... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Antisipasi Krisis, ACT Terjunkan Ratusan Relawan di Momen 22 Mei

Foto: Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin memaparkan persiapan mitigasi jelang pengumuman hasil pilpres pad 22 Mei 2019.

KIBLAT.NET, Jakarta – Penetapan hasil pemilu serentak 2019 akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei. Sementara, pada hari itu diprediksi akan ada aksi unjuk rasa masyarakat terkait tuntutan hasil pemilu yang adil dan netral, sehingga berpotensi terjadi krisis kemanusiaan.

Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin mengatakan bahwa sebagai lembaga kemanusiaan pihaknya bersiap siaga dan ikut menyiapkan mitigasi risiko krisis di hari pengumuman hasil pilpres 2019. Kesiapsiagaan ini diwujudkan dengan pengerahan relawan serta armada kemanusiaan ACT di titik-titik yang berpotensi krisis.

“Kami telah menggodok strategi mitigasi risiko pengumuman hasil pilpres pada 22 Mei mendatang. Mitigasi di sini tentunya dalam konteks kemanusiaan, di mana ACT bersiaga membantu masyarakat yang mungkin terkena dampak krisis. InsyaAllah, untuk mengantisipasi kemungkinan buruk ini, kami mengerahkan ratusan relawan dan belasan armada kemanusiaan di titik-titik krusial. Bersama, kita jaga Indonesia,” terang Ahyudin di halaman Menara 165, Senin (20/05/2019)

Adapun Senior Vice President ACT, N. Imam Akbari menjelaskan, ACT akan bersinergi dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) untuk menurunkan ratusan relawan dengan berbagai kemampuan, termasuk tenaga medis. Hal ini untuk mengantisipasi adanya korban luka selama masa itu.

“Untuk memfasilitasi pergerakan relawan dan kebutuhan logistik, kami menyiapkan pusat logistik dan kamp bagi para relawan. Kami juga menyiapkan pusat komando yang diintegrasikan dengan dapur sentral, yang akan mengakomodir sekitar dapur umum di sejumlah lokasi yang dekat pusat aksi,” jelas Imam.

BACA JUGA  Haji 2020: Saudi Setujui Usulan Indonesia Soal Pembatas Jamaah Laki-Laki dan Perempuan di Tenda Mina

Imam menambahkan bahwa aksi kesiapsiagaan ini juga didukung armada-armada kemanusiaan yang diturunkan di lokasi-lokasi krusial. Puluhan armada itu meliputi Humanity Food Truck, Ambulans Pre-Hospital, Mobile Water Tank, mobil rescue double cabin, dan beberapa unit motor trail.

“Armada-armada ini dimaksimalkan sesuai fungsinya. Ambulans Pre-Hospital membantu tenaga medis kami dalam menangani korban luka. Mobil rescue dan motor trail membantu mobilisasi tim relawan untuk menjangkau keadaan-keadaan darurat yang sulit diakses kendaraan roda empat. Mobile Water Tank akan menyiapkan kebutuhan air bersih di lapangan. Sementara Humanity Food Truck akan menyiapkan ribuan makanan siap santap,” jelasnya.

Selain itu, ACT juga menyiapkan Indonesia Crisis Center (ICC) sebagai pusat informasi untuk melayani publik dan media terkait krisis kemanusiaan yang diprediksi terjadi usai pemilu. ICC bertempat di Menara 165 lantai 9.

Syuhelmaidi Syukur selaku Senior Vice President ACT mengatakan keberadaan ICC amat penting mengingat pada momen 22 Mei nanti, kevalidan info amat dibutuhkan untuk menghindari kepanikan publik.

“ICC akan menyediakan info valid dari tim kami di lapangan, sehingga bisa menjadi rujukan bagi publik selama momen pengumuman pilpres nantinya. Melalui ICC ini juga, kita saling menggerakkan kepedulian di masa krusial ini,” ujar Syuhelmaidi.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rusia Umumkan Gencatan Senjata Bohongan di Pedesaan Idlib

Bahkan, kata SOHR, salah satu serangan mengenai rumah sakit kota sehingga menyebabkannya rusak dan tidak bisa membuka layanan.

Selasa, 21/05/2019 08:33 0

Wilayah Lain

Narapidana ISIS di Tajikistan Berontak, 29 Tahanan dan 3 Sipir Tewas

Penjara yang terletak di Kota Wahdat itu menampung sebanyak 1.500 tahanan.

Selasa, 21/05/2019 07:54 0

Arab Saudi

Saudi Cegat Rudal Syiah Hutsi Mengarah ke Makkah

Kedutaan Saudi di Washington mengatakan dalam sebuah tweet bahwa kedua rudal itu dicegat di daerah Makkah, yang meliputi Jeddah dan Taif.

Selasa, 21/05/2019 06:50 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Tak Boleh Khatam Quran Kurang dari 1 Pekan?

KIBLAT.NET- Benarkah kita tak boleh mengkhatamkan Al Quran kurang dari 1 pekan? Kenapa? Simak jawabannya...

Selasa, 21/05/2019 05:00 0

Video News

Tanggapan Putra Eggi Sudjana Terkait Penahanan Ayahnya

KIBLAT.NET – JAKARTA, Putra dari Eggi Sudjana, Alfath Tauhidillah memberi tanggapan soal penahanan ayahnya. Seperti...

Senin, 20/05/2019 22:23 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Yuk Bersihkan Hati di Bulan Ramadhan!

KIBLAT.NET- Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan Ramadhan tahun ini. Sebagai Bulan ampunan,...

Senin, 20/05/2019 17:30 0

Khazanah

Hari Kelimabelas Ramadhan, Kelahiran Cucu Rasulullah, Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Tanggal 15 Ramadhan merupakan hari dimana Rasulullah berbahagia karena pada saat itu lahir orang yang paling dicintai Nabi. Dia adalah Hasan bin Ali bin Abi Thalib, cucu Rasulullah putra dari putri beliau, Fatimah Az-Zahra.

Senin, 20/05/2019 16:59 0

Amerika

Strategi “Perdamaian”, AS Dorong Peningkatan Investasi di Palestina

Amerika Serikat mengadakan sebuah workshop ekonomi dengan Bahrain untuk mendorong investasi di wilayah Palestina yang diduduki dalam rangka mendorong "perjanjian damai". Demikian diungkapkan Gedung Putih pada hari Ahad (19/05/2019).

Senin, 20/05/2019 12:04 0

Afrika

Pemerintah GNA Bersiap Usir Pasukan Haftar dari Tripoli

Melalui pernyataan di Facebook pada Sabtu (18/05/2019), pasukan GNA telah dibekali dengan baju lapis baja, amunisi dan senjata berkualitas untuk mempersiapkan serangan terhadap pasukan Haftar.

Senin, 20/05/2019 10:47 0

Afrika

Arab Saudi Kirim Bantuan Rp3,6 Triliun ke Bank Sudan

Dana ini sebagai langkah awal dari total paket bantuan senilai USD 3 miliar yang dijanjikan Saudi dan UEA pada 21 April untuk mendukung stabilitas di Sudan.

Senin, 20/05/2019 10:31 0

Close