Puluhan Roket Sasar Pangkalan Udara Rusia di Suriah

KIBLAT.NET, Lattakia – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Senin (06/05/2019), bahwa pasukannya berhasil menghalau serangan roket ke pangkalan Humeimim di Suriah. Serangan ini terjadi berbarengan dengan pertempuran sengit yang meletus antara militer Suriah dan pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam di pinggiran Idlib.

“Pangkalan Humeimim hari ini menjadi sasaran dua kali serangan roket, yang terjadi pada pagi dan malam hari. Roket itu terpantau ditembakkan dari arah timur Jabal Zawiyah di provinsi Idlib yang dikontrol oleh HTS,” kata Kepala Pusat Humeimim untuk Rekonsiliasi Pihak yang Berkonflik di Suriah, Mayor Jenderal Victor Kubcichin, dalam sebuah pernyataan pers, Senin.

Ia menunjukkan, roket yang menargetkan pangkalan sebanyak 36 roket. Sistem pertahanan udara Humeimim berhasil menghalau seluruh roket tersebut. Tidak ada korban maupun kerugian material.

Kubcichin menambahkan semua titik lokasi peluncurkan roket berhasil diidentifikasi. Lokasi-lokasi itu segera dibombardir oleh jet tempur Rusia dan pasukan darat Suriah.

Ini merupakan kesekian kalinya pangkalan udara Rusia itu mendapat serangan langsung dari para pejuang oposisi di Suriah utara. Beberapa kali misil jarak jauh mengincar pangkalan itu.

Penargetan pangkalan Humeimim terbaru ini terjadi di saat Rusia meluncurkan kampanye eskalasi udara di daerah-daerah yang dibebaskan Idlib dan Hama. Gempuran itu berlangsung selama sepekan.

Di hari yang sama, pertempuran sengit meletus antara militer rezim dan pejuang HTS di pedesaan Idlib dan Hama. Sebanyak 43 personil dari kedua pasukan yang berlawanan tewas, menurut laporan lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR).

Sumber: Shaam Network
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat