... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Hari Kelimabelas Ramadhan, Kelahiran Cucu Rasulullah, Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Tanggal 15 Ramadhan merupakan hari dimana Rasulullah berbahagia karena pada saat itu lahir orang yang paling dicintai Nabi. Dia adalah Hasan bin Ali bin Abi Thalib, cucu Rasulullah putra dari putri beliau, Fatimah Az-Zahra.

Ath-Thabari (2/76) berkata,“Pada tahun ini, yakni tahun ketiga semenjak hijrah, lahir Hasan bin Ali bin Abi Thalib pada pertengahan bulan Ramadhan, bertepatan  dengan tanggal 1 Maret 625 M.

Ibnu Abdil Barr berkata (Al-Isti’ab, 1/484) meriwayatkan dari Ali, ketika Hasan lahir Rasulullah datang seraya bersabda,

“Perlihatkan padaku anak laki-laki. Siapa nama yang kalian berikan padanya?” Aku (Ali) menjawab,” Saya memberinya nama Harb.” Beliau bersabda,“Melainkan namanya adalah Hasan.” Beliau mengaqiqahinya dengan dua ekor domba pada hari ketujuh kelahirannya.(Ats-Tsiqat, 1/220). Beliau juga mencukur gundul kepalanya dan memerintahkan agar mensedekahkan perak seberat rambutnya.

Sering kali Nabi bercanda dengan Hasan bahkan kadang beliau memeluk tubuhnya dan menggendongnya di atas pundak ketika beliau tengah shalat.

Hasan seorang yang bijaksana, wara’ dan penuh keutamaan. Ia memegang tampuk kekhalifahan setelah terbunuhnya ayahnya, Ali bin Abi Thalib. Penduduk Irak berhimpun di sekelilingnya dan berjalan untuk menghadapi Muawiyah dan penduduk Syam. Ketika kedua pasukan saling berhadapan di satu tempat bernama Maskan, dekat wilayah Anbar di Irak.

Hasan menawarkan perjanjian damai dengan ketentuan Muawiyah tidak meminta kepada seorang pun dari penduduk Madinah, Hijaz dan Irak sesuatu yang ia minta pada masa ayahnya, Ali. Muawiyah memenuhi tawaran ini dan dia bagaikan terbang karena gembiranya. Tahun ini disebut sebagai tahun jama’ah karena kaum muslimin bersatu dengan perjanjian damai yang diprakarsai Hasan.

Diriwayatkan dari Ali,“Hasan adalah orang yang mirip dengan Rasulullah untuk bagian kepala hingga dada, sedangkan Husain adalah orang yang paling mirip dengan Rasulullah untuk bagian bawah tubuh.”

Tentang akhlak, hikmah dan kefasihan Hasan ada begitu banyak kisah yang diriwayatkan. Semoga Allah meridhainya dan dia membuat-Nya ridha.

 

Redaktur : Dhani El_Ashim

Sumber : Buku Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan oleh DR Abdurrahman Al-Baghdady

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Strategi “Perdamaian”, AS Dorong Peningkatan Investasi di Palestina

Amerika Serikat mengadakan sebuah workshop ekonomi dengan Bahrain untuk mendorong investasi di wilayah Palestina yang diduduki dalam rangka mendorong "perjanjian damai". Demikian diungkapkan Gedung Putih pada hari Ahad (19/05/2019).

Senin, 20/05/2019 12:04 0

Afrika

Pemerintah GNA Bersiap Usir Pasukan Haftar dari Tripoli

Melalui pernyataan di Facebook pada Sabtu (18/05/2019), pasukan GNA telah dibekali dengan baju lapis baja, amunisi dan senjata berkualitas untuk mempersiapkan serangan terhadap pasukan Haftar.

Senin, 20/05/2019 10:47 0

Afrika

Arab Saudi Kirim Bantuan Rp3,6 Triliun ke Bank Sudan

Dana ini sebagai langkah awal dari total paket bantuan senilai USD 3 miliar yang dijanjikan Saudi dan UEA pada 21 April untuk mendukung stabilitas di Sudan.

Senin, 20/05/2019 10:31 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Bolehkah Membaca Tasbih Saat Membaca Quran?

KIBLAT.NET- Bolehkah kita membaca tasbih saat tengah melantunkan bacaan Al Quran? Simak di sini. Editor:...

Senin, 20/05/2019 05:00 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Hikmah Puasa Ramadhan

KIBLAT.NET- Allah telah memerintahkan kepada umatNya untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Apakah hikmah dari puasa...

Ahad, 19/05/2019 17:30 0

China

Masjid-masjid Besar Uighur yang Dihancurkan Otoritas Cina Sejak 2016

Muslim Uighur mengeluhkan diskriminasi etnis yang meluas, penindasan agama, dan penindasan budaya di wilayah Otonomi Uighur Xinjiang, wilayah Cina barat laut.

Ahad, 19/05/2019 14:47 0

Indonesia

Ada Potensi Kecurangan, Bawaslu Diminta Investigasi Pemungutan Suara Ulang di Malaysia

Ada potensi kecurangan dalam pemungutan suara ulang di malaysia yang menguntungkan salah satu caleg dari partai tertentu

Ahad, 19/05/2019 14:38 0

Indonesia

FSDLK Indonesia Gelar Aksi Simpatik dan Galang Dana Untuk Palestina

Warga Palestina kembali dilanda duka di Ramadhan kali ini dengan bombardir pesawat tempur Israel

Ahad, 19/05/2019 13:50 0

Suriah

HTS Tewaskan Perwira Tinggi Assad dalam Pertempuran Hama

Sumber itu menambahkan bahwa milisi Rusia mengalami luka-luka, setelah pasukan HTS melakukan serangan di desa Hawiz, sebelah barat laut Hama.

Ahad, 19/05/2019 12:37 0

Arab Saudi

Raja Salman Bikin Pertemuan Darurat dengan Para Pemimpin Teluk, Ada Apa?

Empat kapal, termasuk dua kapal tanker minyak Saudi, dilaporkan rusak dalam serangan sabotase misterius pada Ahad lalu di Fujairah, sebuah kawasan yang menjadi pintu masuk penting ke Teluk.

Ahad, 19/05/2019 11:50 0

Close