... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mengenal Komunitas Liqomik; Berdakwah Lewat Komik

Foto: Ketua Liqomik, Ardian Candra Susila

KIBLAT.NET, Jakarta – Di zaman modern, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat orang lain menjadi baik ataupun memahami syariat Islam, tanpa terkesan menggurui. Di antaranya dengan memberikan pesan dakwah melalui komik.

Salah satu komunitas dakwah yang berdakwah melalui komik yaitu Liqomik. Ketua Liqomik, Ardian Candra Susila menjelaskan, Liqomik merupakan komunitas komikus-komikus dakwah. Komikus dakwah tersebut berkumpul, kemudian membuat karya bersama-sama. Adapun komik yang dibuat merupakan komik yang isinya khusus untuk mengajarkan syariat Islam dan mengenalkan pejuang-pejuang Islam.

“Kita bikin kegiatan bareng, jadi rata-rata memang semuanya komikus dakwah. Karya-karyanya memang untuk syiar Islam,” ujarnya saat ditemui Kiblat.net di depan stand Liqomik dalam acara Hijrah Fest 2019, Jakarta Ahad (26/05/2019).

Ardian lebih dikenal dengan nama “Squ” dalam serial komiknya berjudul “Pengen Jadi Baik” Ia mengaku telah mempunyai hobi menggambar sejak kelas 4 SD. Namun saat itu karyanya belum dapat disebut sebagai karya profesional, dan belum dipublikasikan.

Menurut Ardian, Liqomik sendiri pertama kali dibuat tahun 2015, adapun komik pertamanya diterbitkan oleh penerbit Al-Kautsar.

“Kita pertama kali kumpul, terus kita bikin komik pertama kita. Likomik itu pertama kali diterbitkan Al-Kautsar, terus kemudian kita bikin komik kedua, kita self publishing. Kita bikin sendiri, trus Liqomik ketiga kita nerbitin di Al-Kautsar lagi,” jelasnya.

Kegiatan kita sampai saat ini, lanjut dia, baru bikin komik dan mengadakan workshop. “Kita ngajar, buka kelas anak-anak kecil itu kita ajarin bikin komik,” ujarnya.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Siap Salurkan Kurban Setelah Sukses Salurkan Zakat Fitrah

Ardian mengaku termotivasi agar karya komiknya dapat dibaca banyak orang. Saat itu ia sempat berpikir dan bingung tentang tujuannya membuat komik, maka ia pun memutuskan agar komik yang dibuatnya dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

“Motivasinya jadi awalnya saya itu pengen karya saya dibaca orang, awalnya itu. Ternyata yang saya cari itu apa sih, apakah saya pengen nyari uangnya, apa saya pengen terkenal, apa saya sekedar pengen bagi manfaat, akhirnya saya pengen bagi manfaat itu,” katanya.

Di awal usahanya untuk dapat memberi manfaat ke banyak orang, Ardian membagi-bagikan karyanya secara gratis kepada banyak orang. Baik itu melalui komik yang sudah dicetak secara fisik, maupun memalui e-Book. Tak lama kemudian karyanya dilirik oleh sebuah penerbit yang menawarkan agar karyanya dapat dicetak dan disebarluaskan lebih banyak lagi.

“Ketika saya pengen memberi manfaat bukunya saya bagi-bagi gratis, ternyata penerbit datang. Nah, sejak itulah saya mulai bikin komik profesional terus dikenal orang terus rezeki dateng. Tapi niat awalnya memang bagi ilmu dulu,” katanya.

Selain komik berjudul “Pengen Jadi Baik”, komik lain yang dibuat oleh Ardian adalah “Riba Bukan Opsi.” Dia mengatakan kedua karyanya ini telah dicetak sebanyak lebih dari 100.000 eksemplar.

Dia pun berpesan agar kita dapat memanfaatkan skill apapun yang dimiliki untuk mengejar akhirat. Menurutnya, jika seseorang sudah mengejar akhirat dan mengharap ridho Allah, maka dunia dengan sendirinya akan mengikuti.

BACA JUGA  Hari Anti Penyiksaan, Komnas HAM Soroti Perlakuan Kejam di Tahanan Indonesia

“Kejar akhirat, nanti duniamu akan datang sendiri. Kan selama ini orang ngejarnya, ngejar like di Facebook, Instagram likenya itu diganti niatnya untuk cari ridho Allah. Ntar kalau udah akhirat yang dikejar, itu dateng sendiri itu dunia, mau popular mau apapun itu dateng sendiri, dan jangan menyerah, semangat, nyarinya ridho Allah,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khazanah

Hari Kedua puluh sembilan Ramadhan, Terjadinya Gerhana Matahari Total

Ibnu Atsir di dalam kitab Al-Kamil (1/78) menceritakan bahwa pada bulan Ramadhan tahun 571H terjadi gerhana matahari total.

Senin, 03/06/2019 10:10 0

Video Kajian

Ust. MIftahul Ihsan, Lc: Al Ikhlas sama dengan Sepertiga Al Quran?

KIBLAT.NET- Benarkah Surat Al Ikhlas setara dengan sepertiga Al Quran? Simak di sini! Editor: Abdullah...

Senin, 03/06/2019 05:00 0

Suriah

Zona De-Eskalasi Tak Efektif, Turki-Rusia Saling Lempar Tanggung Jawab

Erdogan ingin gencatan senjata di Idlib untuk mencegah bertambahnya korban warga sipil, dan melonjaknya arus pengungsian ke Turki

Ahad, 02/06/2019 21:51 0

Info Event

7 Tahun LDK Fokmista Rutin Salurkan Santunan Untuk Ratusan Anak Yatim di Bali

Kegiatan penyaluran santunan itu bertema "Having Fun For Ramadhan Ke-7, Buka Puasa dan Santunan Bersama 100 Anak Yatim Piatu"

Ahad, 02/06/2019 21:19 0

Video Kajian

Ust. Abdush Shomad, S.Pd.I: Kenapa Harus ada Ramadhan?

KIBLAT.NET- Kenapa Allah menciptakan Bulan Ramadhan? Apa tujuan dibuatnya bulan Ramadhan? Simak di sini! Editor:...

Ahad, 02/06/2019 17:30 0

Suriah

Peraih Champions: Antara Liverpool dan White Helmets

Pemenang Liga Champios 2018-2019 telah muncul, yaitu Liverpool yang mengalahkan saingan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur.

Ahad, 02/06/2019 13:45 0

China

Cina Musnahkan Ribuan Babi Terjangkit Virus

Daging babi adalah makanan pokok Cina. Untuk memenuhi kebutuhan, tak jarang hewan itu diimpor dari wilayah daratan lain.

Ahad, 02/06/2019 11:30 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Keutamaan Surat Al Fatihah

KIBLAT.NET- Sebagai surat pembuka di Al Quran, apa sajakah keutamaan Surat Al Fatihah? Yuk simak...

Ahad, 02/06/2019 11:18 0

Khazanah

Hari Kedua puluh delapan Ramadhan, Disyariatkannya Kewajiban Zakat Fitrah

Pada tanggal 28 Ramadhan 2H, bertepatan dengan 23 Maret 624 M adalah diwajibkannya sakat fitrah, yang merupakan salah satu syiar (simbol kemuliaan ) bulan Ramadhan.

Ahad, 02/06/2019 10:57 0

Suriah

Dunia Internasional Diminta Tekan Rusia Hentikan Serangan ke Idlib Suriah

"Bom barel rejim, bom fosfor putih, senjata kimia, penembakan artileri kota dan kota-kota, semua praktik ini dilarang oleh hukum internasional, tetapi sekarang digunakan terhadap orang-orang Suriah," kata Mustafa.

Ahad, 02/06/2019 10:52 0

Close