... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua DPR Imbau Semua Pihak Hentikan Kegaduhan Politik Sepanjang Bulan Ramadhan

Foto: Ketua DPR-RI, Bambang Soesatyo.

KIBLAT.NET– Jakarta, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Bambang Soesatyo mengimbau masing-masing kubu kekuatan politik untuk menghentikan kegaduhan politik sepanjang periode hari besar keagamaan. Bamsoet berharap agar bulan suci Ramadhan 1440 H tahun ini dijadikan momentum pemulihan hubungan baik antarkomunitas yang selama ini berseberangan karena sentimen politik.

Menurut Bamsoet, pemulihan hubungan baik itu hendaknya diawali dengan kesadaran bersama untuk berhenti menyemburkan ujaran kebencian, berhenti saling tuduh, berhenti saling ancam, dan tidak lagi membuat pernyataan provokatif.

“Pada periode bulan suci ini, semua kekuatan politik patut peduli dan menghormati masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Agar masyarakat fokus dan khusyuk, ruang publik hendaknya bersih dari segala sesuatu yang berpotensi menganggu atau merusak kesakralan bulan suci Ramadhan,” ungkap Bamsoet melalui rilis yang diterima Kiblat, Ahad (05/05/2019).

Bamsoet memaparkan, dua pekan lebih setelah pemungutan suara Pemilu 2019, sebagian masyarakat merasa tidak nyaman, karena ruang publik masih terasa sangat bising. Kebisingan itu disemburkan oleh dua kubu yang paling berkepentingan dengan hasil perhitungan suara pemilihan presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Isu tentang kecurangan terus dihembuskan kedua kubu.

“Kebisingan itu memancing perhatian sebagian publik. Ada yang menanggapinya dengan dengan sikap biasa-biasa saja. Namun, tak sedikit juga yang terpancing emosinya. Perilaku emosional yang dipertontonkan, kendati hanya dengan pernyataan yang provokatif, tak pelak membuat beberapa kalangan cemas atau khawatir,” jelasnya.

BACA JUGA  Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri Minta Gus Muwafiq Taubat

Ia mengatakan di kalangan akar rumput pun sempat tergoda menyoal isu people power yang diwacanakan oleh kalangan tertentu. Perbincangan tentang hal-hal seperti ini bermunculan karena perang pernyataan atau saling tuduh tentang kecurangan pemilu tak pernah reda. Para tokoh masyarakat sudah menggemakan imbauan agar saling tuduh itu tidak diteruskan. Namun, imbauan itu seperti dianggap angin lalu saja.

“Karena itu, bulan Suci Ramadhan patut untuk dijadikan momentum bagi semua  kekuatan politik untuk menahan diri, dan membantu masyarakat di berbagai daerah mewujudkan pemulihan hubungan baik antarkomunitas,” ungkapnya.

“Sudah barang tentu tidak akan dipersalahkan jika masing-masing kubu kekuatan politik terus bergiat mengumpulkan bukti-bukti kecurangan. Namun, setiap temuan hendaknya disikapi dengan perilaku yang elegan, tanpa harus memancing atau mengoyak emosi publik,” pungkas Bamsoet.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Hidupkan Bulan Suci Ramadhan, One Care Datangkan 12 Imam dari Timur Tengah

Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H/ 2019 M lembaga kemanusiaan One Care kembali mendatangkan 12 syaikh asal Timur Tengah. Para syaikh akan mengisi road show safari Ramadhan di 90 kota di penjuru Indonesia.  

Ahad, 05/05/2019 12:08 0

Foto

(FOTO) Ramadhan 1440 H, Persiapan Muslim di Berbagai Belahan Dunia

Bulan Ramadhan 1440H akan datang dalam hitungan jam. Umat Islam di seluruh dunia telah menanti-nanti untuk mengharapkan barokah dan kemuliaan di bulan yang suci ini.

Ahad, 05/05/2019 12:00 0

Pakistan

PBB Masukkan Ulama Pakistan dalam Daftar Teroris Global

Badan dunia PBB pada hari Rabu (01/05/2019) memasukkan nama Masood Azhar, pemimpin kelompok jihadis di Pakistan, ke dalam daftar “teroris global” setelah Cina menarik kembali keberatannya atas langkah tersebut.

Ahad, 05/05/2019 11:24 0

Arab Saudi

Hilal Tak Terlihat, Saudi Isyaratkan 1 Ramadhan 1440 H Hari Senin

Pengamat bulan Arab Saudi mengatakan bahwa hilal bulan Ramadhan tidak terlihat pada hari Sabtu (04/05/2019).

Ahad, 05/05/2019 11:19 0

Video News

Pesan Ust. Bachtiar Nasir untuk Ramadhan 2019

KIBLAT.NET- Ust. Bachtiar memberi pesan untuk Ramadhan tahun ini yang akan panas dengan polemik politik....

Sabtu, 04/05/2019 10:56 0

Amerika

Pompeo: Karena Al-Qaidah dan Iran, AS Tetap Dukung Koalisi Arab di Yaman

"Kita harus berkomitmen untuk melindungi Amerika Serikat dalam rangka menghilangkan ancaman Al-Qaidah teroris di Yaman," lanjutnya.

Sabtu, 04/05/2019 10:56 0

Video News

Abdul Chair Ramadhan Komentari People Power dan Kecurangan Pemilu 2019

KIBLAT.NET- Ketua HRS Center, Abdul Chair Ramadhan memberi komentar terkait kecurangan yang terjadi di Pemilu...

Sabtu, 04/05/2019 10:53 0

Afghanistan

Taliban ke AS: Jangan Minta Kami Letakkan Senjata!

“Khalilzad harus melupakan gagasan meletakkan senjata," tulis Mujahid.

Sabtu, 04/05/2019 08:37 0

Palestina

Jet Israel Kembali Bom Gaza, Dua Pejuang Hamas Gugur

Militer Israel mengaku serangan itu respons terhadap tembakan dari Gaza selatan yang melukai dua tentara Israel.

Sabtu, 04/05/2019 07:41 0

Video News

Kiblat Review: Ijtima Ulama III dan Pemilu 2019

KIBLAT.NET- Ijtima Ulama 3 telah digelar pada 1 Mei 2019 yang lalu. Apa sajakah yang...

Jum'at, 03/05/2019 19:42 0

Close