Kemendagri Belum Ambil Keputusan Terkait Perpanjangan Izin FPI

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut belum mengambil keputusan terkait pengajuan perpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam atau yang lebih dikenal FPI. Hal itu sehubungan dengan pihak FPI yang secara resmi belum mengajukan perpanjangan SKT hingga saat ini.

“Secara prinsip belum diambil keputusan terkait diperpanjang atau tidaknya SKT Ormas FPI, karena secara resmi belum ada pengajuan (perpanjangan SKT, red.),” kata Tjahjo di Jakarta, mengutip dari stus resmi Kemendagri, Sabtu (11/05/2019).

Berkenan dengan dengan SKT dari Ormas Front Pembela Islam (FPI) yang akan berakhir pada 20 Juni 2019, Tjahjo menyebut akan melakukan evaluasi terhadap setiap perpanjangan SKT Ormas yang akan habis dan FPI berhak mengajukan perpanjangan.

“Setiap Ormas yang habis masa berlakunya, mengajukan perpanjangan seperti biasa termasuk FPI, kemudian kami akan  evaluasi lintas Kementerian/Lembaga dalam koordinasi Menkopolhukam. FPI sendiri tentunya paham apa yang seharusnya dilakukan sebagai Ormas selama ini,” pungkas Tjahjo.

Sebelumnya, Ketua Umum FPI, KH Shobri Lubis mengatakan pihaknya akan meminta perpanjangan SKT yang akan habis pada Juni 2019 nanti. Dan KH Shobri juga mengaku selama ini FPI selalu mengikuti prosedur yang berlaku. Dan untuk melakukan perpanjangan izin ini, pihak FPI sedang mempersiapkan permohonan kepada yang berwenang.

Reporter: Azzam
Editor: Rusydan

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat