... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bertabur Konten Negatif, MUI Desak Tayangan Pesbukers ANTV Dihentikan 

Foto: Kantor MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi sorotan khusus pada program Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan di ANTV pada bulan Ramadhan 1440 H/2019 ini.

Ramadhan tahun lalu, dua program ini termasuk lima program yang MUI rekomendasikan untuk dihentikan tayangannya, karena kontennya yang buruk atau negatif, terlebih saat Ramadhan. Namun, stasiun TV tetap menayangkan dua program tersebut dan tidak melakukan perubahan isi secara signifikan.

“Sahurnya Pesbuker dan Pesbukers Ramadhan masih tayang Ramadhan 2019 ini, dan tetap dengan gaya konten yang tidak patut. Bahasa mesum juga mewarnai dialog program ini,” ujar KH. Masduki Baidlowi, Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi melalui rilisnya, Selasa (28/05/2019).

Masduki menyebut tiga program TV Ramadhan lainnya yaitu Ramadhan di Rumah Uya (Trans 7), Brownis Sahur (Trans TV) dan Ngabuburit Happy (Trans TV), yang MUI sarankan untuk berhenti pada Ramadhan 2018, tahun 2019 ini sudah tidak tayang lagi.

Program Ramadhan yang berasal dari program regular dengan tambahan kata “Sahurnya” dan “Ramadhan” ini, dalam catatan Tim Pemantau MUI, tiap tahun mendapat koreksi kritis dari MUI dan sejak 2012 sudah berkali-kali memperoleh sanksi teguran dari KPI, namun tidak memperlihatkan perubahan berarti.

“Dari tahun ke tahun, Sahurnya Pesbukers tidak ada perubahan. Masih menayangkan canda berlebihan, saling ejek, hina-menghina dan hura-hura. Busana para pemain wanita sangat tidak patut karena mempertontonkan aurat,” ujarnya.

BACA JUGA  MUI dan Politik Praktis: Kilas Balik Sejarah

Stigma buruk juga disampaikan oleh sejumlah warga masyarakat yang mengirim email pengaduan ke MUI, dan meminta program Pesbukers Ramadhan dibubarkan. “Ada yang menyebut, ini program tak bermoral dan memalukan,” ujar Masduki.

Masduki mengungkapkan MUI minta otoritas bidang penyiaran memberi sanksi berat pada dua program ini. Yaitu dengan menghentikan program, mengingat tak terlihat adanya i’tikad baik pembenahan.

“Masyarakat diserukan tidak menonton program ini, apalagi anak-anak dan remaja. Dunia iklan disarankan tidak mendukung program yang tidak mendidik dan berselera rendah seperti ini,” ujarnya.

Selain itu, MUI juga meminta Komisi I DPR yang membidangi penyiaran, untuk lebih serius menempuh langkah-langkah yang membuat industri televisi lebih mematuhi regulasi, nilai agama, dan asas-asas kepatutan dan kesopanan dalam masyarakat.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Bertabur Konten Negatif, MUI Desak Tayangan Pesbukers ANTV Dihentikan ”

  1. Ahyan saidi

    Sangat setuju, perbuker antv tidak ada manfaatnya sama sekali…harus segera di hentikan, bukan saja pada bulan rhamadan tapi di hentikan untuk selamanya.

  2. ALhamdulillah saya dan keluarga tdk pernah nonton acara tsb.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita

Khutbah Jumat: Sebelum Ramadhan Meninggalkan Kita. Tanpa terasa kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan. Artinya sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan suci tersebut.

Kamis, 30/05/2019 12:26 0

Myanmar

“Perlakuan Myanmar terhadap Rohingya Mirip Israel”

"Saya akan mengatakan apa perbedaan antara Myanmar dan Israel? Kami tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Kami tidak suka dan mendukung kesalahan mereka kepada orang-orang Palestina. Myanmar melakukan hal yang sama kepada orang-orang Rohingya," kata Siddiki.

Kamis, 30/05/2019 11:01 0

Amerika

Bayi Perempuan Ini Terus Hidup Meski Lahir Seberat Apel

Bayi ini diyakini sebagai manusia terkecil yang bertahan hidup di dunia, beratnya hanya 8,6 ons (245 gram) ketika ia dilahirkan pada bulan Desember.

Kamis, 30/05/2019 10:14 0

Artikel

John Walker Lindh, Antara Al-Qaidah dan Taliban (Bag-1)

Nama Lindh langsung viral dengan julukan sebagai “Taliban Amerika” setelah ia ditahan oleh otoritas AS.

Kamis, 30/05/2019 09:40 0

Qatar

Penuhi Undangan Saudi, PM Qatar Hadir Pertemuan Darurat Negera Teluk

Pertemuan itu digelar di Makkah. Konferensi ini digelar di saat ketegangan meningkat antara negera Teluk dan Iran.

Kamis, 30/05/2019 08:34 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Untukmu yang Suka Lupa Hafalan

KIBLAT.NET- Bagaimana agar hafalan Al Quran tetap awet berada di kepala kita? Dan bagaimana jika...

Kamis, 30/05/2019 05:00 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Fenomena Mall Ramai di Bulan Ramadhan

KIBLAT.NET- Menjelang lebaran, umat Islam banyak meramaikan Mall untuk belanja daripada masjid-masjid. Bagaimana agar kita...

Rabu, 29/05/2019 17:30 0

Khazanah

Hari Kedua puluh empat Ramadhan, Penghancuran Manat, Simbol Kekafiran Bangsa Arab

Di antara peristiwa tanggal 24 Ramadhan tahun 8 H adalah dihancurkannya patung Manat,salah satu patung bangsa Arab yang terkenal. Allah menyebutkan nama patung ini dalam Kitab-Nya

Rabu, 29/05/2019 14:30 0

Khazanah

Menggugat Penguasa Zalim dengan Doa-doa Mustajab

Di antara sunnatullah yang sudah lazim adalah Allah SWT pasti akan menghukum penguasa dan raja-raja yang zalim.

Rabu, 29/05/2019 11:34 1

Suriah

Kampanye Udara Rezim Suriah Meluas ke Pedesaan Aleppo

Sejumlah warga sipil tewas akibat serangan terbaru rezim ini.

Rabu, 29/05/2019 11:29 0

Close