Delegasi Taliban Hadiri Peringatan Hubungan Diplomatik Rusia-Afghanistan di Moskow

KIBLAT.NET, Doha – Delegasi resmi Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Senin (27/05/2019), bertolak ke Moskow dengan dipimpin Kepala Kantor Biro Politik Taliban, Mulla Abdul Ghani Baradar. Tim berjumlah empat belas anggota itu berangkat dari kantor mereka di Doha, Qatar.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan dalam pernyataan pers bahwa delegasi itu akan berpartisipasi dalam pertemuan untuk memperingati 100 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dan Afghanistan. Peringatan itu digelar hari ini (Selasa, 28/05/2019).

Mujahid menambahkan, hari berikutnya delegasi Imarah Islam dijadwalkan menggelar pertemuan khusus dengan para tokoh politik yang hadir dalam upacara peringatan tersebut, yang di antaranya terdapat pihak Afghanistan. Pertemuan ini untuk membahas masa depan Afghanistan.

Selain itu, delegasi juga akan bertemu dengan para pejabat senior Rusia.

Pada bagiannya, pemerintah Kabul mengatakan bahwa Duta Besar Afghanistan di Moskow dijadwalkan hadir dalam upacara peringatan tersebut. Namun tidak diketahui apakah ia akan bertemu dengan delegasi Taliban.

Perlu diketahui, ini bukan kali pertama delegasi Taliban ke Moskow di tengah upaya negosiasi damai antara gerakan tersebut dan AS. Sebelumnya, Taliban memenuhi undangan Moskow untuk hadir dalam pertemuan membahas masa depan Afghanistan. Saat itu, Taliban bertemu dengan tokoh-tokoh oposisi Afghanistan.

Sampai saat ini, Taliban keukeuh menolak negosiasi dengan pemerintah Kabul. Pemerintahan yang dipimpin Ashraf Ghani itu dianggap boneka sehingga tak berfaedah berurusan dengan rezim tersebut. Taliban menilai, inti masalah di negerinya adalah penjajahan AS. Jika penjajah hengkang, rezim Ghani runtuh dengan sendirinya.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat