... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Minta Ada Muhasabah Pasca Aksi 21-22 Mei

KIBLAT.NET, Jakarta – Hanya hitungan hari, bulan Ramadhan 1440H akan berakhir, momen Hari Raya Idul Fitri pun akan segera tiba. Jelang momen ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta segenap rakyat Indonesia untuk bermuhasabah atas kejadian 21-22 Mei yang lalu.

“Menjadikan peristiwa 21-22 Mei 2019 sebagai muhasabah dan turut prihatin serta mendoakan semoga yang wafat 8 orang mendapat tempat di sisi-Nya serta diampuni dosanya,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan dalam tausiyah menjelang Lebaran di kantor MUI, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (31/05/2019).

Ia pun mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjadikan hari raya ldul Fitri sebagai momentum menjaga kohesi sosial, memelihara perdamaian, serta memperkuat dan memperkokoh ikatan dan hubungan antar sesama saudara, antar sesama masyarakat, dan antar sesama warga bangsa.

“Terlebih ledul Fitri tahun ini berdekatan dengan agenda politik nasional. Perbedaan aspirasi politik merupakan hal biasa yang harusnya dipandang sebagai rahmat dalam kehidupan berbangsa dan bemegara,” ujarnya.

“Bukan menjadi penyebab terjadinya saling marah (taghadhub), saling benci (tabaghudh), serta saling mencerca dan mencaci maki {takhashum),” lanjutnya.

Ia pun berharap ketika semua itu dilakukan, dapat tercipta suasana politik dan demokrasi yang dilandasi nilai-nilai keadilan, kejujuran, kesantunan dan keadaban.

Selain itu, MUI mengimbau kepada para khatib shalat ldul Fitri untuk selain menyampaikan pesan peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada para jamaah, juga mengingatkan tentang pentingnya setiap upaya memperkokoh hubungan persaudaraan antar sesama umat Islam {ukhuwah Islamiyah), hubungan persaudaraan antar sesama anak bangsa {ukhuwah wathaniyah), dan hubungan antar sesama anak manusia {ukhuwah insaniyah).

BACA JUGA  Tim Advokasi untuk Demokrasi: Polisi Lakukan Pelanggaran HAM Dalam Pengamanan Unjuk Rasa

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Abu Qotadah Al-Filastini: Kemewahan Adalah Musuh Jihad

Kemewahan adalah musuh jihad, janji-janji Allah tentang kemenangan tidak akan diberikan kepada kaum yang takut kaca rumah mereka pecah.

Sabtu, 01/06/2019 14:49 0

Khazanah

Hari Kedua puluh tujuh Ramadhan, Turunnya Salju yang Menghancurkan Bangunan

"Di antara kejadian-kejadian langit yang ada, pada tanggal 27 Ramadhan tahun ini langit menghitam di atas wilayah Gharbiyyah dan Mahallah Kubra, di pinggiran Kairo.

Sabtu, 01/06/2019 10:00 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: 3 Kelompok yang Pertama Dihisab

KIBLAT.NET- Ada 3 kelompok yang kelak akan pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Siapa sajakah...

Sabtu, 01/06/2019 05:00 0

Opini

Saat Tangis Rakyat Dibayangi Humanis Aparat

Jika diperhatikan, saat ini seakan ada kontradiksi dari aparat dan pemerintah menyikapi peristiwa 21-22 Mei.

Sabtu, 01/06/2019 01:29 1

Video Kajian

Ust. Salafuddin: Apakah Pacaran Membatalkan Puasa?

KIBLAT.NET- Tak bisa dipungkiri, banyak sekarang kawula muda muslim yang berpacaran. Apakah berpacaran dapat membatalkan...

Jum'at, 31/05/2019 17:30 0

Suriah

Gadis Kecil Ini Minta Dunia Selamatkan Anak-anak dari Krisis Suriah

Bana Alabed, seorang gadis Suriah berusia 9 tahun dari Aleppo, menekankan perlunya "tindakan segera" untuk menyelamatkan anak-anak di negaranya dan di seluruh dunia dari momok perang.

Jum'at, 31/05/2019 15:30 0

Artikel

John Walker Lindh: Dokumen FBI (Bag-2)

John Walker Lindh, warga AS yang pernah bertempur di pihak mujahidin di Afghanistan baik sebelum maupun sesudah 11/9 telah bebas dari penjara pada hari Kamis (23/05) pekan lalu.

Jum'at, 31/05/2019 14:09 0

Timur Tengah

Raja Salman Serukan Sikap Tegas Hadapi Ancaman Iran

Raja Saudi Salman mengatakan, bahwa pengembangan kemampuan nuklir dan rudal Iran dan ancamannya terhadap pasokan minyak global menimbulkan risiko bagi keamanan regional dan internasional.

Jum'at, 31/05/2019 12:26 0

Suriah

Pemerintah Idlib Fasilitasi Media-media Internasional Liputan di Front Pertempuran

"Kami menyediakan semua fasilitas, perlindungan, dan layanan yang diperlukan untuk memastikan berfungsinya pekerjaan mereka dengan benar dan untuk menyampaikan gambaran sebenarnya dari wilayah-wilayah yang dibebaskan, dan semua hal disediakan secara gratis," kata Al-Ahmad.

Jum'at, 31/05/2019 11:08 0

News

Barat Terjunkan Pasukan Khusus untuk Buru Pemimpin ISIS

Koran Inggris, The Mirror melaporkan bahwa pasukan Inggris yang dikenal sebagai SAS (Special Air Service) bergabung dengan pasukan AS dalam mencari al-Baghdadi.

Jum'at, 31/05/2019 10:56 0

Close