... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menikmati Wisata Literasi Magetan

KIBLAT.NET, Magetan – Untuk sebagian orang, membaca buku adalah sebuah aktivitas yang susah dilakukan, entah harus mencari tempat kondusif seperti suasana yang tenang dan sejuk, maupun meluangkan waktu membaca buku sementara hari ini sudah era digital yang semua bisa diwakilkan oleh gadget.

Di momen Lebaran 2019 kali ini, wartawan Kiblat.net berkesempatan mudik ke Magetan, Jawa Timur, sebuah Kota di timur Gunung Lawu. Suasananya masih asri, adab Jawa masih kental terasa di tengah masyarakatnya, dan kultur pedesaan masih kental terasa.

Dengan suasana dinginnya, karena berada di kaki gunung Lawu, menjadikan Magetan disebut sebagai kota kaki Gunung, pemudik yang mungkin setahun sekali datang ke Kota Magetan kini bisa menikmati wisata literasi di alun-alun kota.

Setiap hari Ahad, perpustakaan kota menjalankan satu Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang akan ‘ngetem’ di barat alun-alun, di bawah pepohonan rindang.

Dengan pemandangan di timur nya adalah Masjid Agung Magetan dan Gunung Lawu, pemudik maupun masyarakat Magetan ataupun para wisatawan dapat menikmati wisata literasi sembari menikmati view yang menyejukkan mata.

Ketika berwisata literasi, anda tak perlu khawatir kehabisan buku bacaan dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang, karena MPK dibekali 2.500 eksemplar buku dengan tiga ratus lebih judul buku.

Tidak hanya itu, jika beruntung, anak-anak yang menunjungi MPK di alun-alun akan mendengar cerita dongeng oleh Bu Titik Suprawoto, istri Bupati Magetan. Selain memberi inspirasi dari kisah hikmah yang diceritakan, Titik juga kerap memberi hadiah kepada anak-anak yang hadir.

Anak-anak pun dapat membaca buku bergambar yang memang banyak disediakan oleh perpustakaan kota, maupun bagi ayah bunda yang menemani, maupun remaja dan dewasa yang berkunjung, ada juga bacaan dengan topik-topik lainnya.

Wisata literasi di alun-alun Magetan ini dapat menjadi alternatif liburan, baik ketika lebaran maupun hari Ahad ketika hari libur kerja dan sekolah, karena biasanya wisata alam yang ditawarkan di Magetan akan padat dipenuhi wisatawan.

Selain mendapat informasi dari buku bacaan yang katanya adalah jendela dunia, pengunjung juga dapat menikmati sejuknya kota Magetan sembari menikmati pemandangan gagahnya Gunung Lawu dan indahnya Masjid Agung.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Kematian Mengintai Para Tahanan Politik di Penjara Mesir, Ini Sebabnya

Sejak Al-Sisi menggulingkan Mursi pada bulan Maret 2013, pasukan keamanan Mesir telah memenjarakan puluhan ribu tahanan dalam penyelidikan kasus berdasarkan dugaan.

Rabu, 19/06/2019 14:43 1

Indonesia

Komnas HAM Terima Bukti Tambahan Pelanggaran HAM Berat Tragedi 21-22 Mei

Tim Advokasi Korban Tragedi 21-22 Mei 2019 kembali mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada Selasa (18/06/2019) sore.

Rabu, 19/06/2019 12:51 0

Afghanistan

Sempat Beberapa Kali Deadlock, Negosiasi Taliban-AS Lanjut Pekan Depan

Putaran ketujuh pembicaraan damai antara delegasi AS dengan para diplomat Taliban rencananya akan digelar kembali pekan depan di Doha, Qatar.

Rabu, 19/06/2019 12:29 0

Arab Saudi

Setelah Kabar Kematian Mursi Beredar, Deplu Saudi Posting Infografik IM “Teroris”

Dalam infografik tersebut, Kemenlu menuding bahwa IM cikal bakal Organisasi Al-Qaidah, ISIS dan Jabhah Nusrah. IM disebut induk “terorisme”.

Rabu, 19/06/2019 10:22 0

Amerika

PBB Minta Rusia dan Turki Stabilkan Idlib

Ia memperingatkan, warga sipil yang harus membayar "harga mengerikan" dalam setiap pertempuran yang berlangsung.

Rabu, 19/06/2019 09:03 0

Amerika

AS Kirim Seribu Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

"Ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pasukan kami yang ditempatkan di kawasan dan melindungi kepentingan nasional kami,"

Rabu, 19/06/2019 08:22 0

Afghanistan

Taliban: Perjalanan Mursi Tunjukkan Perjuangan Tulus Butuh Pengorbanan

“Kami meminta kepada Allah supaya memberi rahmat yang luas bagi Dr. Mursi dan menerima segala usaha dan upaya yang dicurahkannya dalam jalan meninggikan kalimat Allah. Semoga seluruh amalnya dicatat dalam timbangan kebaikan,” kata Taliban.

Rabu, 19/06/2019 07:38 0

Video News

Menelusuri Sebab Kematian Mursi di Ruang Sidang

KIBLAT.NET- Mantan Presiden Mesir Dr. Muhammad Mursi meninggal dunia di tengah persidangan. Apa penyebabnya? Yuk...

Rabu, 19/06/2019 05:06 0

Artikel

Antara Kematian Mursi dan Kematian Demokrasi di Mesir

Muhammad Mursi adalah presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis.

Selasa, 18/06/2019 21:35 0

Indonesia

IM: Mursi Wafat, Perjuangan Rakyat Mesir Tidak Akan Berhenti

Dalam pernyataan tersebut, IM menegaskan bahwa Mursi meninggal dalam keadaan membela kebenaran.

Selasa, 18/06/2019 15:22 1

Close