... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Hari Ketiga Ramadhan, Wafatnya Fatimah Az-Zahra, Penghulu Wanita di Jannah

Foto: Fatimah Az-Zahra

KIBLAT.NET – Tanggal 3 Ramadhan 11 H, bertepatan dengan 21 November 632 M, adalah hari meninggalnya Fatimah Az-Zahra, penghulu kaum perempuan di Jannah sekaligus putri Rasulullah, istri dari sahabat Ali bin Abi Thalib dan ibunda dari dua cucu Rasulullah, Hasan dan Husain.

Ibnu Katsir berkata, “Setelah Rasulullah wafat, berselang enam bulan menurut pendapat yang paling masyhur, putri beliau Fatimah meninggal dunia, dia yang mendapat julukan Ummu Muhammad. Sebelumnya Rasulullah telah menjanjikan bahwa dialah anggota keluarga pertama yang menyusul beliau. Meski begitu, Rasulullah bersabda pada Fatimah

“Tidakkah kamu rida bila kamu menjadi penghulu kaum perempuan penghuni surga?”

Fatimah adalah putri Rasulullah yang paling kecil menurut riwayat yang masyhur, dan sesudah beliau meninggal tidak ada selain Fatimah. Karenanya sangat besar pahala yang diperoleh Fatimah, sebab dialah yang menanggung musibah wafatnya Rasulullah. Dan Nabi sangat mencintai Fatimah, memuliakannya dan berusaha menyenangkan hatinya. Fatimah seorang perempuan penyabar, taat beragama, berbudi, menjaga diri, ahli ibadah dan pandai mensyukuri nikmat Allah. Dan Rasulullah tidak memiliki keturunan kecuali dari Fatimah.

Az-Zubair bin Bakkar berkata,“Diriwayatkan vahwa pada malam pengantin Ali dan Fatimah, Rasulullah berwudhu dan menuangkan air ke Ali dan Fatimah, seraya mendoakan keberkahan bagi anak keturunan keduanya.”

Sepupunya, Ali bin Abi Thalib, menikahinya setelah hijrah, tepatnya 4,5 bulan setelah pertempuran Badar, dan mendatanginya 7,5 bulan berikutnya. Ali memberi mahar berupa baju besinya yang telah retak, seharga 400 dirham. Ketika itu ia berumur 15 tahun lebih 5 bulan. Ia melahirkan Hasan, Husain, Muhsin dan Ummu Kultsum yang dinikahi Umar bin Khattab.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Atha’ bin As-Saib, dari ayahnya dari Ali bahwasannya ketika Rasulullah menikahkan dirinya dengan Fatimah bersama dengan kedatangan Fatimah, beliau mengirim beludru, bantal dari kulit berisi serat, gerinda, kantong air dari kulit dan dua bejana besar.

Ketika Rasulullah wafat, Fatimah Az-Zahra mendapati di dalam dirinya perasaan tidak enak kepada Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah Rasulullah disebabkan harta warisannya. Ibnu Katsir mengisahkan,“Ketika Fatimah jatuh sakit, Abu Bakar As-Siddiq datang dan masuk menemuinya untuk meminta ridanya, Abu Bakar berkata,

“Demi Allah, aku tidak meninggalkan rumah, harta, keluarga dan kaum kerabat kecuali karena mengharap Rida Allah dan Rida Rasul-Nya, juga rida kalian wahai Ahli Bait.” Akhirnya Fatimah menjadi rida. (HR. Baihaqi)

Ada yang mengatakan, Fatimah tidak tertawa dalam masa hidupnya setelah meninggalnya Rasulullah. Ia terpuruk karena sedih atas kepergian Rasulullah dan rasa rindu kepada beliau. Fatimah-lah yang mengatakan kepada Anas kata-kata masyhur berikut,

“Wahai Anas, tega sekali kalian mengebumikan Rasulullah.” (HR Bukhari:4202 dan Ad-Darimi:92)

Menjelang kematiannya, Fatimah berwasiat kepada Asma binti Umais, istri Abu Bakar As-Siddiq, agar dia yang memandikan dirinya bersama Ali bin Abi Thalib dan Salma Ummu Rafi’. Ada yang mengatakan : juga Al-Abbas bin Abdul Muthalib.

Ada perbedaan pendapat tentang usia Fatimah ketika meninggal. Ada yang berpendapat 27 tahun dan ada yang berpendapat 28 tahun. Ada juga yang mengatakan 29 tahun. Fatimah-lah orang pertama yang keranda jenazahnya ditutup dengan kain setelah jenazahnya diangkat. Yang menshalatinya adalah suaminya, Ali. Ada yang berpendapat Al-Abbas. Ada juga yang beranggapan Abu Bakar As-Siddiq.

Fatimah dimakamkan di kuburan Baqi’ pada malam hari, yaitu malam selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 11 H.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari buku Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan oleh DR Abdurrahman Al-Baghdady.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

UBN Tunda Datangi Panggilan Pemeriksaan Polisi, Ini Alasannya

UBN dipanggil Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus BareskrimPolri untuk dimintai keterangan sebagai tersangka dugaan TPPU

Rabu, 08/05/2019 14:03 0

Opini

People Power Bukan Makar

People Power bukanlah termasuk serangan yang ditujukan untuk “meruntuhkan atau menggulingkan pemerintahan”,

Rabu, 08/05/2019 11:40 0

Palestina

Qatar Siapkan Bantuan 6,873 Triliun Rupiah untuk Palestina

Dukungan Qatar ini akan berkontribusi meringankan beban rakyat kami dan mendukung mereka menghadapi tantangan dan memperkuat ketabahan mereka

Rabu, 08/05/2019 11:38 0

Indonesia

HNW Tegaskan Penersangkaan Ustadz Bachtiar Nasir Bentuk Kriminalisasi Ulama

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid menanggapi penersangkaan Ustadz Bachtiar Nasir.

Rabu, 08/05/2019 08:00 0

Indonesia

KH Shobri Lubis: FPI Akan Perpanjang Izin Ormas

Ketua Umum FPI, KH Shobri Lubis mengatakan pihaknya akan meminta perpanjangan izin.

Rabu, 08/05/2019 07:35 0

Afrika

Dewan Militer Sudan Ingin Syariat Islam dan Kearifan Lokal Jadi Sumber Konstitusi

DMT menunjukkan bahwa proposal tersebut tidak mengacu pada Syariat Islam

Rabu, 08/05/2019 07:34 0

Indonesia

FPI: Penersangkaan UBN Memancing Emosi Masyarakat

Ketua Umum FPI, KH Shobri Lubis mengecam penetapan tersangka Ustadz Bachtiar Nasir.

Rabu, 08/05/2019 07:08 0

Video Kajian

Ust. Miftahul Ihsan, Lc: Agar Kau dapat Syafaat dari Al Quran

KIBLAT.NET- Bagaimana agar kita mendapat syafaat dari Al Quran di bulan Ramadhan ini? Yuk simak...

Rabu, 08/05/2019 05:00 0

Indonesia

Bulan Ramadhan, ACT Masifkan Bantuan untuk Palestina

Hal tersebut berkaitan dengan serangan udara Israel yang menghancurkan Gaza dua malam menjelang Ramadhan.

Selasa, 07/05/2019 21:32 0

Indonesia

UBN Dijerat TPPU, Kasus Rekening Gendut Perwira Polri Hingga Dana Teman Ahok Dipertanyakan

Kasus dana transferan ke rekening Teman Ahok sebesar Rp30 miliar saat ini menguap tak jelas rimbanya

Selasa, 07/05/2019 18:46 0

Close
CLOSE
CLOSE