnya dimasukkan ke penjara oleh junta militer al-Sisi.

“Muhammad Mursi jatuh pingsan selama 20 menit saat menjalani proses pengadilan dan pihak pemerintah tidak memberikan pertolongan. Inilah mengapa saya mengatakan Mursi tidak meninggal, tetapi ia dibunuh,” kata Erdogan di depan para pendukungnya dalam sebuah kampanye di Istanbul.

Kami, sebagai bangsa Turki, akan mengikuti perkembangan isu ini dan akan melakukan segala hal yang memungkinkan untuk mengadili pemerintah Mesir di depan mahkamah internasional atas kematian Mursi,” kata Erdogan. Ia juga menyerukan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengambil tindakan.

Pada Selasa lalu, PBB menyerukan investigasi menyeluruh dan transparan atas kasus meninggalnya Mursi. Di lain pihak, pemerintah Mesir merespon balik seruan PBB itu dengan kritik dan kecaman, dan menuding PBB mempolitisasi kematian Mursi. “Setiap terjadi kematian yang tiba-tiba di tahanan harus segera ditindaklanjuti dengan investigasi yang imparsial, mendalam, dan transparan oleh sebuah lembaga independen untuk mengklarifikasi penyebab kematian tersebut,” kata Rupert Colville, juru bicara komisioner tinggi PBB untuk hak asasi manusia.

BACA JUGA  Konferensi Internasional IM 2019 Ditutup, Ini Rokemendasi yang Dilahirkan

Sejak awal pemimpin Turki, Erdogan, menyebut Mursi sebagai syahid atau martir ketika menyatakan bahwa ia tidak percaya mantan presiden Mesir itu meninggal dunia secara wajar. Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) pimpinan Erdogan merupakan pendukung pemerintahan Mursi yang berlangsung singkat. Banyak di antara anggota Ikhwanul Muslimin dan pendukung-pendukungnya hijrah ke Turki setelah aktifitas mereka dilarang di Mesir. Erdogan menambahkan bahwa ia akan mengangkat isu ini ke KTT G20 yang akan berlangsung di Jepang akhir bulan ini.

Kantor Kejaksaan Agung Mesir mengklaim bahwa Mursi dengan cepat dibawa ke rumah sakit yang kemudian mengumumkan kematiannya. Kairo menyangkal keras tudingan bahwa Mursi diperlakukan secara buruk oleh pemerintah. Muhammad Mursi dikubur pada hari Selasa di Kairo, pada saat yang sama kelompok-kelompok hak asasi seperti Amnesty Int’l dan Human Right Watch menyerukan dilakukannya sebuah penyelidikan independen untuk mencari penyebab kematian Mursi.

Pada hari Selasa Erdogan ikut mensholatkan jenazah Mursi secara in absensia di sebuah masjid di Istanbul, sementara ribuan orang di seluruh Timur Tengah ikut menunjukkan rasa hormat mereka kepada mantan presiden Mesir tersebut. Presiden Turki, Erdogan, mencela pemerintah Mesir karena telah mengubur Mursi secara rahasia yang hanya dihadiri oleh sedikit anggota keluarganya. Demikian juga para jurnalis dilarang meliput prosesi penguburan Mursi di Kairo, dan permintaan keluarga supaya Mursi dikubur di kota kelahirannya pun ditolak oleh rezim militer.

BACA JUGA  KTT Turki, Rusia dan Iran Sepakat Jaga Kedaulatan Suriah

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dompet Dhuafa Siap Salurkan Kurban Setelah Sukses Salurkan Zakat Fitrah

KIBLAT.NET, Jakarta – Zaman modern ini, penyaluran zakat sudah mulai beralih dari cara konvensional, datang...

Jum'at, 21/06/2019 04:32 0

Indonesia

Sidang Keempat, Pengacara Prabowo-Sandi: KPU Tak Bisa Membantah Data Pemilih Siluman

Pengacara Prabowo-Sandi, Lutfi Yazid mengatakan bahwa ahli yang dibawa KPU ke sidang sengketa Pilpres tidak menjelaskan apa-apa.

Jum'at, 21/06/2019 01:48 0

Indonesia

Saat Hakim MK Sebut KPU Ngeles di Sidang Sengketa Pilpres

Dalam momen tersebut, Hakim Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo sempat mencecar pihak pemohon dan pemohon dengan satu pertanyaan

Jum'at, 21/06/2019 01:16 0

Indonesia

Dompet Dhuafa Salurkan Rp5,2 Miliar Zakat Secara Digital

Zakat disalurkan sebelum matahari terbit pada tanggal 1 Syawal melalui aplikasi

Kamis, 20/06/2019 18:53 0

Indonesia

Ditanya Hakim soal Serangan Cyber, Ketua KPU: Sudah Biasa

KIBLAT.NET, Jakarta – Hakim Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra menanyakan apa yang dilakukan oleh pihak KPU...

Kamis, 20/06/2019 18:41 0

Indonesia

Sidang Sengketa Pilpres, Ahli Akui Ada Kekurangan pada Situng KPU

KIBLAT.NET, Jakarta –  Ahli IT dari pihak termohon, Marsudi Wahyu Kisworo mengatakan bahwa Situng KPU memang...

Kamis, 20/06/2019 18:27 0

Video News

Shalat Gaib Untuk Muhammad Mursi dari Belahan Dunia, Termasuk Indonesia

Dikuburkan secara diam-diam" pada waktu fajar pada hari Selasa, 18 Juni 2019. Pada hari yang sama, ribuan muslim, termasuk Indonesia melaksanakan shalat gaib...

Kamis, 20/06/2019 14:42 0

Indonesia

Mursi Meninggal, LBH Pelita Umat Serukan Penyelidikan Internasional

Menanggapi kematian Muhammad Mursi, Sekjen LBH Pelita Ummat Chandra Purna Irawan, menduga ada akumulasi penderitaan selama di dalam penjara Mesir.

Kamis, 20/06/2019 14:23 0

Indonesia

Fahri Hamzah: Rakyat Jangan Ditakuti dengan UU ITE

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menegaskan bahwa masyarakat Indonesia harus didorong untuk berpikir.

Rabu, 19/06/2019 16:17 0

Feature

Menikmati Wisata Literasi Magetan

Wisata sembari menimba ilmu kini hadir di Kota Magetan.

Rabu, 19/06/2019 14:57 0

Close