... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Ramadhan, Momentum Pererat Hubungan dengan Pasangan

KIBLAT.NET – Ramadhan senantiasa dibicarakan sebagai kesempatan untuk memperkuat iman dan hubungan kita dengan Allah SWT, mempraktikkan kesabaran, memperkuat rasa saling pengertian dengan orang lain, dan merekatkan kembali tali silaturahmi dengan keluarga ataupun teman. Namun ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yaitu perihal hubungan dengan suami atau istri. Momentum Ramadhan juga bisa menjadi kesempatan yang pas untuk memperkuat hubungan antara suami dan istri.

Khalid Al Ameri, youtuber asal Uni Emirat Arab menyampaikan beberapa hal yang akan dia lakukan dalam menjalani bulan Ramadhan bersama istrinya, demi mempererat hubungannya dengan sang istri. Berikut adalah lima hal yang akan dilakukan Al Ameri dan disarankan untuk dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa bersama pasangannya.

  1. Shalat Tarawih Berjamaah

Shalat adalah kesempatan bagi kita untuk mengatur ulang, mengintrospeksi diri kita lima kali sehari, dan di bulan Ramadhan juga terdapat tarawih dan witir. Melalui shalat, Anda terhubung dengan Allah, mengungkapkan cinta dan pengabdian Anda kepada-Nya, yang menyisipkan rasa damai dan sukacita ke hati dan jiwa, dan siapa yang lebih baik untuk beralih dengan perasaan itu setelah Anda selesai shalat dan berkata “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” kepada orang yang Anda cintai. Tidak ada apa pun di dunia ini yang akan menumbuhkan cintamu satu sama lain lebih kuat selain melalui cintamu kepada Allah SWT, dan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk meningkatkan upaya-upaya itu.

  1. Kurangi Menonton TV

Kita semua adalah penggemar TV di bulan Ramadhan, dan mudah untuk menghabiskan berjam-jam hanya menatap layar menonton segala sesuatu dari program pendidikan, ke sinetron baru yang tampaknya memiliki tema dramatis yang sama dengan yang tahun lalu. Waktu yang Anda habiskan untuk menonton TV bisa menjadi waktu yang Anda habiskan untuk berbicara satu sama lain, mencoba aktivitas baru bersama, atau hanya sekadar jalan-jalan. Ramadhan bukan alasan untuk malas, jika kita berpuasa dengan cara yang benar, kita seharusnya lebih ringan dan lebih energik, dan energi itu paling baik dihabiskan di depan satu sama lain, bukan di depan TV.

  1. Saling Berbagi Pengetahuan Baru Setiap Hari.
BACA JUGA  Ust. MIftahul Ihsan, Lc: Al Ikhlas sama dengan Sepertiga Al Quran?

Selama Ramadhan, ada banyak acara TV, seminar, dan iklan tentang berbagai topik mulai dari agama, kesehatan, dan pengembangan pribadi yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Jadi buatlah suatu poin untuk berbagi dan mendiskusikan pelajaran-pelajaran itu satu sama lain setiap hari. Dengan saling berbagi pengetahuan seperti itu, itu menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan emosional, spiritual, dan fisik pasangan Anda. Ada banyak jebakan selama bulan Ramadhan yang dapat membuat kita jatuh ke dalam pola makan yang tidak sehat dan kemalasan, tetapi dengan berbagi pengetahuan seperti itu Anda terus-menerus mengingatkan satu sama lain untuk tetap di jalur yang benar dan menghabiskan waktu Anda di bulan Ramadhan untuk membangun pikiran yang lebih sehat, tubuh yang lebih sehat, dan semangat yang lebih sehat.

  1. Buka Puasa Bersama Pasangan

Gunakan Ramadhan untuk menambah keharmonisan dengan pasangan Anda. Tidak ada alasan Anda tidak bisa menjadi romantis selama bulan Ramadhan, dan mengapa tidak menggunakan momen iftar atau berbuka sebagai alasan untuk pergi bersama, memeperbarui hubungan kembali, dan menjelajahi berbagai masakan bersama. Anda dapat membuat malam itu, di mana Anda menjalani iftar Anda kemudian bersantai bersama makanan ringan dan kopi sambil berbicara tentang apa pun. Hal ini adalah cara yang indah untuk memecah rutinitas Ramadhan yang kita semua hadapi, dan benar-benar terhubung satu sama lain di luar acara makan malam keluarga besar dan acara bukber yang kita hadiri sepanjang bulan suci.

  1. Bergantian Membangunkan Sahur
BACA JUGA  Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Bagaimana Jika Puasa Ramadhan Kita Tak Diterima?

Kita semua tahu betapa “sakit”nya dibangunkan sahur di tengah malam, terutama ketika Anda baru saja tertidur sekitar setengah jam sebelumnya. Terdapat banyak manfaat baik dari sisi kesehatan maupun spiritual yang luar biasa dari makan sebelum fajar ini, itulah sebabnya dibutuhkan seseorang yang benar-benar mencintai Anda untuk tidak hanya membangunkan diri untuk manfaat itu, tetapi untuk memastikan Anda mendapat manfaat darinya. Maka disarankan untuk bergiliran membangunkan satu sama lain, memutar tanggung jawab setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah salah satu pihak merasa berperan seperti jam alarm yang melelahkan.

Mengingat unsur-unsur spiritual Ramadhan yang begitu kuat, maka inilah waktu yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan pasangan Anda. Hal ini tentu membutuhkan upaya dan keseriusan di kedua pihak. Jadi saat Anda bergerak maju di Ramadhan ini, pastikan pasangan Anda juga bergerak maju bersama di sisi Anda. Dan Anda juga harus pastikan setiap Anda menjadi lebih baik, pasangan Anda pun seperti itu.

Sumber: Medium
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Media Menjadi Senjata Kunci Taliban Hadapi Perang Informasi

Taliban memiliki 6 majalah dan mempublikasikannya ke dalam Bahasa Pashto, Dari, Urdu, dan Arab.

Kamis, 16/05/2019 14:39 0

Asia

Muslim Sri Lanka Dirundung Ketakutan Akan Aksi Balas Dendam

Masjid-masjid, bisnis milik Muslim dan rumah-rumah dijarah dan dibakar, sementara seorang pria dibunuh oleh perusuh yang menggunakan pedang.

Kamis, 16/05/2019 13:22 0

Info Event

Program Dakwah Visit Dompet Dhuafa USA Mempererat Silaturrahmi Muslim Indonesia di Amerika

Ada ribuan masyarakat Muslim Indonesia yang saat ini menetap di Amerika Serikat, ada kebutuhan dakwah yang sekaligus dapat menyatukan masyarakat Indonesia.

Kamis, 16/05/2019 13:09 0

Amerika

Pentagon Minta Ganti Dana untuk Ongkos Negosiasi Taliban

Awal tahun ini, Pentagon dilaporkan meminta dana kepada Kongres untuk mengganti biaya transportasi dan biaya lain yang dikeluarkan Taliban untuk menghadiri negosiasi damai.

Kamis, 16/05/2019 12:33 0

Opini

Menyikapi Perginya Para Pemimpin Umat

KIBLAT.NET – Kepergian Ustadz Bachtiar Nasir ke Arab Saudi memicu bermacam-macam reaksi dari berbagai kelompok....

Kamis, 16/05/2019 12:24 0

Indonesia

Korban Tewas Terus Berjatuhan, Mer-C Meminta KPU Hentikan Rekapitulasi Suara

MER-C menanggapi pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebut banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia disebabkan karena kelelahan.

Kamis, 16/05/2019 11:59 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Khawatir Ramadhan Kita Tak Diterima

Khutbah Jumat: Khawatir Ramadhan Kita Tak Direrima

Kamis, 16/05/2019 11:34 0

Eropa

Austria Sahkan UU Larangan Jilbab untuk Siswi SD

Austria telah mengesahkan undang-undang untuk melarang gadis muslimah mengenakan jilbab di sekolah dasar. Anehnya, penganut Yahudi Yarmulke dan Sikh tidak termasuk dalam larangan itu.

Kamis, 16/05/2019 11:26 0

Feature

Pejuang Taliban di Medan Perang Digital Meningkat Dua Kali Lipat

Jumlah pejuang Taliban yang menjadi reporter lapangan meningkat dua kali lipat di 34 provinsi Afghanistan

Kamis, 16/05/2019 11:10 0

Khazanah

Hari Kesebelas Ramadhan, Kematian Sang Jagal, Jenghis Khan

Jenghis Khan meninggal dunia di wilayah dekat Joe Wattspada 11 Ramadhan 624 H bertepatan dengan 25 Agustus 1227 M dan dikubur di Mongol. Sepeninggalnya, tampuk kekuasaan dipegang oleh anaknya, Oktay.

Kamis, 16/05/2019 11:00 0

Close