... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pendiri FIS Aljazair Meninggal Dunia di Qatar

Foto: Pendiri FIS Aljazair, Abbasi Madani

KIBLAT.NET, Doha – Pendiri partai oposisi Aljazair yang mendorong pembentukan negara Islam meninggal pada Rabu (24/04/2019) di Qatar, tempat dia tinggal dalam pengasingan.

“Abassi Madani meninggal pada usia 88 tahun di rumah sakit Doha setelah menderita sakit yang lama,” kata rekannya sesama pendiri, Ali Belhadj, yang mendapat kabar tersebut dari kerabat Madani.

Madani, yang telah tinggal di Qatar sejak 2003, mendirikan Front Keselamatan Islam (FIS) bersama Belhadj pada 1989. Ia menyerukan perjuangan bersenjata pada 1992 setelah militer Aljazair membatalkan pemilihan legislatif multi-partai pertama negara itu yang dimenangkan FIS.

Menurut laporan, konflik yang berkelanjutan telah memakan korban hingga 200.000 orang tewas. “Madani ingin dimakamkan di Aljazair, tetapi saya tidak tahu apakah itu mungkin,” kata Belhadj menambahkan.

Mantan kepala sayap bersenjata FIS Madani Mezrag juga mengonfirmasi kematian Madani. Kepada AFP, dia mengatakan telah diberi tahu oleh kerabat keluarga.

Madani dianggap memiliki peran sentral dalam konflik yang panjang di negara itu antara pasukan keamanan melawan kelompok-kelompok bersenjata Islam.

Dia dipenjara pada 1991, hingga akhirnya menyerukan diakhirinya kekerasan pada 1999, di mana kelompoknya meletakkan senjata. Madani dibebaskan pada tahun 2003 setelah menjalani hukuman 12 tahun, namun dilarang dari kegiatan politik apa pun.

Madani meninggalkan Aljazair dengan alasan kesehatan setelah kembali menyerukan perjuangan bersenjata dan pindah dari Malaysia ke Arab Saudi lalu ke Qatar.

BACA JUGA  Raja Saudi Undang Emir Qatar ke KTT GCC, Upaya Rekonsiliasi?

Di pengasingan, dia mengecam invasi AS ke Irak dan menyerukan warga Aljazair untuk memboikot pemilu pada tahun 2012. Kematiannya menyusul pergolakan politik di tanah airnya setelah presiden lama Abdelaziz Bouteflika digulingkan oleh protes massa.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pemilu Memakan Korban, Fahri Hamzah: Ada Kesalahan Sistemik

Fahri menyebyt korban berjatuhan di Pemilu akibat adanya kesalahan sistemik dalam menata regulasi dan kelembagaan Pemilu, serta juga kultur daripada petugas Pemilu

Kamis, 25/04/2019 14:00 0

Suara Pembaca

Bantu Hasni, Istri Seorang Ustadz Penderita Kanker Ganas!

Hidup berarti menjalani semua suratan takdir yang sudah Allah tetapkan, baik buruknya, susah senangnya, termasuk...

Kamis, 25/04/2019 11:14 0

Artikel

Muslim Krimea di Bawah Ancaman Persekusi dan Pengusiran Rusia

Rusia sudah lama menargetkan komunitas Tatars dengan berbagai macam ancaman termasuk penahanan secara ilegal dan ancaman-ancaman lainnya.

Kamis, 25/04/2019 11:00 0

Indonesia

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Din Syamsuddin: Sistem Pemilu Harus Direvisi

"Ini harus segera direvisi. Bahkan MUI akan mendesak bahkan bila perlu memberikan prakarsa untuk kelurusan kiblat bangsa ini terkait dengan politik"

Kamis, 25/04/2019 10:43 0

Indonesia

Banyak Petugas TPS Meninggal, KSHUMI Duga Ada Kelalaian KPU

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI) Chandra Purna Irawan menanggapi banyaknya petugas TPS yang meninggal

Rabu, 24/04/2019 21:40 0

Indonesia

Petinggi KPU Bisa Dipidana Terkait Salah Input Data

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI) Chandra Purna Irawan menyatakan perlunya proses pidana dilakukan terhadap petinggi Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Rabu, 24/04/2019 21:13 1

Opini

Merenungi Harga Mahal Demokrasi

Sebagai seorang muslim, mungkin kita harus memikirkan kembali kelayakan demokrasi untuk dihargai semahal ini.

Rabu, 24/04/2019 18:13 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Pandai Mengelola Perubahan Peran dalam Kehidupan

KIBLAT.NET- Sebenarnya tanpa kita sadari kehidupan ini hanyalah perubahan-perubahan peran. Terkadang di satu sisi, seseorang...

Rabu, 24/04/2019 17:18 0

Indonesia

FPI Poso Tuntut UNSIMAR Pecat Dosen Karena Dianggap Hina HRS

Front Pembela Islam (FPI) Poso mendesak pihak Universitas Sintuwu Maroso (UNSIMAR) untuk memecat salah satu dosennya karena dianggap menghina sejumlah tokoh. 

Rabu, 24/04/2019 17:07 0

Indonesia

Banyak Korban Jiwa Berjatuhan, Ketua DPR Kritisi Pemilu 2019

Dilaporkan puluhan petugas penyelenggara Pemilu 2019 meninggal ketika menjalankan tugasnya.

Rabu, 24/04/2019 15:43 0

Close