... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BPJPH Kebut Pembahasan Tarif Layanan Jaminan Produk Halal

Foto: Label halal

KIBLAT.NET, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengebut pembahasan tarif layanan jaminan produk halal (JPH) sejak hari pertama kerja pasca libur Lebaran. Tarif yang disiapkan nantinya akan diajukan ke Kementerian Keuangan untuk mendapatkan persetujuan.

Kepala BPJPH, Sukoso menyatakan bahwa pembahasan tarif layanan jaminan produk halal dilakukan secara marathon karena BPJPH sebagai Badan Layanan Umum (BLU) harus menyiapkan tarif layanan, yang nanntinya disahkan Kementerian Keuangan. Penetapan BPJPH sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) melalui PMA nomor 39 tahun 2018 tertanggal 31 Desember 2018 dan Keputusan Menteri Keuangan no 3/KMK.05/2019 tertanggal 2 Januari 2019.

“Tarif layanan jaminan produk halal di BPJPH sangat khas, bervariasi, dan beragam sesuai dengan tingkat kompleksitas proses produksi halal. Ini berbeda dengan PK-BLU lainnya, misalnya di UIN/IAIN,” kata Sukoso dalam rilis tertulis yang diterima Kiblat, Rabu (12/06/2019).

Layanan produk halal tersebut meliputi sertifikasi produk halal, registrasi produk halal luar negeri, registrasi auditor halal, akreditasi lembaga pemeriksa halal, SNI halal. Selain itu juga pelatihan auditor halal, peningkatan kompetensi penyelia halal, dan lain-lain.

BPJPH, kata Sukoso, siap melaksanakan proses jaminan produk halal sebagaimana diamanahkan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang jaminan produk halal. Dalam UU No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal ditegaskan bahwa lima tahun terhitung sejak Undang-Undang ini disahkan, yaitu 17 Oktober 2014, seluruh produk yang beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

BACA JUGA  Saksi dari Polisi Bantah Dakwaan JPU di Sidang Ricuh 21-22 Mei

“Itulah kenapa BPJPH serius mempersiapkan semua perangkat, regulasi, dan infrastruktur serta suprastruktur layanan halal sebelum 17 Oktober 2019,” imbuhnya.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH, Mastuki, yang ditemui terpisah membenarkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyongsong diberlakukannya jaminan produk halal oleh BPJPH per 17 Oktober 2019. Selain membahas tarif layanan, BPJPH tengah mempersiapkan uji sahih Peraturan Menteri Agama (PMA) yang merupakan aturan turunan PP 31 tahun 2019 tentang Jaminan Produk Halal yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 29 April 2019 lalu.

“Semua persiapan pelaksanaan sertifikasi halal insya Allah on the track. Karena BPJPH sebagai PK-BLU, kami sedang mempersiapkan Rencana Bisnis dan Anggaran, draf PMK Tarif Layanan, roadmap JPH, elektronifikasi layanan melalui SimHalal (Sistem Informasi Manajemen Halal), kerjasama dengan berbagai stakeholders dan mitra strategis, dan juga komunikasi intensif dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini melaksanakan sertifikasi halal” terang Mastuki.

Mastuki berharap semua persiapan tersebut bisa dirampungkan sebelum 17 Oktober 2019. Sementara, uji coba dan masa transisi penyenggaraan jaminan produk halal oleh BPJPH akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Kami optimis bisa mempersiapkan secara maksimal dengan SDM yang cukup dan dukungan jajaran Kemenag di daerah (Kanwil dan Kantor Kemenag), serta PTN dan PTS, dan Yayasan Islam di daerah,” tandasnya.

BACA JUGA  27 Klien BHF Terkait Ricuh 21-22 Mei Didakwa Melawan Pejabat yang Bertugas

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

PM Mahathir Berjanji Lindungi Zakir Naik

"Zakir yakin dia tidak akan mendapatkan pengadilan yang adil (di India)," kata Mahathir Senin lalu, seperti dilansir Al-Jazeera pada Selasa (11/06/2019).

Rabu, 12/06/2019 14:27 1

Turki

Turki Siap Beli Rudal Patriot AS Setelah S-400 Rusia

Presiden Recep Tayyip Erdogan, mengatakan bahwa Turki bersedia membeli sistem rudal Patriot Amerika Serikat menyusul pengiriman sistem rudal S-400 Rusia jika AS menawarkan kesepakatan yang menguntungkan seperti yang ditawarkan oleh Rusia.

Rabu, 12/06/2019 13:03 0

Afrika

AMISOM Derita Krisis Keuangan Serius

“Masyarakat internasional mengabaikan proposal ini,” katanya.

Rabu, 12/06/2019 10:57 0

Afghanistan

Pemerintah Kabul Bebaskan Ratusan Anggota Taliban

Putusan pembebasan 887 tahanan Taliban sejalan dengan tuntutan wakil rakyat pada pertemuan Dewan Tertinggi Suku (Loya Jirga) untuk perdamian, yang digelar di Afghanistan pada April lalu.

Rabu, 12/06/2019 09:48 0

Mesir

Jenderal AS untuk Operasi Timur Tengah Puji Upaya Al-Sisi Perangi “Terorisme”

Ia mengungkapkan Mesir sangat “berperan penting” di kawasan untuk menjaga perdamaian dan keamanan regional.

Rabu, 12/06/2019 08:32 0

Asia

Kapal Nelayan Berisi Puluhan Muslim Rohingya Terdampar di Thailand

"Semuanya akan diselidiki untuk melihat apakah mereka adalah korban perdagangan orang atau imigran ilegal," kata pejabat yang meminta tidak disebutkan namanya tersebut.

Rabu, 12/06/2019 07:41 0

Artikel

Bercermin dari Usulan Referendum Aceh

Soekarno sambil menyeka air matanya kemudian mengatakan: “Wallah, Billah, kepada daerah Aceh nanti akan diberi hak untuk menyusun rumah tangganya sendiri sesuai dengan syariat Islam.

Selasa, 11/06/2019 22:13 0

Afrika

Unjuk Rasa Sipil Berlanjut, Akses Internet di Sudan Diputus

Pemutusan internet tersebut juga dirasakan kantor-kantor kedutaan besar, hotel-hotel mewah, dan perkantoran.

Selasa, 11/06/2019 15:28 0

Lebanon

Dikenal Aktif Bantu Pengungsi Suriah, Pejabat Jemaah Islamiyah Lebanon Dibunuh

Al-Jarar dikenal karena aktif dalam pekerjaan amal, membantu warga Sheba dan membantu para pengungsi Suriah di bidang kesehatan.

Selasa, 11/06/2019 09:18 0

Suriah

Serangkaian Serangan Udara Suriah dan Rusia Tewaskan 25 Warga Idlib

SOHR menjelaskan, 13 di antaranya tewas dalam serangan udara pasukan rezim yang menargetkan desa Jabala di provinsi Idlib.

Selasa, 11/06/2019 08:07 0

Close