... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lembaga-lembaga Amal di AS Sumbang Jutaan Dolar ke Jaringan Islamofobia

Foto: Islamofobia

KIBLAT.NET, Washington – Kelompok-kelompok anti Islam dan Muslim di AS dilaporkan telah mengumpulkan jutaan dolar Amerika dalam bentuk donasi atau sumbangan anonim yang disalurkan melalui sejumlah lembaga amal dan yayasan-yayasan keluarga. Demikian tulis laporan Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR) mengungkap fenomena tersebut.

Hasil studi yang dirilis pada hari Senin (06/05/2019) pekan lalu itu juga menyoroti meningkatnya daya finansial 39 organisasi Islamofobia terkemuka, di antaranya Middle East ForumDavid Horowitz Freedom Center dan  Clarion Project.

Lebih jauh laporan ini mengungkap bahwa antara 2014 dan 2016, ketiga puluh sembilan organisasi anti-Muslim Amerika itu menikmati akses keuangan sedikitnya USD 1,5 milyar dari berbagai sumber, termasuk sumbangan-sumbangan pribadi, biaya keanggotaan, dan proyek investasi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak USD 125 juta di antaranya merupakan sumbangan dari para donatur yang tidak diketahui identitasnya. Dan, uang sebanyak itu berpindah-pindah tangan melalui lembaga-lembaga amal, termasuk yayasan-yayasan keagamaan.

Manajer advokasi sekaligus peneliti CAIR, Zainab Arain, mengatakan bahwa dari laporan itu menunjukkan adanya hubungan antara filantropi mainstream orang-orang Amerika dengan apa yang disebut sebagai jaringan Islamofobia.

Sebagai institusi pembela hak-hak sipil bagi warga Muslim, CAIR mendefinisikan jaringan tersebut sebagai sebuah kelompok desentralisasi dari organisasi-organisasi dan individu yang memiliki ideologi ekstrim yang sama terkait kebencian terhadap Muslim, dan mereka bekerja sama untuk membangun opini negatif publik dan mempengaruhi kebijakan pemerintah terhadap Islam dan Muslim.

BACA JUGA  Pakistan Minta DK PBB Sidang Darurat Bahas Kashmir

Arain menegaskan, “Secara bersama-sama, jaringan penggalangan dana yang sedemikian ekspansif seperti yang diungkap dalam laporan ini menunjukkan bahwa jaringan Islamofobia tidak boleh dianggap hanya sebagai sebuah fenomena kecil di dalam masyarakat Amerika. Sebaliknya, ini merupakan sisi institusional yang memalukan bagi masyarakat filantropi Amerika.”

Dan memang, beberapa kelompok anti-Muslim yang disorot secara detil dalam laporan ini di antaranya Gatestone Institute yang memiliki koneksi luas. Gatestone Institute adalah lembaga studi berhaluan ekstrim kanan yang diketuai oleh John Bolton, yang juga pernah menjabat sebagai Penasehat Keamanan Nasional periode 2013 s/d 2018.

Selain itu, kelompok Frank Gaffney’s Center for Security Policy juga masuk daftar di dalam laporan CAIR. Menurut Southern Poverty Law Center yang meneliti kelompok-kelompok penebar kebencian, bahwa Gaffney ini adalah seorang advokat ekstrim kanan yang kerap mempromosikan “fantasi paranoid tentang orang-orang Muslim yang menghancurkan Barat dari dalam”. Data lain, Gaffney merupakan seorang veteran Republik yang memiliki hubungan dekat dengan sejumlah pejabat senior di tubuh pemerintahan Trump, seperti penasehat keamanan Bolton dan Menlu Mike Pompeo.

Yang mengejutkan, CAIR menemukan bahwa beberapa kontributor/penyumbang menggunakan rekening-rekening khusus yang memungkinkan mereka bisa secara instan terbebas dari pajak. Mereka juga menggunakan yayasan-yayasan filantropi lainnya untuk menyembunyikan sumbangan mereka ke kelompok-kelompok tertentu.

Sejumlah yayasan donor terkemuka seperti Fidelity Charitable, Vanguard Charitable, dan Schwab Charitable telah menyumbang jutaan dolar kepada organisasi-organisasi anti-Muslim. Bahkan organisasi-organisasi keagamaan seperti Jewish Communal Funddan The National Christian Charitable Foundation juga dilaporkan ikut memberi donasi secara masif ke jaringan Islamofobia.

BACA JUGA  Trump: Negosiasi dengan Taliban Berjalan Sangat Baik

“Ketika sejumlah dana dan yayasan dipertemukan secara ideologis oleh kepentingan jaringan Islamofobia, maka sebagian besar yayasan arus utama akan lebih dari sekedar dimanfaatkan oleh para donatur yang ingin menyembunyikan sumbangan uang mereka kepada kelompok-kelompok kepentingan anti-Muslim,” tulis CAIR.

Hasil studi ini muncul di tengah meningkatnya fanatisme bermotif agama yang berimplikasi terjadinya berbagai serangan Islamofobia terhadap warga Muslim dan fasilitas-fasilitas keislaman di seluruh AS. CAIR berharap laporan hasil penelitian mereka ini akan menginisiasi dialog & diskusi mengenahi pembiayaan dan dampak dari organisasi-organisasi Islamofobia di Amerika.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Jadi, Di Mana Salah UBN?

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA (Ketua MIUMI Aceh) Pemanggilan Ustadz Bachtiar Nasir (UBN)...

Senin, 13/05/2019 12:39 0

Indonesia

UBN Ditersangkakan, Ketua MIUMI Aceh: Sangat Bernuansa Politis

Selain itu, tuduhan yang dialamatkan kepada UBN juga terkesan berlebihan dan mengada-ada.

Senin, 13/05/2019 11:42 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Ini Cara Al Quran Menolongmu di Hari Akhir

KIBLAT.NET- Al Quran kelak akan menolong para ahlul Quran di hari kiamat. Bagaimana Al Quran...

Senin, 13/05/2019 05:31 0

Video Kajian

Ust. Zamroni: Ini Janji Allah untuk Orang Puasa

KIBLAT.NET- Di Bulan Ramadhan, Umat Islam diwajibkan berpuasa Ramadhan. Apakah janji Allah untuk mereka yang...

Ahad, 12/05/2019 17:30 0

Indonesia

MUI Pantau Tayangan Televisi Selama Remadhan

Dengan adanya pemantauan diharapkan televisi nasional mendukung terciptanya suasana khusyuk bagi umat Islam selama Ramadhan

Ahad, 12/05/2019 16:40 0

Indonesia

UBN Ditersangkakan, Ketua MUI Sumbar: Jangan Main-main, Ulama Titik Sensitif Umat Islam

"Saya khawatir tuan-tuan memantik api yang tak akan sanggup tuan-tuan padamkan," tandas Buya Gusrizal

Ahad, 12/05/2019 16:02 0

Indonesia

Terkait Status Tersangka Ustadz Bachtiar Nasir, KH. Nonop Hanafi: Kasus Sangat Dipaksakan

KIBLAT.NET – Inisiator long march Ciamis-Jakarta saat Aksi Bela Islam 212, KH. Nonop Hanafi turut...

Ahad, 12/05/2019 15:13 0

Indonesia

Tim Pencari Fakta Kematian Ratusan Petugas Pemilu Perlu Dibentuk untuk Evaluasi

Bawaslu juga diminta memberikan sikap yang tegas atas adanya indikasi kecurangan yang ditemukan masyarakat

Ahad, 12/05/2019 11:52 0

Khazanah

Hari Ketujuh Ramadhan, Munculnya Burung yang Bisa Berbicara di Aleppo

Di dalam kitab Syadazrat Adz-Dzahab disebutkan bahwa pada tanggal 7 Ramadhan 242 H terjadi peristiwa yang aneh. Penulis kitab itu mengatakan,"Pada hari itu di kota Aleppo ada seekor burung yang jatuh dan menimpa seekor binatang.

Ahad, 12/05/2019 09:00 1

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc : Sudahkah Menangis Karena Al Quran?

KIBLAT.NET- Sudahkah kita menangis karena Al Quran? Apakah keutamaan menangis saat membaca Al Quran? Simak...

Ahad, 12/05/2019 05:00 0

Close