... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Abu Isa: Faksi-faksi di Suriah Utara Sepakat Buang Segala Perbedaan

Foto: Pemimpin Suqur Al-Syam, Abu Isa Al-Syaikh

KIBLAT.NET, Idlib – Pemimpin faksi oposisi Suriah Suqur Al-Syam, Ahmad Al-Syaikh atau lebih dikenal Abu Isa, mengungkapkan bahwa seluruh perselisihan antara faksi-faksi di Suriah utara berhasil diatasi. Ini sebagai langkah untuk menghadang serangan militer rezim Suriah yang didukung Rusia.

“Dalam rangka menghadapi serangan penjahat Rusia terhadap sisa wilayah dan darah, faksi-faksi sepakat membuang seluruh berbedaan dan tidak membeda-bedakan antara suku, warga kulit dan penyokong dana serta melupakan perpecahan masa lalu untuk menghadapi situasi saat ini,” katanya melalui Channel Telegram pada Senin lalu, seperti dilansir Enabbaladi.net pada Selasa (28/05/2019).

Ia menegaskan bahwa pejuang tidak akan bisa mengalahkan rezim sementara dalam kondisi bercerai berai. Akan tetapi, dengan izin Allah, mereka bisa mengalahkan jika para pejuang bersatu.

Pernyataan Abu Isa ini menunjukkan bahwa semua perbedaan antara faksi militer yang beroperasi di Idlib, yang saat ini berjuang untuk mengusir rezim Suriah dan serangan Rusia di pedesaan Hama, telah diatasi.

Abu Syaikh mengungkapkan hal itu setelah beredarnya foto pertemuan para komandan faksi-faksi Islamis di Idlib, yang selama ini digambarkan saling berselisih. Mereka rapat bersama membahas situasi terkini di bidang militer.

Pada foto yang beredar Ahad itu terlihat pemimpin Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), Abu Muhammad Al-Jaulani, pemimpin Jaisyul Izzah, Jamil Al-Shalih, dan dua komandan Ahrar Al-Syam, Hasan Shufan dan Jabir Ali Al-Syaikh.

BACA JUGA  Gempuran Rusia Kembali Meningkat di Idlib, Fokus Target Fasilitas Medis

Selain itu, juga terlihat panglima militer HTS, Abu Adnan Zabdani, pemimpin Suqur Al-Syam Abu Isa Al-Syaikh dan komandan Jaisyul Ahrar, Abu Shalih Al-Thahan.

Pertemuan itu mendapat reaksi positif dari warga Idlib, di tengah harapan bahwa pertemuan itu akan menjadi awal pembentukan tentara nasional pemerintahan baru.

Suqur Al-Syam merupakan bagian dari koalisi faksi-faksi oposisi Jabhah Wathaniyah lit Tahrir (JWT). Koalisi ini didukung secara militer dan dana oleh Turki. Beberapa tahun terakhir, faksi-faksi di koalisi ini terlibat perselisihan hingga baku tembak dengan HTS, yang mengontrol mayoritas Idlib.

Abu Muhammad Al-Jalani sendiri telah menyerukan persatuan antara faksi-faksi di Idlib. Ia mendorong pembentukan kekuatan militer di bawah satu panglima.

Profil Abu Isa Al-Syaikh

Abu Isa merupakan pendiri dan pemimpin faksi Suqur Al-Syam. Ia lahir di Sarjah, sebuah desa di wilayah Jabal Zawiyah di Idlib. Ia terlibat kekuatan revolusi langsung di bidang militer.

Laporan media menyebutkan bahwa Abu Isa ditangkap di Sednaya pada 2004 dan kemudian dibebaskan. Namun Abu Isa membantahnya.

“Saya tidak ditangkap di Sednaya, tetapi saya ditangkap di Palestina selama 11 bulan. Saya tidak bertemu Sheikh Zahran Allouche dan Hassan Abboud sebelum revolusi,” kata Abu Isa.

Abu Isa mendirikan Suqur Al-Syam di awal revolusi Suriah di Jabal al-Zawiyeh. Banyak warga Suriah yang bergabung dalam satuannya. Sebelum gabung JWT, Suqur Al-Syam melebur ke dalam Jabhah Al-Islamiyah, sebuah koalisi faksi-faksi Islamis.

BACA JUGA  Assad Mengaku Diuntungkan dengan Kesepakatan Erdogan-Putin

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Kapan Waktu yang Paling Utama Membayarkan Zakat Fitrah?

Lalu kapan waktu yang tepat bagi seseorang untuk mengeluarkan zakat fitrah? Menjawab pertanyaan ini, para ulama berbeda pendapat menjadi beberapa pendapat:

Rabu, 29/05/2019 06:01 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: 3 Hal untuk Mengagungkan Allah

KIBLAT.NET- Tak terasa, Ramadhan sudah menginjak 10 hari terakhir. Amalan apa yang bisa kita lakukan...

Rabu, 29/05/2019 05:00 0

Indonesia

Ayah Harun Korban Ricuh 21-22 Mei: Saya Menuntut Keadilan Walau Nyawa Jadi Taruhan

Ayah korban ricuh 21-22 Mei Harun Ar-Rasyid, Didin Wahyudin masih tak sanggup menyembunyikan rasa sedih saat datang ke Komnas HAM.

Selasa, 28/05/2019 22:26 1

Indonesia

Pakar Pidana: Dugaan Pelanggaran HAM 21-22 Mei Bisa Dibawa ke Mahkamah Internasional

Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad mengatakan bahwa dugaan pelanggaran HAM saat ricun 21-22 Mei bisa dibawa ke Mahkamah Internasional.

Selasa, 28/05/2019 21:15 0

Indonesia

Sikapi Ricuh 21-22 Mei, Komnas HAM Tolak Gabung TPF Bentukan Polisi

Komnas HAM menolak saat diminta bergabung dalam Tim Pencari Fakta (TPF) bentukan Polisi.

Selasa, 28/05/2019 20:42 0

Indonesia

Komnas HAM Temukan Korban Meninggal Akibat Peluru Tajam di Aksi 22 Mei

Komnas HAM akan memberikan perhatian serius soal kekisruhan yang terjadi pada 21-22 Mei di Jakarta.

Selasa, 28/05/2019 17:50 0

Indonesia

Pasca ke DPR, Tim Advokasi Korban Tragedi 21-22 Mei Mengadu ke Komnas HAM

Salah satu yang menjadi sorotan adalah adanya kekerasan yang menimpa beberapa orang.

Selasa, 28/05/2019 17:35 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Evaluasi Ramadhanmu!

KIBLAT.NET- Ramadhan semakin hari semakin meninggalkan kita. Bagaimana ibadah kita selama Ramadhan ini? Yuk kita...

Selasa, 28/05/2019 17:30 0

Indonesia

Aksi Munajat untuk Korban Aksi 22 Mei Akan Digelar di Depan Bawaslu

Aksi damai rencananya akan kembali digelar pada Rabu depan (29/05/2019) di depan Gedung Bawaslu.

Selasa, 28/05/2019 17:16 0

Close