... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KontraS: Wacana Pembentukan Tim Pantau Omongan Tokoh Gaya Orde Baru

Foto: Kepala Divisi Pemantauan Impunitas Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Feri Kusuma dalm diskusi 33 tahun Tragedi Tanjung Priok, Rabu (13-09-2017)

KIBLAT.NET, Jakarta – Deputi Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Feri Kusuma mengkritisi wacana Menkopolhukam Wiranto yang ingin membentuk tim hukum untuk memantau omongan tokoh. Menurutnya, rencana ini jelas berlebihan.

“Semakin keliatan Wiranto itu berlebihan dalam menyikapi kritik dari masyarakat terhadap rezim hari ini. Itu menunjukan sikap resistensi dan juga sekaligus mesti membalas laksana gaya-gaya orde baru dalam pemerintahan hari ini,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (09/05/2019).

Ia menegaskan bahwa sebenarnya tidak perlu bentuk tim kalau hanya untuk menganalisis pernyataan-pernyataan yang ada dimensi pelanggaran hukumnya. Menurutnya, ada kepolisian yang bisa menganalisa itu.

“Institusi kita sudah cukup lengkap. Jangan dibebani lagi uang-uang negara untuk hal-hal yang tidak terlalu penting,” ujarnya.

Feri menekankan bahwa negara hari ini harus terbuka. Artinya, dewasa mau menerima kritik, transparan dan menggunakan kedekatan-kedekatan dialog. Menurutnya, negara tidak lagi menggunakan cara-cara represif.

“Kata-kata seperti itu bernuansa ancaman represif, menciptakan ketakutan bagi orang. Jadi jangan mentang-mentang berkuasa kemudian menciptakan suasana-suasana menghawatirkan,” ucapnya.

Maka, KontraS berpendapat bahwa pernyataan itu diklarifikasi dan ada permintaan maaf. Karena itu sudah membuat suasana semakin terancam dan bisa berpotensi akan menutup ruang-ruang demokrasi.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Zamroni: Inilah Keistimewaan Orang Puasa

KIBLAT.NET- Apa sajakah keistimewaan orang yang berpuasa? Yuk simak pencerahan dari Ust. Zamroni di sini....

Kamis, 09/05/2019 17:30 0

Video Kajian

Peduli Palestina, ACT Sudah Kirim Logistik Senilai 15 Milyar Rupiah

KIBLAT-JAKARTA, Memasuki bulan Ramadhan Gaza kembali dibombardir oleh Zionis Israel. Mendengar hal tersebut, pihak ACT...

Kamis, 09/05/2019 17:16 0

Afghanistan

Bawa Agenda Anti-Islam, LSM Rekanan Amerika Ditarget Taliban

LSM Rekanan Internasional yang jadi target penyerangan Imarah Islam dinilai mengajarkan brutalisme, penindasan, aksi teror, dan menanamkan ideologi anti-Islam

Kamis, 09/05/2019 16:24 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Memaksimalkan Amal di Bulan Ramadhan

Khutbah Jumat: Memaksimalkan Amal di Bulan Ramadhan

Kamis, 09/05/2019 15:59 0

Khazanah

Musuh Islam yang Tumbang di Bulan Ramadhan: Abu Jahal Firaun Umat Ini

Musuh Islam yang Tumbang di Bulan Ramadhan: Abu Jahal Firaun Umat Ini

Kamis, 09/05/2019 13:29 0

Khazanah

Hari Keempat Ramadhan, Penyerahan Bendera Pertama Dalam Islam

Rasul menunjuk pamannya, Hamzah bin Abdul Muthalib, sayyidu Syuhada bersama 30 orang Muhajirin. Saat itu Nabiyullah menyerahkan bendera pertama berwarna putih kepada Hamzah. Pembawa bendera itu adalah Martsad Kannaz bin Hishn Al-Ghanwi.

Kamis, 09/05/2019 10:22 0

Yaman

UEA Rekrut Milisi Separatis, Hubungan dengan Pemerintah Yaman Kian Tegang

UAE berselisih dengan Hadi karena ia beraliansi dengan Partai Reformasi Islam, yang dianggap berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin, yang diklasifikasikan sebagai organisasi teroris oleh UEA, Arab Saudi dan sekutu-sekutunya.

Kamis, 09/05/2019 08:28 0

Afghanistan

Taliban Bantah Kepemilikan Ladang Ganja dan Pabrik Obat-obatan Terlarang

“Media, lembaga kemanusiaan dan organisasi hak asasi manusia dapat pergi ke tempat kejadian dan melihat situasi di sana segera,” seru Ahmad

Kamis, 09/05/2019 07:19 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan: Permisalan Orang yang Membaca Al Quran

KIBLAT.NET- Ramadhan bulan turunnya Al Quran, dan ini permisalan orang yang membaca Al Quran menurut...

Kamis, 09/05/2019 05:00 0

Artikel

Menarik Ulama dari (Intrik) Politik

Meski demikian, seiring datangnya kolonialisme di tanah air, para penguasa lokal seringkali berselingkuh dengan penjajah dan mengkhianati rakyatnya. Para ulama kemudian menyingkir dari pusat kekuasaan, menjauh dan menjalankan fungsi mereka sebagai suluh keilmuan.

Rabu, 08/05/2019 23:51 0

Close