... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Program Dakwah Visit Dompet Dhuafa USA Mempererat Silaturrahmi Muslim Indonesia di Amerika

Foto: Program Dakwah Visit Dompet Dhuafa USA.

KIBLAT.NET, Washington D.C – Ada ribuan masyarakat Muslim Indonesia yang saat ini menetap di Amerika Serikat. Di negara minoritas Islam ini, kebutuhan dakwah yang sekaligus dapat menyatukan masyarakat Indonesia dibutuhkan. Dompet Dhuafa USA melihat harapan tersebut dan merealisasikannya dalam bentuk program Dakwah Visit selama bulan Ramadhan ini.

Lembaga amil zakat yang hadir di Amerika sejak awal 2014 melakukan program halaqoh sebanyak dua sampai tiga kali seminggu di berbagai tempat di wilayah Washington D.C, Maryland, dan Virginia. Jamaah berjumlah 20-50 orang per halaqoh yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan juga masyarakat Indonesia yang telah berganti kewarganegaraan.

“Kami melihat bahwa masyarakat Indonesia yang ada di sini punya semangat besar untuk terus mempelajari Islam dan bersilaturahmi. Jadi kita datangi rumah masyarakat di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan untuk merealisasikan harapan baik tersebut,” kata Emil Ranakusuma, Chairman Dompet Dhuafa USA melalui rilis yang diterima Kiblat pada Kamis (16/05/2019).

Adapun yang menjadi penceramah adalah Ustadz Yunus Khaerisman, orang Indonesia yang telah menetap di AS sejak 2001 dan memperdalam ilmu agama sejak di madrasah di Indonesia hingga pendidikan Islam non-formal di Amerika.

“Saya biasa berceramah dan menjadi imam di Houston, Texas. Sekarang senang rasanya bisa berbagi ilmu agama kepada orang Indonesia,” kata Ustadz Yunus yang juga merupakan Da’i Ambassador Dompet Dhuafa USA.

BACA JUGA  Basic Training Tanggap Darurat Bencana Wahdah Peduli Resmi Dibuka

Selain itu, Dompet Dhuafa USA juga melakukan program penghimpunan zakat fitrah dan mal yang kemudian akan disalurkan ke Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui penyaluran dan pengelolaan zakat.

“Zakat itu wajib bagi Muslim di manapun. Jadi kita disini menjadi media bagi masyarakat Indonesia dan asing untuk menghimpun zakat mereka dan menyalurkannya ke Indonesia untuk membangun bangsa kita,” ujar Emil.

Penyaluran zakat di sini biasanya dilakukan secara online melalui website, transfer bank, Paypal, dan Venmo Dompet Dhuafa USA. Selain itu, juga disediakan program konsultasi zakat secara online maupun offline saat halaqoh.

Biasanya program halaqoh ini dilakukan menjelang berbuka puasa. Setelah itu, dilanjutkan dengan buka puasa bersama hingga shalat tarawih berjamaah.

Reporter: Azzam
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Pentagon Minta Ganti Dana untuk Ongkos Negosiasi Taliban

Awal tahun ini, Pentagon dilaporkan meminta dana kepada Kongres untuk mengganti biaya transportasi dan biaya lain yang dikeluarkan Taliban untuk menghadiri negosiasi damai.

Kamis, 16/05/2019 12:33 0

Opini

Menyikapi Perginya Para Pemimpin Umat

KIBLAT.NET – Kepergian Ustadz Bachtiar Nasir ke Arab Saudi memicu bermacam-macam reaksi dari berbagai kelompok....

Kamis, 16/05/2019 12:24 0

Indonesia

Korban Tewas Terus Berjatuhan, Mer-C Meminta KPU Hentikan Rekapitulasi Suara

MER-C menanggapi pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebut banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia disebabkan karena kelelahan.

Kamis, 16/05/2019 11:59 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Khawatir Ramadhan Kita Tak Diterima

Khutbah Jumat: Khawatir Ramadhan Kita Tak Direrima

Kamis, 16/05/2019 11:34 0

Eropa

Austria Sahkan UU Larangan Jilbab untuk Siswi SD

Austria telah mengesahkan undang-undang untuk melarang gadis muslimah mengenakan jilbab di sekolah dasar. Anehnya, penganut Yahudi Yarmulke dan Sikh tidak termasuk dalam larangan itu.

Kamis, 16/05/2019 11:26 0

Feature

Pejuang Taliban di Medan Perang Digital Meningkat Dua Kali Lipat

Jumlah pejuang Taliban yang menjadi reporter lapangan meningkat dua kali lipat di 34 provinsi Afghanistan

Kamis, 16/05/2019 11:10 0

Khazanah

Hari Kesebelas Ramadhan, Kematian Sang Jagal, Jenghis Khan

Jenghis Khan meninggal dunia di wilayah dekat Joe Wattspada 11 Ramadhan 624 H bertepatan dengan 25 Agustus 1227 M dan dikubur di Mongol. Sepeninggalnya, tampuk kekuasaan dipegang oleh anaknya, Oktay.

Kamis, 16/05/2019 11:00 0

Indonesia

Pemerintah dan KPU Terancam Digugat ke Mahkamah Pidana Internasional

Medical Rescue Committee (Mer-C) menilai pemerintah dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu tahun ini telah abai kemanusiaan

Kamis, 16/05/2019 10:09 0

Palestina

Ribuan Warga Palestina Peringati Hari Nakbah

"Di antara yang terluka, 16 terkena peluru tajam, satu di antaranya kritis, dan 14 lainnya tertembak peluru logam berlapis karet," kata juru bicara Kemenkes Gaza, Ashraf Al-Qudra.

Kamis, 16/05/2019 07:56 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Akhlak Rasul adalah Al Quran

KIBLAT.NET- Istri Rasul, Aisyah RA pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah SAW. Menurut beliau, akhlak Rasul...

Kamis, 16/05/2019 05:00 0

Close