... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS dan Rusia Bahas Tahap-tahap Pembebasan Suriah dari Blokade Dunia

Foto: Bashar Assad.

KIBLAT.NET, Washington – Utusan khusus AS untuk Suriah Jim Jeffrey mengatakan Amerika Serikat dan Rusia sedang membahas “kemungkinan langkah maju” menuju penyelesaian krisis Suriah, yang dapat mengakhiri isolasi internasional terhadap Suriah.

Jeffrey mengungkapkan kepada wartawan, seperti dilansir AFP pada Kamis (30/05/2019), setelah pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB beberapa pekan lalu, Moskow dan Washington saling meminta pandangan ke arah pendekatan bertahap, selangkah demi langkah, dalam rangka mengakhiri krisis Suriah. Akan tetapi, permasalahan ini butuh pengambilan keputusan sulit.

Selama pembicaraan di Rusia bulan ini, Sekretaris Negara AS Mike Pompeo membahas rencana tersebut, yang “memungkinkan pemerintah Suriah untuk mematuhi Resolusi PBB No 2254, sebagai syarat kembali diterima di komunitas internasional.”

Resolusi No 2254 itu menyerukan pembicaraan damai, konstitusi baru dan pemilihan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Sejauh ini kami belum melihat langkah-langkah seperti gencatan senjata di Idlib atau pertemuan komisi konstitusi untuk memberi kami keyakinan bahwa rezim Assad benar-benar memahami apa yang harus dilakukan untuk mengakhiri konflik ini,” kata Pompeo saat itu.

Amerika Serikat, yang selama ini menyeru Presiden Bashar Al-Assad mundur, sudah menghentikan seruan tersebut. Pernyataan Jeffrey di atas menunjukkan bahwa AS sekarang siap mendukung kemungkinan-kemungkinan ke upaya rekonsiliasi nasional.

Pompeo mengadakan pertemuan dua jam dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi pada 14 Mei.

BACA JUGA  Hampir 150 Juta Warga AS Terdampak Gelombang Panas Mematikan

Jeffrey bertemu secara terpisah pada hari Rabu (29/05/2019) dengan duta besar anggota tetap Dewan Keamanan –Inggris, Perancis, Cina dan Rusia–. Ia mengatakan bahwa Ada keinginan yang tulus dalam mencari solusi untuk konflik ini.

“Tapi ini akan membutuhkan keputusan sulit –keputusan sulit tidak hanya di pihak kita, tetapi keputusan sulit bagi Rusia, dan di atas itu semua keputusan sulit bagi rezim Suriah,” kata Jeffrey.

Dewan Keamanan memperdebatkan upaya diplomatik untuk mengakhiri perang, ketika pasukan Assad dan Rusia meningkatkan serangan ke provinsi barat laut Idlib.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Verchinen, yang juga hadir di pertemuan di PBB pekan ini, mengatakan kepada wartawan bahwa pasukan Suriah sedang meluncurkan “operasi menargetkan teroris”.

Verchinen mengatakan bahwa Rusia “siap berkoordinasi” dengan Amerika Serikat untuk mengembangkan “visi bersama tentang bagaimana mencapai penyelesaian politik yang berkelanjutan di Suriah.”

Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah, Geir Pedersen, menekankan bahwa kerja sama AS-Rusia adalah kunci untuk mendorong tercapainya kesepakatan perdamaian di Suriah. Namun ia menkankan, pemerintah Damaskus harus menyetujui serangkaian langkah yang disepakati oleh mereka.

“Tanpa itu, kita mempertaruhkan apa yang saya sebut skenario, bukan perang atau perdamaian, di mana keadaan seperti ini terus berlangsung, sehingga kita tidak akan melihat Suriah sebagai bagian normal dari komunitas internasional di masa depan,” pungkasnya.

BACA JUGA  Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

Jum'at, 31/05/2019 08:33 1

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Bacaan Quran Bagus Saja Tak Cukup

KIBLAT.NET- Membaca Al Quran dengan bacaan dan irama yang bagus saja tak cukup. Lalu, apa...

Jum'at, 31/05/2019 05:00 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Tazkiyatun Nafs di Bulan Ramadhan

KIBLAT.NET- Bagaimana cara kita mensucikan hati dan jiwa kita di Bulan Ramadhan? Simak di sini!...

Kamis, 30/05/2019 17:30 0

Opini

Keberkahan Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan Syahrun Mubarak (bulan keberkahan). Dinamakan dengan bulan keberkahan, karena di bulan Ramadhan ini Allah Swt memberikan melipatkan ganda pahala ibadah yang dilakukan padanya.

Kamis, 30/05/2019 15:56 0

Indonesia

Hubungan Meningkat, AS-Indonesia Canangkan Latihan Militer Bersama Tahun 2020

Kedua belah pihak mengatakan dalam pernyataan bersama, bahwa Amerika Serikat ingin menormalkan hubungan dengan Kopassus dan mengadakan latihan bersama pada tahun 2020.

Kamis, 30/05/2019 15:00 0

Khazanah

Hari Kedua puluh lima Ramadhan, Hancurnya Pasukan Tartar di ‘Ain Jalut

Tanggal 25 Ramadhan tahun 658 H, bertepatan dengan 3 September 1260 M terjadi pertempuran termasyhur yang memiliki pengaruh besar terhadap sejarah kaum muslimin, yaitu pertempuran 'Ain Jalut yang menghentikan ekspansi Tartar atas negeri-negeri kaum muslimin.

Kamis, 30/05/2019 14:23 1

Indonesia

Bertabur Konten Negatif, MUI Desak Tayangan Pesbukers ANTV Dihentikan 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi sorotan khusus pada program Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan di ANTV pada bulan Ramadhan 1440 H/2019 ini.

Kamis, 30/05/2019 13:32 2

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita. Tanpa terasa kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan. Artinya sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan suci tersebut.

Kamis, 30/05/2019 12:26 0

Artikel

John Walker Lindh, Antara Al-Qaidah dan Taliban (Bag-1)

Nama Lindh langsung viral dengan julukan sebagai “Taliban Amerika” setelah ia ditahan oleh otoritas AS.

Kamis, 30/05/2019 09:40 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Untukmu yang Suka Lupa Hafalan

KIBLAT.NET- Bagaimana agar hafalan Al Quran tetap awet berada di kepala kita? Dan bagaimana jika...

Kamis, 30/05/2019 05:00 0

Close