Jelang Pengumuman Hasil Pilpres, Begini Harapan MUI

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta kepada Komisi Pemilihan Umum untuk menyelesaikan tahapan Pemilu sesuai dengan amanat undang-undang. Waketum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa hal itu dilakukan dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran keadilan transparan dan profesional.

Menrutnya, tindakan tersebut perlu dilakukan supaya semua pihak dapat menerima hasil pemilu sesuai dengan pilihan dan aspirasi politiknya.

“MUI meminta kepada para peserta Pemilu untuk menempuh jalur hukum apabila hasil pemilu nilai ada kecurangan dan dugaan pelanggaran lainnya karena jalur hukum merupakan pilihan bagi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan konstitusi serta paling ringan Tingkat mudaratnya,” ujarnya di kantor MUI Pusat, Jakarta pada Jumat (17/05/2019).

MUI juga meminta kepada masing-masing pasangan calon untuk mentaati komitmen bersama, yaitu menerima hasil pemilu dengan siap menerima kekalahan dan bagi Pasangan calon yang menang diminta untuk tidak mengungkapkan ekspresi kemenangan secara berlebihan.
Adapun bagi Pasangan calon yang kalah, MUI meminta untuk dapat menerima keputusan KPU dengan sabar dan lapang dada.

Kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan media massa, MUI berharap komponen masyarakat tersebut dapat memerankan diri sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Ikut serta membantu mendinginkan suasana agar proses penghitungan suara dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman.

“Kepada aparat kepolisian untuk bertindak tegas, adil, transparan, profesional dan memberikan jaminan perlindungan serta kepastian hukum sehingga masyarakat bisa menunaikan hak hak konstitusionalnya,” tukasnya.

BACA JUGA  Slamet Maarif: Reuni 212 Tahun Ini Ditunda

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat