... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ICW: PK Kerap Jadi Jalan Pintas Narapidana Korupsi Bebas

KIBLAT.NET, Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Mahkamah Agung (MA) untuk menolak setiap permohonan Peninjauan Kembali (PK) oleh terpidana korupsi. Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mengatakan bahwa PK kerap menjadi jalan pintas para koruptor untuk bebas dari jerat hukuman.

“Kami menenuntut Mahkamah Agung menolak setiap permohonan PK yang diajukan oleh terpidana korupsi. Hal itu merupakan hak setiap narapidana yang dijamin oleh undang-undang, akan tetapi tak dapat dipungkiri juga bahwa upaya PK kerap dijadikan jalan pintas untuk terbebas dari jerat hukuman,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Senin (03/06/2019).

Ia menilai, saat ini justru publik kerap diperlihatkan pada putusan tingkat PK yang sering kali tidak berpihak dengan pemberantasan korupsi. Ambil contoh, Choel Mallarangeng, pada tingkat pengadilan sebelumnya ia divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta (incracht) namun Mahkamah Agung (MA) memperingan hukumannya hanya menjadi 3 tahun penjara.

Tak lepas dari itu, MA juga mengabulkan PK mantan Direktur Pengolahan PT Pertamina, Suroso Atmomartoyo.

“Sebelumnya Suroso dihukum 7 tahun penjara, denda Rp 200 juta, dan kewajiban membayar uang pengganti sebesar USD 190 ribu. Namun putusan PK malah menghilangkan kewajiban pembayaran uang pengganti tersebut,” paparnya.

Ia menyebutkan, hukum positif Indonesia mengatur serta membatasi syarat bagi terpidana yang ingin mengajukan PK. Pasal 263 ayat (2) KUHAP telah tegas menyebutkan bahwa syarat jika seseorang ingin mengajukan PK. Pertama, apabila terdapat keadaan/novum, kedua, putusan yang keliru. Dan ketiga kekhilafan dari hakim saat menjatuhkan putusan.

BACA JUGA  Akun Resmi Ustadz Abdul Somad Hilang dari Instagram?

“Namun dalam beberapa kesempatan syarat itu kerap diabaikan, sehingga putusan yang dihasilkan dinilai jauh dari rasa keadilan bagi
masyarakat,’ tuturnya.

Potret kelam putusan PK selama ini, kata dia, turut menjadi sorotan. Data ICW menyebutkan sejak tahun 2007 sampai tahun 2018 ada 101 narapidana yang dibebaskan, 5 putusan lepas, dan 14 dihukum lebih ringan daripada tingkat pengadilan pada fase peninjauan kembali.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Abdush Shomad, S.Pd.I: Agar Lulus dari Bulan Ramadhan

KIBLAT.NET- Ramadhan tak ubahnya seperti sekolah untuk Umat Islam. Di dalamnya kita dididik untuk sabar...

Senin, 03/06/2019 17:30 0

Fikih

Apakah Janin di dalam Kandungan Wajib Dikeluarkan Zakatnya?

Para ulama sepakat bahwa setiap jiwa yang terlahir ke bumi sebelum tanggal satu syawal, maka wajib baginya zakat fitrah. Lantas bagaimana dengan bayi yang masih dalam kandungan? Apakah wajib ditunaikan zakat fitrah atau tidak?

Senin, 03/06/2019 14:43 0

Amerika

Pangeran Saudi Palsu Tipu Investor hingga Ratusan Miliar Rupiah

Seorang pria yang berulang kali meniru pangeran Saudi untuk menipu investor telah dijatuhi hukuman 18 tahun penjara atas perbuatannya.

Senin, 03/06/2019 14:10 0

Afghanistan

Bagaimana Perkembangan Jalannya Perundingan AS-Taliban?

Utusan AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, tiba di Pakistan pada hari Ahad (02/06/2019) untuk memulai kembali pembicaraan dengan Taliban.

Senin, 03/06/2019 13:30 0

Amerika

Sekarang, Bikin Visa AS Diminta “Serahkan” Akun Media Sosial

Kebijakan baru ini merupakan bagian dari perintah eksekutif Presiden Donald Trump Maret 2017 untuk menerapkan prosedur pemeriksaan yang lebih ketat dalam prosedur imigrasi.

Senin, 03/06/2019 12:46 1

Khazanah

Hari Kedua puluh sembilan Ramadhan, Terjadinya Gerhana Matahari Total

Ibnu Atsir di dalam kitab Al-Kamil (1/78) menceritakan bahwa pada bulan Ramadhan tahun 571H terjadi gerhana matahari total.

Senin, 03/06/2019 10:10 0

Video Kajian

Ust. MIftahul Ihsan, Lc: Al Ikhlas sama dengan Sepertiga Al Quran?

KIBLAT.NET- Benarkah Surat Al Ikhlas setara dengan sepertiga Al Quran? Simak di sini! Editor: Abdullah...

Senin, 03/06/2019 05:00 0

Suriah

Zona De-Eskalasi Tak Efektif, Turki-Rusia Saling Lempar Tanggung Jawab

Erdogan ingin gencatan senjata di Idlib untuk mencegah bertambahnya korban warga sipil, dan melonjaknya arus pengungsian ke Turki

Ahad, 02/06/2019 21:51 0

Info Event

7 Tahun LDK Fokmista Rutin Salurkan Santunan Untuk Ratusan Anak Yatim di Bali

Kegiatan penyaluran santunan itu bertema "Having Fun For Ramadhan Ke-7, Buka Puasa dan Santunan Bersama 100 Anak Yatim Piatu"

Ahad, 02/06/2019 21:19 0

Video Kajian

Ust. Abdush Shomad, S.Pd.I: Kenapa Harus ada Ramadhan?

KIBLAT.NET- Kenapa Allah menciptakan Bulan Ramadhan? Apa tujuan dibuatnya bulan Ramadhan? Simak di sini! Editor:...

Ahad, 02/06/2019 17:30 0

Close