... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertama di Asia, Taiwan Sahkan RUU Pernikahan Sejenis

Foto: Pendukung LGBTQ di Taiwan

KIBLAT.NET, Taipei – Anggota parlemen di Taiwan telah menyetujui RUU yang mengesahkan pernikahan sesama jenis. Keputusan ini menandai negara pertama di Asia yang melakukannya.

Pemungutan suara dilakukan hampir dua tahun setelah Mahkamah Konstitusi Taiwan memutuskan bahwa hukum yang ada – yang meyatakan pernikahan adalah antara pria dan wanita – tidak konstitusional. Panel hakim memberi waktu dua tahun kepada parlemen untuk mengubah atau membuat undang-undang baru.

Pada hari Jumat (17/05/2019), hanya satu minggu dari tenggat waktu dua tahun, anggota parlemen di Legislatif Yuan Taiwan mengesahkan RUU yang melegalkan pernikahan sesama jenis. UU ini akan mulai berlaku pada 24 Mei.

Puluhan ribu orang turun ke jalan menunjukkan dukungan pernikahan sesama jenis di luar parlemen, di mana anggota parlemen memberikan suara pada tiga rancangan undang-undang.

RUU Kabinet didukung oleh kelompok-kelompok LGBTQ, meskipun pada kenyataannya RUU ini menciptakan undang-undang yang berbeda dengan perkawinan normal. Misalnya, di bawah RUU Kabinet, orang Taiwan tidak dapat menikahi orang asing dari negara-negara yang melarang pernikahan sesama jenis.

Ribuan orang dari aktivis gay membawa payung, bendera pelangi dan plakat pelangi. Mereka berkumpul di tengah hujan lebat di ibu kota Taipei untuk mendukung kesetaraan pernikahan.

Menjelang pemungutan suara, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menulis di Twitter: “Hari ini kita memiliki kesempatan untuk membuat sejarah dan menunjukkan kepada dunia bahwa nilai-nilai progresif dapat berakar dalam masyarakat Asia Timur.”

Meskipun pulau ini memiliki komunitas gay yang besar dan parade kebanggaan gay tahunannya adalah yang terbesar di Asia, masalah kesetaraan pernikahan telah banyak ditolak masyarakat Taiwan. Dalam referendum kontroversial pada November tahun lalu, 67% memilih untuk menolak pernikahan sesama jenis.

Sumber: CNN
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Cina Minta Dukungan Turki Hadapi Kelompok Perlawanan di Xinjiang

Cina menyalahkan kelompok yang disebut Gerakan Islam Turkistan Timur atas serangan-serangan dalam beberapa tahun terakhir di Xinjiang. Tetapi banyak diplomat dan pakar asing meragukan apakah kelompok itu ada benar-benar ada.

Jum'at, 17/05/2019 13:33 0

Indonesia

Pengamat Intelijen: Saya Ragu Akan Terjadi People Power

"Kita lihat bahwa yang menyuarakan people power adalah dari kelompok 02. Kita lihat di internal mereka saja tidak kompak, tidak satu suara," kata Stanislaus.

Jum'at, 17/05/2019 13:21 0

Khazanah

Hari Keduabelas Ramadhan, Wafatnya Penyusun Alfiyyah, Imam Ibnu Malik

Siapa yang tidak tahu dengan kitab Alfiyyah Ibnu Malik? Sebuah kitab fenomenal yang menjadi kitab dasar tata bahasa arab yang dihafalkan para santri di pesantren. Penyusun kitab yang berjudul lengkap Al-Khulasa Alfiyyah ini wafat pada tanggal 12 Ramadhan.

Jum'at, 17/05/2019 13:04 0

Indonesia

Soal Hasil Pemilu, Jokowi Percayakan pada KPU

“Negara kita ini aturan mainnya jelas, konstitusinya jelas, undang-undangnya jelas, aturannya jelas. Ya, diikuti," tutup Jokowi.

Jum'at, 17/05/2019 10:43 2

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Inilah Bahagia yang Sesungguhnya!

KIBLAT.NET- Apakah kebahagiaan yang menurut Islam? Apakah harta? Apakah keluarga? Yuk simak jawabannya di sini!...

Jum'at, 17/05/2019 05:00 0

Indonesia

Dipolisikan, Inilah Kutipan Dr. Ani Hasibuan yang Dipelintir Pewarta

Tak perlu lama bagi kepolisian untuk menindaklanjuti aduan tentang Ani Hasibuan, dokter yang menggugat perlunya investigasi atas kematian 500 lebih anggota KPPS pasca Pemilu 17 Aprl 2019.

Kamis, 16/05/2019 20:32 1

Video Kajian

Ust. Zamroni: Puasa Sebagai Perisai

KIBLAT.NET- Puasa sebagai Perisai, apa maksudnya? Maksudnya adalah saat berpuasa, kita harus membentengi diri dari...

Kamis, 16/05/2019 17:30 0

Indonesia

DPR Dorong Pelaksanaan Rapat Gabungan Bahas Korban Pemilu

Bambang Soesatyo meminta Komisi II DPR RI yang membawahi bidang pemerintahan dalam negeri untuk segera menggelar Rapat Kerja Gabungan dengan KPU, Bawaslu, Kementerian Kesehatan dan Kepolisian untuk mencari tahu lebih detail terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia.

Kamis, 16/05/2019 16:50 0

Artikel

Ramadhan, Momentum Pererat Hubungan dengan Pasangan

Selain momentum untuk memperkuat iman, Ramadhan juga bisa menjadi momentum perkuat hubungan dengan pasangan.

Kamis, 16/05/2019 16:15 0

Info Event

Program Dakwah Visit Dompet Dhuafa USA Mempererat Silaturrahmi Muslim Indonesia di Amerika

Ada ribuan masyarakat Muslim Indonesia yang saat ini menetap di Amerika Serikat, ada kebutuhan dakwah yang sekaligus dapat menyatukan masyarakat Indonesia.

Kamis, 16/05/2019 13:09 0

Close