... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Musuh Islam yang Tumbang di Bulan Ramadhan, Abu Thohir Al-Qirmithi Penjagal Jamaah Haji

Foto: Ka'bah dan jamaah haji

KIBLAT.NET – Masih di serial musuh dakwah yang Allah binasakan di bulan Ramadhan, kali ini kita akan membahas salah seorang yang paling berlumur darah kaum muslimin. Dia adalah tokoh Syiah Qoromithoh yang bernama Abu Thahir Al Qirmithi. Tidak hanya bergelimang darah kaum muslimin dia juga mengoyak keagungan kota Mekkah dengan menyerang Mekkah dan merampok Hajar Aswad.

Dia adalah anak dari Abu Sa’id Al-Janabi, seorang pendiri entitas Qaramithoh di Ahissa’ (Saudi bagian timur). Ketika bapaknya meninggal dia merenggut kepemimpinan dari kakak tertuanya. Setelah sampai ke tampuk kekuasaan pada awalnya dia fokus mengatur para pengikutnya terlebih dahulu.

Tidak lama setelah itu, dia memulai pembantaian di muka bumi. Dia menyerang Bashroh dan melakukan pembantaian yang besar. Pembantaian tersebut berangsung selama 17 hari pada Rabiul Awal 311 Hijriah. Dia juga menyerang kafilah haji yang baru pulang dari Mekkah pada tahun 312 Hijriah, dia membunuh banyak jamaah haji dan menawan 2000 orang. Adapun sisanya ditinggalkan tanpa bekal di tengah padang pasir hingga mereka mati kehausan dan kelaparan.

Setelah puas mengagresi Bashroh dia pindah ke Kufah. Dia bergerak menuju Anbar dan menguasainya. Dengan begitu dia menguasai jalur jamaah haji. Hingga para jamaah haji dari Irak tidak ada yang berangkat haji, karena khawatir akan pasukannya Abu Thohir.

BACA JUGA  Hari Ketiga Ramadhan, Wafatnya Fatimah Az-Zahra, Penghulu Wanita di Jannah

Setelah menguasai jalur haji Irak, dia mulai menyerang kota Mekkah. Sehingga pada tahun 317 Hijriah, Abu Thohir memasuki kota Mekkah bersama pasukannya. Agresi demi agresi yang dilakukan oleh Abu Thohir tidak mendapati halangan yang begitu berarti karena kekhaifahan pada kala itu sedang lemah-lemahnya. Bahkan pada tahun yang sama terjadi pemberontakan militer terhadap khalifah Al-Muqtadir billah, meskipun gagal namun ini menandakan kondisi kekhalifahan yang kritis.

Pada tanggal 8 Dzulhijah 317 Hijriah di hari Tarwiyah, Abu Thohir menyerang kota Mekkah dan memasuki masjidil harom dan melakukan pembantaian yang sadis. Tidak ada seorangpun yang selamat. Mskipun telah berlidang di tirai ka’bah. Semua jamaah haji dibantai, tubuh mereka dimasukkan ke sumur Zam-zam. Abu Thohir berkata, “Saya adalah Allah, saya yang menciptakan makhluk dan saya pula yang membuat mereka mati.”

Dia juga melepas kiswah Ka’bah dan merobek-robeknya, menghancurkan pintu Ka’bah dan memerintahkan kepada pasukannya untuk mencongkel Hajar Aswad. Ketika mencongkel Hajar Aswad pasukannya berkata, “Di mana burung Ababil? Mana batu dari Sijjil?” Setelah itu mereka mengambil Hajar Aswad ke tempat mereka dan merampok negeri-negeri sekitar Mekkah dan membunuh sekitar 30.000 orang. Pasca kejadian tersebut ahli sejarah mengatakan bahwa penyelenggaraan haji terhenti hingga tahun 326 Hijriah.

Tak berhenti sampai di situ, mereka terus menebar kerusakan ke negeri-negeri kaum muslimin, karena pada masa itu kekhilafahan Abbasiyah berada pada masa yang lemah, para pemimpinnya saling berperang.  Hingga Allah berikan anugerah kepada umat ini dengan matinya Abu Thohir Al-Qirmithi pada bulan Ramadhan 332 Hijriah pada umur 38 tahun, dan setelah itu hegemoni Qaramithoh semakin menurun. Segala puji bagi Allah yang tidak memanjangkan umur Abu Thohir Al-Qoromithi. Wallahu a’lam bissowab

Penulis: Miftahul Ihsan
Editor: Arju

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Zamroni: Nama Surga untuk Orang yang Berpuasa

KIBLAT.NET- Apakah janji Allah untuk mereka yang berpuasa? Apakah nama surga untuk mereka yang mengerjakan...

Senin, 13/05/2019 17:30 0

Indonesia

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Fahri Hamzah: Satu Nyawa Itu Mahal Harganya

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Fahri Hamzah  mengkritik soal...

Senin, 13/05/2019 16:39 0

Suriah

Agresi Militer Ancam Idlib, Brigade Perlawanan Rakyat Dibentuk

Dua sekutu itu menggulirkan kampanye serangan besar-besaran untuk merebut wilayah yang sudah dibebaskan.

Senin, 13/05/2019 16:18 0

Indonesia

Berikut Hasil Investigasi Kemenkes Terkait Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS

Investigasi tersebut merupakan kerjasama antara Kemenkes dengan dinas kesehatan dan tenaga kesehatan di daerah.

Senin, 13/05/2019 16:09 0

Indonesia

Fahri Hamzah: KPU Tak Perlu Takut Investigasi Kematian Petugas KPPS

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tetap meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak perlu ketakutan dengan upaya masyarakat untuk melakukan investigasi terhadap meninggalnya petugas kpps

Senin, 13/05/2019 15:52 0

Indonesia

Kemendagri Belum Ambil Keputusan Terkait Perpanjangan Izin FPI

Hal ini terkait ijin FPI yang akan berakhir pada Juni 2019 nanti.

Senin, 13/05/2019 15:08 0

Suriah

Milisi Iran Larang Warga Maadan yang Hendak Shalat Tarawih

Milisi Syiah Iran di Madan, sebelah tenggara Raqqah, Suriah dilaporkan melarang warga untuk menjalankan shalat tarawih pada bulan Ramadhan. Menurut mereka, shalat itu tidak ada tuntunan dalam Islam.

Senin, 13/05/2019 14:36 0

Palestina

ACT Bagikan Lima Ratus Paket Berbuka Puasa untuk Palestina

KIBLAT.NET, Gaza –  Sejak hari pertama Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus berupaya memenuhi kebutuhan...

Senin, 13/05/2019 14:34 0

Khazanah

Hari Kedelapan Ramadhan, Kemenangan Tanpa Peperangan (Perang Tabuk)

Pada tanggal 8 Ramadhan tahun 9 H,bertepatan dengan 8 Desember 630 H, kaum Muslimin menyongsong pasukan Romawi hingga ke daerah yang bernama Tabuk. Sebelumnya, ketika Rasulullah mendengar adanya persiapan pasukan yang dilakukan Romawi pasca perang Mu'tah.

Senin, 13/05/2019 14:00 0

Amerika

Lembaga-lembaga Amal di AS Sumbang Jutaan Dolar ke Jaringan Islamofobia

Kelompok-kelompok anti Islam dan Muslim di AS dilaporkan telah mengumpulkan jutaan dolar Amerika dalam bentuk donasi atau sumbangan anonim yang disalurkan melalui sejumlah lembaga amal dan yayasan-yayasan keluarga.

Senin, 13/05/2019 12:40 0

Close