... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Berikut Hasil Investigasi Kemenkes Terkait Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS

Foto: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan tenaga kesehatan di daerah untuk melakukan investigasi penyebab meninggalnya petugas Pemilu 2019 yang jumlahnya mencapai ratusan jiwa.

Dikutip dari situs resmi Kemenkes, telah dilakukan investigasi penyebab kematian petugas pemilu di lima belas provinsi. Hasilnya, diketahui jumlah korban meninggal di DKI Jakarta sebanyak 22 jiwa, Jawa Barat 131 jiwa, Jawa Tengah 44 jiwa, Jawa Timur 60 jiwa, Banten 16 jiwa, Bengkulu 7 jiwa, Kepulauan Riau 3 jiwa, Bali 2 jiwa, Kalimantan Selatan 8 jiwa, Kalimantan Tengah 3 jiwa, Kalimantan Timur 7 jiwa, Sulawesi Tenggara 6 jiwa, Kalimantan Selatan 66 jiwa, dan Sulawesi Utara 2 jiwa.

Berdasarkan laporan dinas kesehatan dari 15 provinsi itu, jika diakumulasikan, ditemukan kematian disebabkan oleh 13 jenis penyakit dan 1 kecelakaan. Tiga belas penyakit tersebut adalah serangan jantung, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergensi, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multi organ. Dan mayoritas usia korban meninggal di kisaran 50-59 tahun.

Sementara terkait jadwal kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dinilai terlalu padat. Kemenkes melalui Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi mengatakan terkait jadwal petugas KPPS perlu dilihat terlebih dahulu jadwal padatnya seperti apa, karena terkait penjadwalan ini perlu pendalaman lebih lanjut dengan KPU.

”Nantinya kita akan bahas bersama KPU untuk perencanaan pemilu mendatang,” katanya di Jakarta, Jumat (10/05/2019).

BACA JUGA  Sembilan Tahanan Ricuh 21-22 Mei Bebas, BHF: Mereka Bukan Kriminal

Ke depannya, lanjut Oscar, petugas pemilu yang dipekerjakan diupayakan mempunyai kondisi kesehatan yang baik, lingkungan pekerjaan yang sehat, tidak merokok dan tidak terpapar asap rokok, ruangan yang cukup luas, dan ritme kerja dan jam kerja di atur dengan baik, serta diberikan porsi istirahat yang cukup.

Reporter: Azzam
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Milisi Iran Larang Warga Maadan yang Hendak Shalat Tarawih

Milisi Syiah Iran di Madan, sebelah tenggara Raqqah, Suriah dilaporkan melarang warga untuk menjalankan shalat tarawih pada bulan Ramadhan. Menurut mereka, shalat itu tidak ada tuntunan dalam Islam.

Senin, 13/05/2019 14:36 0

Palestina

ACT Bagikan Lima Ratus Paket Berbuka Puasa untuk Palestina

KIBLAT.NET, Gaza –  Sejak hari pertama Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus berupaya memenuhi kebutuhan...

Senin, 13/05/2019 14:34 0

Khazanah

Hari Kedelapan Ramadhan, Kemenangan Tanpa Peperangan (Perang Tabuk)

Pada tanggal 8 Ramadhan tahun 9 H,bertepatan dengan 8 Desember 630 H, kaum Muslimin menyongsong pasukan Romawi hingga ke daerah yang bernama Tabuk. Sebelumnya, ketika Rasulullah mendengar adanya persiapan pasukan yang dilakukan Romawi pasca perang Mu'tah.

Senin, 13/05/2019 14:00 0

Amerika

Lembaga-lembaga Amal di AS Sumbang Jutaan Dolar ke Jaringan Islamofobia

Kelompok-kelompok anti Islam dan Muslim di AS dilaporkan telah mengumpulkan jutaan dolar Amerika dalam bentuk donasi atau sumbangan anonim yang disalurkan melalui sejumlah lembaga amal dan yayasan-yayasan keluarga.

Senin, 13/05/2019 12:40 0

Suara Pembaca

Jadi, Di Mana Salah UBN?

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA (Ketua MIUMI Aceh) Pemanggilan Ustadz Bachtiar Nasir (UBN)...

Senin, 13/05/2019 12:39 0

Amerika

Ingin Bunuh Trump, Pria AS Diancam Hukuman hingga 140 Tahun Penjara

Seorang pria menghadapi dakwaan di AS setelah jaksa menuntutnya karena telah mengancam akan membunuh Presiden Donald Trump dan mengirim ancaman bom ke orang lain dan surat berisi bubuk putih yang mencurigakan.

Senin, 13/05/2019 12:00 0

Afrika

Demo Sudan: Energi Baru dan Seruan Keteguhan saat Ramadhan

Mereka berharap bulan suci ini dapat menyuntikkan lebih banyak energi ke dalam aksi protes yang kini telah berlangsung sebulan.

Senin, 13/05/2019 11:23 0

Suriah

Al-Jaulani Turun ke Front Pertempuran di Pedesaan Hama

"Syaikh Abu Muhammad Al-Jaulani, komandan HTS, dari garis depan front desa Hama," tulis Umar dalam postingannya di Channel Telegram, yang dilansir Enabbaladi.net, Ahad.

Senin, 13/05/2019 10:54 0

Suriah

Pemimpin HTS Serukan Mobilisasi Umum untuk Lindungi Idlib

Pemimpin Haiah Tahrir Syam (HTS) Abu Muhammad Al-Jaulani menyerukan para pejuang agar mengangkat senjata untuk mempertahankan Idlib dari kampanye pemboman oleh rezim Bashar Assad dan sekutunya.

Senin, 13/05/2019 10:50 0

Wilayah Lain

Masjid dan Toko Warga Muslim Sri Lanka Diserang Massa

Jam larangan keluar ini berlaku mulai jam enam sore hingga jam enam pagi.

Senin, 13/05/2019 09:13 0

Close