... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muhammadiyah Ingatkan Semua Pihak Menahan Diri dari Kekerasan dan Anarki

Foto: Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir.

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menyerukan kepada seluruh pihak untuk dapat menahan diri dan menghentikan tindakan anarki yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa, usai pengumuman hasil Pemilu 2019.

“Dalam hal gerakan massa atau demo yang menyuarakan aspirasi politik masalah Pemilu dihimbau tetap damai, tertib, mentaati aturan, dan menjauhi segala bentuk kekerasan. Lebih-lebih di bulan suci Ramadhan bagi umat Islam yang mesti dimaknai dengan nilai-nilai luhur puasa dan akhlak mulia,” kata Haedar di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/05/2019).

Menurut Haedar, sungguh mahal harganya jika Indonesia harus mengalami ekskalasi kerusuhan dan anarki yang disebabkan karena sengketa politik pemilu lima tahunan.

Terlebih, masih banyak persoalan dan agenda nasional lain yang harus diselesaikan.

“Masih banyak permasalahan dan agenda nasional untuk diselesaikan bersama menuju Indonesia yang bersatu, adil, makmur, bermartabat, berdaulat, dan berkemajuan,” ungkapnya.

Haedar mengajak siapapun terutama para tokoh agama, elite politik, pejabat publik, media massa, warga bangsa hingga netizen untuk dapat menciptakan suasana yang sejuk dan damai demi kerukunan dan persatuan nasional.

Selain itu, Haedar juga mengimbau agar seluruh pihak menghindari pernyataan-pernyataan dan tindakan yang dapat memanaskan dan memperkeruh keadaan yang merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Media sosial hendaknya dijadikan saluran yang menciptakan suasana tenang, damai, bersatu, dan berkeadaban mulia serta dihentikan dari memproduksi hoaks, keresahan, kebencian, perseteruan, dan permusuhan sesama keluarga bangsa Indonesia,” katanya

BACA JUGA  Uji Shahih Terjemahan Al-Quran Kembali Digelar, Menag Beri Sambutan

Terakhir, Haedar mengingatkan kepada masyarakat, khususnya warga Persyarikatan Muhammadiyah, untuk tidak terpengaruh oleh informasi dan pesan-pesan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan mengedepankan sikap kritis, damai, bijak, dan dewasa disertai ikhtiar menjalin ta’awun atau kerjasama dengan berbagai pihak untuk kerukunan, kemajuan, dan persatuan bangsa” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Sri Lanka Ampuni Biksu Buddha Penghasut Kekerasan Anti-Muslim

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena telah memaafkan seorang biksu Buddha garis keras yang menghasut kekerasan terhadap etnis minoritas Muslim dan dihukum karena menghina pengadilan.

Kamis, 23/05/2019 13:40 0

Suriah

Pejuang Suriah Rebut Kembali Kafr Nabudah, 60 Tentara Assad Tewas

Jaisyul Izzah juga menerbitkan video yang melihatkan sejumlah senjata militer Suriah yang berhasil diamankan

Kamis, 23/05/2019 13:33 0

Amerika

Lah, Pria Ini Janji Menyerah Jika Poster Buronnya Raih 15.000 Like FB

Departemen kepolisian Connecticut telah mencapai kesepakatan dengan seorang kriminal yang akan membuatnya menyerah jika cukup banyak orang menanggapi poster buronannya di media sosial.

Kamis, 23/05/2019 13:09 0

Khazanah

Hari Kedelapan belas Ramadhan, Turunnya Zabur Kepada Nabi Daud

Salah satu peristiwa yang dinukil oleh Ibnu Katsir di dalam kitab Al-Bidayah wa Nihayah (2/78),bahwa Zabur turun kepada Nabi Daud pada malam kedua belas Ramadhan, yakni 482 tahun setelah turunnya Taurat.

Kamis, 23/05/2019 11:12 0

Amerika

Pentagon Kaji Pengiriman 5.000 Pasukan ke Timur Tengah

pasukan yang diminta itu mencakup pasukan rudal balistik, sistem pertahanan udara, rudal Tomahawk, kapal selam dan pasukan laut dan darat yang mampu menargetkan jarak jauh.

Kamis, 23/05/2019 09:23 0

Suriah

Pemerintah Idlib Bebaskan Warga Italia yang Diculik Kelompok Tak Dikenal

“Kami berhasil membebaskan tawanan dan mengenalnya. Kami juga telah menghubungi pihak berwenang terkait untuk menyerahkannya kepada negara asalnya,” kata ajudan Menteri Dalam Negeri Pemerintah Dararat, Ali Kaddah.

Kamis, 23/05/2019 08:01 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Baca Quran saat Ada yang Sholat

KIBLAT.NET- Bolehkah kita membaca Al Quran saat ada orang yang tengah melaksanakan sholat di dekat...

Kamis, 23/05/2019 05:00 0

Video News

Situasi Terkini Aksi Demo Bawaslu, Pukul 21.50, 22 Mei 2019

KIBLAT.NET, Jakarta –Demonstran melakukan aksi demo menuntut ditindak lanjutinya kecurangan dalam pemilu 2019. Dan inilah...

Rabu, 22/05/2019 23:46 0

Video News

Situasi Terkini Aksi Para Demonstran di Malam Hari

KIBLAT.NET, Jakarta –Demonstran melakukan aksi demo menuntut ditindak lanjutinya kecurangan dalam pemilu 2019. Dan inilah...

Rabu, 22/05/2019 22:22 0

Khazanah

20 Ramadhan 222 H, Akhir dari Pemberontakan Babak Al-Khurmi

Al-Mu’tashim mengirim bantuan uang dalam jumlah yang besar kepada Al-Afsyin yang dibawa oleh komandan berdarah Turki yang bernama Bigho Al Kabir.

Rabu, 22/05/2019 22:02 0

Close