... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pejuang Idlib Serang Milisi Pro-Assad, Belasan Tewas Puluhan Terluka

Foto: Bendera HTS

KIBLAT.NET, Aleppo – Setidaknya 17 tentara pemerintah Suriah dan sekutu mereka tewas dalam serangan dua kelompok oposisi di Suriah utara, Aleppo. Demikian laporan Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah, dikutip Al-Jazeera.

“Sekitar 30 orang lainnya juga terluka dalam serangan pada Sabtu (27/04/2019) pagi oleh Haiah Tahrir Syam (HTS) dan sekutunya Hurras al-Deen,” kata lembaga itu menambahkan.

Sementara kantor berita Ibaa milik HTS mengatakan serangan itu menewaskan lebih dari 20 tentara. Ia menambahkan serangan itu sebagai pembalasan atas serangan bom yang dilakukan militer Suriah dan Rusia terhadap wilayah sipil dalam beberapa hari terakhir.

“Serangan pada hari sabtu di pedesaan selatan dan barat daya provinsi Aleppo diluncurkan tak lama setelah serangan tengah malam, dan memicu bentrokan yang berlanjut hingga subuh,” kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium.

Dia mengatakan pertempuran mereda setelah pesawat Rusia menyerang posisi kelompok-kelompok oposisi, mendorong para pejuang untuk mundur. Dia menambahkan, delapan pejuang gugur. Serangan pesawat Rusia berlanjut ke provinsi tetangga di Hama. Menurut lembaga itu, lima warga sipil.

Sehari sebelumnya, serangan Rusia menewaskan sedikitnya 10 warga sipil di provinsi Idlib, wilayah di bawah kendali HTS dan sekutunya.

Rusia dan Turki pada September menandatangani kesepakatan zona penyangga untuk mencegah serangan besar-besaran pemerintah terhadap Idlib, tetapi kesepakatan itu tidak pernah dilaksanakan.

BACA JUGA  Serangan Udara Meningkat, Sekolah-sekolah di Idlib Diliburkan

Wilayah yang dihuni sekitar tiga juta orang itu telah mengalami peningkatan pemboman sejak HTS mengambil kendali penuh pada Januari.

Serangan udara Rusia terbaru terjadi setelah dua hari pembicaraan tentang konflik Suriah antara Turki, Rusia dan sesama pendukung pemerintah Iran di Kazakhstan awal pekan ini.

Tiga pihak tersebut mewaspadai meningkatnya kekuatan HTS di Idlib dan bagian-bagian provinsi yang berdekatan. Mereka bertekad untuk mengeliminasi kelompok tersebut.

Perang Suriah telah menewaskan ratusan ribu orang dan jutaan mengungsi yang dimulai dengan penindasan berdarah oleh rezim Bashar Assad terhadap protes anti-pemerintah pada 2011.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bawaslu Temukan 25 Kasus Money Politic, KPU: Itu Positif

Ia mengklaim bahwa temuan tersebut menunjukkan hasil yang positif.

Sabtu, 27/04/2019 19:00 0

Editorial

Editorial: Kita Yang Tak Jauh Lebih Baik dari Kongo

Apa yang terjadi di Kongo sesungguhnya tak begitu jauh berbeda dengan apa yang kita alami di negeri ini. Kecurangan dalam proses transisi kepemimpinan memang selalu terjadi di mana saja. Sudah tabiat manusia selalu ingin berkuasa, berapapun harganya.

Sabtu, 27/04/2019 17:41 0

Opini

Bom Srilanka atau Pilpres Indonesia, Manakah Bencana Sesungguhnya?

Dari perbandingan dua kejadian: pemboman di Sri Lanka, dan pemilu di Indonesia, keduanya sama-sama mematikan, dan memiliki jumlah korban yang hampir sama. Kesimpulan saya pribadi, kematian karena proses pemilu ternyata dianggap wajar oleh dunia internasional.

Sabtu, 27/04/2019 15:30 0

Artikel

Ilusi Pesta Demokrasi

Media-media yang menjadi kepanjangan tangan oligarki, membuat kita tanpa sadar mengira sedang menikmati satu tayangan ilusi yang dicitrakan sebagai ‘pesta demokrasi.’ Membiarkan rakyat (merasa) memiliki kebebasan memilih. Padahal para oligark-lah yang menentukan siapa yang berhak tampil dalam kontestasi ini.

Sabtu, 27/04/2019 15:06 0

Indonesia

Jazuli: Suara Elektoral PKS Naik Berkat Dukungan Ulama

Tentu hal ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat luas utamanya dari para ulama, kyai, dan habaib serta berbagai komponen umat dan rakyat.

Sabtu, 27/04/2019 12:23 0

Indonesia

DSKS Gelar Aksi Sikapi Kisruh Pemilu 2019

Dewan Syariah Kota Surakarta mengadakan aksi serta audensi dengan Komisi Pemilihan Umum Surakarta di kantor KPU Surakarta.

Jum'at, 26/04/2019 22:47 0

Indonesia

Begini Cerita Anak Petugas TPS yang Meninggal Pasca Pemilu

Salah satu dari ratusan korban yang meninggal dunia bernama Fransiskus Asis Ismantara (52)

Jum'at, 26/04/2019 19:31 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Ini Alasan untuk Jangan Jauhi Al Quran

KIBLAT.NET- Banyak Umat Islam yang menjauhi Al Quran, bahkan tidak membacanya sama sekali. Padahal, kelak...

Jum'at, 26/04/2019 18:15 0

Suara Pembaca

Lazish Amanatul Ummah Poso Bantu Korban Banjir Sentani

Lazish Amanatul Ummah Poso Bantu Korban Banjir Sentani

Jum'at, 26/04/2019 17:57 0

Video News

Serambi Kiblat: Pilpres Menang atau Kalah, ke Mana Arah Umat Islam?

KIBLAT.NET- Pemilu 2019 telah usai, itu berarti perhitungan suara dari setiap TPS pun dihitung. Nomor...

Jum'at, 26/04/2019 17:00 0

Close