... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jaring Masukan terkait RUU P-KS, DPR Bikin Lomba Orasi

Foto: Aliansi Cerahkan Negeri (ACN) menggelar aksi tolak Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) di arena car free daya jakarta, Ahad (28-04-2019)
KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melalui Radio Parlemen, Bagian Televisi dan Radio (RTV) Parlemen, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI RI kembali mengajak publik unjuk bakat berorasi dalam Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO). Kegiatan kali ini mengangkat tema ‘Masukan Terhadap Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS)’ yang saat ini sedang dibahas oleh Komisi VIII DPR RI.

“Saya menantikan terutama generasi muda untuk berpartisipasi dalam Lomba Orasi Bintang Orator, sekaligus memberikan masukan bagi kami yang sedang membahas RUU PKS. Ini kesempatan baik berlatih orasi persiapan bagi anda calon anggota parlemen di masa datang,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodiq Mudjahid di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, baru-baru ini dikutip dari situs resmi dpr.go.id

Ia menjelaskan bahwa secara khusus akan meluangkan untuk menjadi juri, memberikan penilaian para peserta. Komponen yang dinilai adalah kalimat pembuka orasi yang menarik, kesesuaian dengan tema, muatan orasi, intonasi, artikulasi, durasi dan kalimat penutup menarik.

Sodik menambahkan DPR RI sangat menyambut baik kegiatan LOBO karena sejalan dengan dinamika keparlemenan yang memang mengedepankan kepiawaian dalam berbicara. Parlemen berasal dari Bahasa Perancis, parle yang berarti bicara.

Sementara itu Ketua Panitia LOBO, Kepala Subbagian Radio Parlemen Ibnurkhalid menjelaskan, bahwa lomba ini terbuka untuk umum, mahasiswa dan pelajar tanpa batasan usia maupun latar belakang profesi.

BACA JUGA  Aksi Rasis Terhadap Mahasiswa Papua di Surabaya Tak Cerminkan Kepribadian Bangsa

“Siapa saja boleh ikut berorasi dengan durasi lima menit saja, kalau lebih tidak dinilai juri,” ujarnya.

Ical, sapaan akrab Ibnurkhalid menambahkan untuk berpartisipasi dalam LOBO sangat mudah. Calon peserta cukup merekam orasi pada alat rekam apapun termasuk telepon genggam dengan format mp3 kemudian kirim ke email: [email protected].

“LOBO kali ini sengaja diperpanjang sampai 30 Juni 2019 yang akan datang karena aspirasi dari sejumlah siswa sekolah menengah yang sebagian besar menghadapi ujian kenaikan kelas bulan Mei lalu. Pemenang lomba akan dinobatkan menjadi Bintang Orator TVR Parlemen DPR RI, memperoleh plakat dan hadiah menarik lain,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Salafuddin: Mana yang Lebih Utama? Khatam atau Kaji Al Quran?

KIBLAT.NET- Bulan Ramadhan adalah bulannya Al Quran, banyak Umat Islam yang berlomba untuk mengkhatamkan Al...

Sabtu, 01/06/2019 17:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Abu Qotadah Al-Filastini: Kemewahan Adalah Musuh Jihad

Kemewahan adalah musuh jihad, janji-janji Allah tentang kemenangan tidak akan diberikan kepada kaum yang takut kaca rumah mereka pecah.

Sabtu, 01/06/2019 14:49 0

Khazanah

Hari Kedua puluh tujuh Ramadhan, Turunnya Salju yang Menghancurkan Bangunan

"Di antara kejadian-kejadian langit yang ada, pada tanggal 27 Ramadhan tahun ini langit menghitam di atas wilayah Gharbiyyah dan Mahallah Kubra, di pinggiran Kairo.

Sabtu, 01/06/2019 10:00 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: 3 Kelompok yang Pertama Dihisab

KIBLAT.NET- Ada 3 kelompok yang kelak akan pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Siapa sajakah...

Sabtu, 01/06/2019 05:00 0

Opini

Saat Tangis Rakyat Dibayangi Humanis Aparat

Jika diperhatikan, saat ini seakan ada kontradiksi dari aparat dan pemerintah menyikapi peristiwa 21-22 Mei.

Sabtu, 01/06/2019 01:29 1

Video Kajian

Ust. Salafuddin: Apakah Pacaran Membatalkan Puasa?

KIBLAT.NET- Tak bisa dipungkiri, banyak sekarang kawula muda muslim yang berpacaran. Apakah berpacaran dapat membatalkan...

Jum'at, 31/05/2019 17:30 0

Suriah

Gadis Kecil Ini Minta Dunia Selamatkan Anak-anak dari Krisis Suriah

Bana Alabed, seorang gadis Suriah berusia 9 tahun dari Aleppo, menekankan perlunya "tindakan segera" untuk menyelamatkan anak-anak di negaranya dan di seluruh dunia dari momok perang.

Jum'at, 31/05/2019 15:30 0

Artikel

John Walker Lindh: Dokumen FBI (Bag-2)

John Walker Lindh, warga AS yang pernah bertempur di pihak mujahidin di Afghanistan baik sebelum maupun sesudah 11/9 telah bebas dari penjara pada hari Kamis (23/05) pekan lalu.

Jum'at, 31/05/2019 14:09 0

Timur Tengah

Raja Salman Serukan Sikap Tegas Hadapi Ancaman Iran

Raja Saudi Salman mengatakan, bahwa pengembangan kemampuan nuklir dan rudal Iran dan ancamannya terhadap pasokan minyak global menimbulkan risiko bagi keamanan regional dan internasional.

Jum'at, 31/05/2019 12:26 0

Suriah

Pemerintah Idlib Fasilitasi Media-media Internasional Liputan di Front Pertempuran

"Kami menyediakan semua fasilitas, perlindungan, dan layanan yang diperlukan untuk memastikan berfungsinya pekerjaan mereka dengan benar dan untuk menyampaikan gambaran sebenarnya dari wilayah-wilayah yang dibebaskan, dan semua hal disediakan secara gratis," kata Al-Ahmad.

Jum'at, 31/05/2019 11:08 0

Close