... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KPU Matangkan Persiapan Hadapi Sidang Gugatan Pemilu 2019 di MK

Foto: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mematangkan persiapan untuk sidang gugatan Pemilu 2019 oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitutsi (MK).

Persiapan KPU antara lain perekrutan firma hukum, persiapan dokumen dan alat bukti, serta saksi-saksi. Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa timnya sudah membahas permohonan dalam gugatan.

“Jadi, pengajuan sengketa itu sudah kami bahas bersama para pengacara. Kami sudah memerintahkan KPU di daerah untuk persiapan jawaban permohonan pemohon,” kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/05/2019).

KPU bakal bertemu petugas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang menjadi sengketa gugatan. Pertemuan bakal dilakukan pada 31 Mei 2019 mendatang. Nantinya, KPU juga menyiapkan kemungkinan sanksi. Menurut Arief, ada 326 sengketa yang tersebar hampir seluruh provinsi, tetapi tidak semua kabupaten/kota. Ada juga gugatan tentang pilpres seperti kasus daftar pemilih tetap (DPT), hasil perolehan suara, serta proses penyelenggaraan pemungutan suara.

KPU bakal terus mengawasi perkembangan gugatan saat ini. Sehingga, perbaikan permohonan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi tetap menjadi sorotan.

“Nanti tim kami tergantung final proses persidangan pokok perkara,” ujar Arief.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandiaga telah melayangkan gugatan ke MK atas hasil Pemilu 2019, khususnya hasil pilpres. BPN Prabowo-Sandiaga secara tegas menolak hasil rekapitulasi suara oleh KPU lantaran menemukan sejumlah kecurangan.

BACA JUGA  WALHI Kritisi Ucapan Presiden Jokowi Soal Investasi

MK akan memprioritaskan penyelesaian perkara ini. MK harus menyelesaikan perkara ini dalam waktu empat belas hari kerja, terhitung sejak teregistrasi. Sidang gugatan pilpres pertama akan dimulai pada 14 Juni 2019, sedangkan putusan gugatan sengketa ditentukan pada 28 Juni 2019.

Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandiaga yang diketuai Bambang Widjojanto menyerahkan 51 bukti gugatan sengketa Pilpres 2019. Gugatan tersebut juga dilengkapi dengan tujuh tuntutan resmi yang terdaftar ke MK.

Sumber: Katadata
Editor: Rusydan

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

John Walker Lindh: Dokumen FBI (Bag-2)

John Walker Lindh, warga AS yang pernah bertempur di pihak mujahidin di Afghanistan baik sebelum maupun sesudah 11/9 telah bebas dari penjara pada hari Kamis (23/05) pekan lalu.

Jum'at, 31/05/2019 14:09 0

Timur Tengah

Raja Salman Serukan Sikap Tegas Hadapi Ancaman Iran

Raja Saudi Salman mengatakan, bahwa pengembangan kemampuan nuklir dan rudal Iran dan ancamannya terhadap pasokan minyak global menimbulkan risiko bagi keamanan regional dan internasional.

Jum'at, 31/05/2019 12:26 0

Suriah

Pemerintah Idlib Fasilitasi Media-media Internasional Liputan di Front Pertempuran

"Kami menyediakan semua fasilitas, perlindungan, dan layanan yang diperlukan untuk memastikan berfungsinya pekerjaan mereka dengan benar dan untuk menyampaikan gambaran sebenarnya dari wilayah-wilayah yang dibebaskan, dan semua hal disediakan secara gratis," kata Al-Ahmad.

Jum'at, 31/05/2019 11:08 0

News

Barat Terjunkan Pasukan Khusus untuk Buru Pemimpin ISIS

Koran Inggris, The Mirror melaporkan bahwa pasukan Inggris yang dikenal sebagai SAS (Special Air Service) bergabung dengan pasukan AS dalam mencari al-Baghdadi.

Jum'at, 31/05/2019 10:56 0

Khazanah

Hari Kedua puluh enam Ramadhan, Berdirinya Khilafah Utsmaniyah

Pada tanggal 26 Ramadhan 923 H, setelah kemenangan sultan Utsmani Salim atas Dinasti Mamluk yang menguasai Syiria, Palestina dan Mesir, yaitu masuknya Mesir dan Syam ke dalam pangkuan Utsmani.

Jum'at, 31/05/2019 10:00 0

Suriah

Hassan Shufan Mundur dari JWT dan Ahrar Al-Syam

Dia menambahkan bahwa dia akan tetap menjadi pejuang "tanpa menjadi anggota faksi atau kelompok apa pun."

Jum'at, 31/05/2019 09:56 0

Fikih

Zakat Fitrah dengan Uang dalam Perspektif Mazhab Syafi’i

Namun mereka berbeda pendapat dalam masalah penunaian zakat fitrah, apakah boleh dibayar dengan uang ataukah tidak?

Jum'at, 31/05/2019 09:43 0

Amerika

AS dan Rusia Bahas Tahap-tahap Pembebasan Suriah dari Blokade Dunia

Moskow dan Washington saling meminta pandangan ke arah pendekatan bertahap, selangkah demi langkah, dalam rangka mengakhiri krisis Suriah. Akan tetapi, permasalahan ini butuh pengambilan keputusan sulit.

Jum'at, 31/05/2019 08:36 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Jum'at, 31/05/2019 08:33 1

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Bacaan Quran Bagus Saja Tak Cukup

KIBLAT.NET- Membaca Al Quran dengan bacaan dan irama yang bagus saja tak cukup. Lalu, apa...

Jum'at, 31/05/2019 05:00 0

Close