... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hubungan Meningkat, AS-Indonesia Canangkan Latihan Militer Bersama Tahun 2020

Foto: Hubungan Meningkat, AS-Indonesia Canangkan Latihan Militer Bersama Tahun 2020

KIBLAT.NET, Jakarta – Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan bertemu dengan mitranya dari Indonesia Ryamizard Ryacudu pada Kamis (30/05/2019). Amerika Serikat dinilai berupaya meningkatkan hubungan dengan unit pasukan khusus Indonesia yang telah dibatasi karena pelanggaran hak asasi manusia pada 1990-an.

Selama perjalanan ke Jakarta oleh pendahulu Shanahan, Jim Mattis, tahun lalu, Indonesia mengatakan berharap bisa membantu meringankan keterbatasan Amerika dalam hal kontak.

Amerika Serikat mengumumkan pada 2010 bahwa mereka telah mencabut larangan langsung kontak militer AS dengan unit pasukan khusus Indonesia, yang dikenal sebagai Kopassus, yang dituduh melakukan pelanggaran HAM di Timor Timur ketika negara itu bersiap untuk kemerdekaan.

“Pembatasan hukum dimaksudkan untuk memastikan militer AS tidak terjerat kasus pelanggaran HAM,” kata pejabat AS.

Kedua belah pihak mengatakan dalam pernyataan bersama, bahwa Amerika Serikat ingin menormalkan hubungan dengan Kopassus dan mengadakan latihan bersama pada tahun 2020.

“Kedua kementerian menegaskan dukungan untuk ekspansi pasukan kita ke latihan tentara tahun depan, dan dengan menormalkan hubungan pasukan khusus Angkatan Darat dimulai pada 2020 dengan Pelatihan Latihan Gabungan Bersama dengan KOPASSUS,” kata pernyataan itu.

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa kedua negara mendukung peningkatan pertukaran informasi dan pertukaran pandangan tentang penilaian ancaman regional dengan menggunakan ASEAN Our Eyes (AOE), sebuah platform untuk pertukaran informasi strategis di antara Negara-negara Anggota ASEAN.

BACA JUGA  Kemendagri Larang Pegawai Gunakan Cadar

Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya meluncurkan pakta intelijen “Our Eyes” tahun lalu untuk memerangi militan Islam dan meningkatkan kerja sama dalam ancaman keamanan.

Kedua negara juga membahas melakukan survei bawah laut untuk memastikan bahwa bangkai kapal perang Perang Dunia Kedua di perairan Indonesia tidak terganggu. Ada laporan penjarahan kapal karam oleh penyelamat laut.

“Kedua kementerian membahas pentingnya mendukung kesucian jasad yang terkubur dalam kapal seperti kecelakaan Perang Dunia Kedua, USS Houston, dan kerja sama untuk mengidentifikasi sisa-sisa AS di Indonesia,” kata mereka dalam pernyataan itu.

Sumber: Reuters
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khazanah

Hari Kedua puluh lima Ramadhan, Hancurnya Pasukan Tartar di ‘Ain Jalut

Tanggal 25 Ramadhan tahun 658 H, bertepatan dengan 3 September 1260 M terjadi pertempuran termasyhur yang memiliki pengaruh besar terhadap sejarah kaum muslimin, yaitu pertempuran 'Ain Jalut yang menghentikan ekspansi Tartar atas negeri-negeri kaum muslimin.

Kamis, 30/05/2019 14:23 1

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita. Tanpa terasa kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan. Artinya sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan suci tersebut.

Kamis, 30/05/2019 12:26 0

Myanmar

“Perlakuan Myanmar terhadap Rohingya Mirip Israel”

"Saya akan mengatakan apa perbedaan antara Myanmar dan Israel? Kami tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Kami tidak suka dan mendukung kesalahan mereka kepada orang-orang Palestina. Myanmar melakukan hal yang sama kepada orang-orang Rohingya," kata Siddiki.

Kamis, 30/05/2019 11:01 0

Amerika

Bayi Perempuan Ini Terus Hidup Meski Lahir Seberat Apel

Bayi ini diyakini sebagai manusia terkecil yang bertahan hidup di dunia, beratnya hanya 8,6 ons (245 gram) ketika ia dilahirkan pada bulan Desember.

Kamis, 30/05/2019 10:14 0

Artikel

John Walker Lindh, Antara Al-Qaidah dan Taliban (Bag-1)

Nama Lindh langsung viral dengan julukan sebagai “Taliban Amerika” setelah ia ditahan oleh otoritas AS.

Kamis, 30/05/2019 09:40 0

Qatar

Penuhi Undangan Saudi, PM Qatar Hadir Pertemuan Darurat Negera Teluk

Pertemuan itu digelar di Makkah. Konferensi ini digelar di saat ketegangan meningkat antara negera Teluk dan Iran.

Kamis, 30/05/2019 08:34 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Untukmu yang Suka Lupa Hafalan

KIBLAT.NET- Bagaimana agar hafalan Al Quran tetap awet berada di kepala kita? Dan bagaimana jika...

Kamis, 30/05/2019 05:00 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Fenomena Mall Ramai di Bulan Ramadhan

KIBLAT.NET- Menjelang lebaran, umat Islam banyak meramaikan Mall untuk belanja daripada masjid-masjid. Bagaimana agar kita...

Rabu, 29/05/2019 17:30 0

Khazanah

Hari Kedua puluh empat Ramadhan, Penghancuran Manat, Simbol Kekafiran Bangsa Arab

Di antara peristiwa tanggal 24 Ramadhan tahun 8 H adalah dihancurkannya patung Manat,salah satu patung bangsa Arab yang terkenal. Allah menyebutkan nama patung ini dalam Kitab-Nya

Rabu, 29/05/2019 14:30 0

Khazanah

Menggugat Penguasa Zalim dengan Doa-doa Mustajab

Di antara sunnatullah yang sudah lazim adalah Allah SWT pasti akan menghukum penguasa dan raja-raja yang zalim.

Rabu, 29/05/2019 11:34 1

Close