Konsisten Beramal Sholeh Pasca Ramadhan

Pertanyaan: Kami lihat banyak manusia yang beribadah di bulan Ramadhan, mereka sholat, puasa dan pergi ke masjid. Jika telah selesai bulan Ramadhan, mereka berhenti dari ibadahnya. Benarkah yang mereka lakukan?

Jawab: Yang jelas bahwa semangatnya manusia untuk sholat, puasa, baca al-Qur’an, datang ke masjid di bulan Ramadhan adalah sesuatu yang positif dalam kehidupan manusia dan pengagungan mereka terhadap bulan Ramadhan. Namun, disaat yang sama menunjukkan kekurangan yang sebenarnya dialami mereka ini ketika beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Pemahaman yang benar tentang ibadah kepada Allah ditandai dengan kesinambungan tanpa putus. Maka Ibadah kepada Allah hendaknya terus menerus berkesinambungan sepanjang waktu, sepanjang hari.  Berdibadah kepada Allah bukan lah di waktu musim Ramadhan saja, namun disetiap bulan. Tuhannya Ramadhan adalah Tuhannya Syawal dan Sya’ban. Allah berfirman :

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ

“Beribadahlah kepada Rabbmu hingga datang yang diyakini (kematian).” (QS. Al-Hijr : 99) Yaitu terus beribadah kepada Allah hingga wafat.

Kami nasehatkan kepada mereka yang beribadah hanya di bulan Ramadhan bahwa mereka menganggap datangnya bulan Ramadhan adalah kesempatan agung untuk memperbaharui taubat nashuha dan memulai hidup baru dalam naungan iman dan konsekuen dengan jalan Allah, hendaknya mereka menjadikan semangat mereka ibadah mereka di bulan Ramadhan sebagai pembuka kebaikan untuk meneruskannya di jalan kebaikan dan petunjuk, kami wasiatkan mereka untuk melanjutkan jalan ini. Kami ingatkan mereka terhadap penyakit yang ada dibelakang mereka setelah Ramadhan berakhir. Jika mereka mengerjakan itu maka mereka sedang menempuh jalan kegagalan. Wal ‘iyadzu billah.

Dijawab oleh Syaikh Husamuddin Affanah (islamway.net)

Alih Bahasa: Zamroni
Editor: Arju

 

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat