... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tahun Ini, DDII Kirim 200 Da’i Ramadhan ke Pedalaman dan Luar Negeri

Foto: Da'i Ramadhan DDII

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) kembali mengirim da’i ramadhan ke pedalaman. Ketua Umum Dewan Da’wah Mohammad Siddik mengatakan, lembaganya menempatkan 200 da’i dan da’iyah untuk mendampingi masyarakat dalam memakmurkan Ramadhan 1440 H/2019.

“Melalui Program Kafilah Da’wah (Kafda), kami menempatkan 200-an dai ke pedalaman Nusantara hingga keluar negeri. Para da’i tersebut berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir dan Akademi Dakwah Indonesia (ADI),” ujar Siddik dalam siaran siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Jumat (26/04/2019).

Sementara itu, Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir (STID M Natsir), Ustadz Dwi Budiman berharap, para kader bisa mengambil pejaran sebanyak-banyaknya dari program kafilah dakwah. Sehingga dapat dipraktekan ketika mengabdi di pedalaman selama dua tahun.

“Meski latihan, tetapi itulah kegiatan dakwah sesungguhnya. Karena itu, kami menyiapkan mahasiswa dengan mengikuti pelatihan selama enam semester, mulai dari mengelola pelatihan membaca quran, thibun nabawi sampai program memandikan jenazah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi mengamanatkan kepada para dai untuk menjaga niat dan keikhlasan dalam berdakwah serta dapat menahan dari setiap tantangan dan godaan yang mampu menjerumuskan ke dalam nilai-nilai yang menyimpang dari dakwah. Serta mampu menjaga nama baik Dewan Da’wah dan Allahu Yarham Mohammad Natsir.

“Mereka mengenal antum bukan hanya sebagai dai saja, tapi juga sebagai bagian dari keluarga besar Dewan Da’wah. Maka, manfaatkan kafilah dakwah dengan baik sehingga bisa mempraktennya di waktu yang akan datang,” katanya.

BACA JUGA  MS Kaban: Negara Rugi Jika FPI Dibubarkan

Sebelum diberangkatkan jelang Ramadhan ini, para peserta Program Kafilah Da’wah mengikuti pelatihan pembekalan yang diselenggarakan kampus masing-masing dan Laznas Dewan Da’wah.

Materi pelatihan meliputi orientasi dan pemetaan da’wah, komunikasi massa, penyusunan progress and reporting, dan pelatihan lifeskill praktis seperti daur ulang sampah domestik dan terapi bekam.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Ramadhan… Sebuah Titik Balik

Ramadhan selalu menjadi titik balik positif dalam kehidupan banyak Muslim.

Jum'at, 26/04/2019 11:27 0

Timur Tengah

Seorang Wanita UEA Terbangun Setelah 27 Tahun Koma

Seorang wanita Emirat membuka matanya dan kembali sadar setelah mengalami koma selama 27 tahun disebabkan oleh cedera otak yang serius. Demikian informasi dari keluarganya pada Rabu (24/04/2019).

Jum'at, 26/04/2019 11:01 0

Asia

Salah Hitung, Sri Lanka Revisi Jumlah Korban Bom dari 359 Menjadi 253

Revisi ini akan meningkatkan tekanan pada pemerintah yang sudah gagal mengantisipasi serangan dengan mengabaikan informasi intelijen. Kegagalan itu diikuti dengan pengunduran diri seorang pejabat pertahanan atas.

Jum'at, 26/04/2019 10:15 0

Afrika

Demonstran Sudan Lanjutkan Aksi, Tuntut Pemerintahan Diserahkan Sipil

Ribuan orang terus berdemonstrasi di luar markas tentara di ibukota Khartum untuk menuntut Dewan Transisi Militer (MTC) yang berkuasa menyerahkan kekuasaan kepada otoritas sipil.

Jum'at, 26/04/2019 09:51 0

Tarbiyah Jihadiyah

Mengenal Masyarakat Jahiliyah Bersama Sayyid Quthb

Masyarakat jahiliyah seringkali diartikan sebagai masyarakat yang masih tertutup kebodohan. Apakah benar seperti itu?

Kamis, 25/04/2019 23:20 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Berjuang di bawah Bimbingan Wahyu

Khutbah Jumat: Berjuang di bawah Bimbingan Wahyu

Kamis, 25/04/2019 17:24 0

Yaman

Dituduh Mata-mata, Seekor Burung Hering Ditahan Milisi Yaman

Seekor burung pemakan bangkai yang menyeberang ke Yaman untuk mencari makanan berakhir di tangan milisi Yaman.

Kamis, 25/04/2019 15:01 0

Qatar

Pendiri FIS Aljazair Meninggal Dunia di Qatar

"Abassi Madani meninggal pada usia 88 tahun di rumah sakit Doha setelah menderita sakit yang lama," kata rekannya sesama pendiri, Ali Belhadj, yang mendapat kabar tersebut dari kerabat Madani.

Kamis, 25/04/2019 14:02 0

Wilayah Lain

Selandia Baru Beri Izin Tinggal Permanen Para Korban Serangan Teror Christchurch

"Kami sangat bahagia," imbuhnya seraya berharap semua orang memenuhi persyaratan sebgaimana mestinya.

Kamis, 25/04/2019 13:42 0

Arab Saudi

Arab Saudi Terjunkan Angkatan Udara untuk Lindungi Mekkah

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan bahwa angkatan udara kerajaan telah dikerahkan untuk melindungi kota suci Mekkah dari segala ancaman potensial.

Kamis, 25/04/2019 11:57 0

Close