... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1440H Jatuh pada 5 Juni 2019

Foto: Muhammmadiyah.

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah jatuh pada Rabu 5 Juni 2019. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan, penentuan 1 Syawal ini berdasarkan pada hisab hakiki yang sudah dijadikan pedoman oleh Majelis Tarjih dan Tajdid organisasi keagamaan dan kemasyarakatan ini.

“Berdasarkan hisab hakiki sudah menjadi rujukan bahkan dengan hisab kita bisa memprediksi tanggal hijriah khususnya dalam menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha hingga puluhan tahun ke depan,” kata Haedar, dikutip dari Tempo, Kamis malam (30/05/2019).

Haedar mengatakan, ada dua pesan yang disampaikan oleh PP Muhammadiyah berkaitan dengan penetapan 1 Syawal ini. Pertama, Muhammadiyah mengimbau kepada umat Islam dan warga bangsa menjadikan 1 Syawal menjadi momentum memperluas rongga hati saling memaafkan dan merekatkan kembali tali persaudaraan sebagai umat dan bangsa.

Kedua, menjadikan Idul Fitri sebagai momentum secara bersama-sama umat Islam dan warga bangsa menjadikan Indonesia menjadi rumah bersama.

“Bersama-sama untuk maju yang merdeka, bersatu dan berdaulat menuju Indonesia berkemajuan,” ujarnya di kantor Pusat PP Muhammadiyah jalan Cik Ditiro Yogyakarta.

Haedar mengatakan, jika ada perbedaan dalam penentuan 1 Syawal, PP Muhammadiyah mengimbau umat Islam dan bangsa Indonesia selalu memiliki toleransi.

“Islam dan bangsa Indonesia sudah dewasa dalam perbedaan,” katanya.

Menurut Haedar, jika ternyata ada perbedaan dalam penetapan Idul Fitri, pemerintah bisa memfasilitasi perbedaan itu. Agar yang sama dan berbeda, bisa menyelenggarakan sholat Ied dan kegiatan Idul Fitri tanpa ada gangguan.

BACA JUGA  Udara Palembang Memburuk, Sekolah Pun Tak Masuk

Namun, Haedar mengatakan, diperkirakan sampai beberapa tahun ke depan ada kesamaan dalam menetapkan 1 Syawal, baik antargolongan yang mainstream maupun pemerintah.

Sumber: Tempo
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Gadis Kecil Ini Minta Dunia Selamatkan Anak-anak dari Krisis Suriah

Bana Alabed, seorang gadis Suriah berusia 9 tahun dari Aleppo, menekankan perlunya "tindakan segera" untuk menyelamatkan anak-anak di negaranya dan di seluruh dunia dari momok perang.

Jum'at, 31/05/2019 15:30 0

Artikel

John Walker Lindh: Dokumen FBI (Bag-2)

John Walker Lindh, warga AS yang pernah bertempur di pihak mujahidin di Afghanistan baik sebelum maupun sesudah 11/9 telah bebas dari penjara pada hari Kamis (23/05) pekan lalu.

Jum'at, 31/05/2019 14:09 0

Timur Tengah

Raja Salman Serukan Sikap Tegas Hadapi Ancaman Iran

Raja Saudi Salman mengatakan, bahwa pengembangan kemampuan nuklir dan rudal Iran dan ancamannya terhadap pasokan minyak global menimbulkan risiko bagi keamanan regional dan internasional.

Jum'at, 31/05/2019 12:26 0

Suriah

Pemerintah Idlib Fasilitasi Media-media Internasional Liputan di Front Pertempuran

"Kami menyediakan semua fasilitas, perlindungan, dan layanan yang diperlukan untuk memastikan berfungsinya pekerjaan mereka dengan benar dan untuk menyampaikan gambaran sebenarnya dari wilayah-wilayah yang dibebaskan, dan semua hal disediakan secara gratis," kata Al-Ahmad.

Jum'at, 31/05/2019 11:08 0

News

Barat Terjunkan Pasukan Khusus untuk Buru Pemimpin ISIS

Koran Inggris, The Mirror melaporkan bahwa pasukan Inggris yang dikenal sebagai SAS (Special Air Service) bergabung dengan pasukan AS dalam mencari al-Baghdadi.

Jum'at, 31/05/2019 10:56 0

Khazanah

Hari Kedua puluh enam Ramadhan, Berdirinya Khilafah Utsmaniyah

Pada tanggal 26 Ramadhan 923 H, setelah kemenangan sultan Utsmani Salim atas Dinasti Mamluk yang menguasai Syiria, Palestina dan Mesir, yaitu masuknya Mesir dan Syam ke dalam pangkuan Utsmani.

Jum'at, 31/05/2019 10:00 0

Suriah

Hassan Shufan Mundur dari JWT dan Ahrar Al-Syam

Dia menambahkan bahwa dia akan tetap menjadi pejuang "tanpa menjadi anggota faksi atau kelompok apa pun."

Jum'at, 31/05/2019 09:56 0

Fikih

Zakat Fitrah dengan Uang dalam Perspektif Mazhab Syafi’i

Namun mereka berbeda pendapat dalam masalah penunaian zakat fitrah, apakah boleh dibayar dengan uang ataukah tidak?

Jum'at, 31/05/2019 09:43 0

Amerika

AS dan Rusia Bahas Tahap-tahap Pembebasan Suriah dari Blokade Dunia

Moskow dan Washington saling meminta pandangan ke arah pendekatan bertahap, selangkah demi langkah, dalam rangka mengakhiri krisis Suriah. Akan tetapi, permasalahan ini butuh pengambilan keputusan sulit.

Jum'at, 31/05/2019 08:36 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Jum'at, 31/05/2019 08:33 1

Close