Pemuda Muhammadiyah: Penersangkaan UBN Timbulkan Kegaduhan Baru

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menegaskan bahwa penetapan tersangka Ustadz Bachtiar Nasir sangat mengecewakan umat Islam. Sebab, UBN adalah ulama yang dihormati.

“Hal ini tentu mengecewakan publik khususnya umat Islam karena UBN adalah sosok yang dihormati dan ulama yang disegani,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Rabu (08/05/2019).

Ia juga menyabutkan bahwa penetapan tersangka tersebut berpotensi memunculkan kegaduhan baru terlebih saat ini tahapan Pemilu 2019 belum sepenuhnya selesai. Menurutnya, tidak bisa dinafikkan bahwa UBN adalah salahsatu tokoh penggerak aksi 212 yang belakangan mendukung salahsatu Paslon Presiden.

“Sehingga siapapun yang melihat perkara ini akan menduga kuat bahwa perkara ini lebih kental urusan politiknya daripada penegakan hukumnya itu sendiri,” ujarnya.

Pria yang akrab dengan sapaan Cak Nanto ini juga menekankan bahwa Polri harus melihat bahwa hukum tidak selamanya harus dilihat dari perspektif kepastian hukum. Tetapi juga perspektif keadilan hukum yang dirasakan oleh masyarakat.

Ia juga menyebutkan bahwa UBN telah memberikan klarifikasi bahwa Rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) hanyalah dipinjam untuk pendanaan aksi Ummat dan telah disalurkan kepada yang seharusnya.

“Serta sama sekali tidak terdapat niat dari yang bersangkutan untuk melakukan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang sabagaimana yang disangkakan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat