Arab Saudi Terjunkan Angkatan Udara untuk Lindungi Mekkah

KIBLAT.NET, Riyadh – Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan bahwa angkatan udara kerajaan telah dikerahkan untuk melindungi kota suci Mekkah dari segala ancaman potensial.

Kementerian mengatakan bahwa tindakan ini dimaksudkan untuk melindungi jamaah di Masjidil Haram di Mekkah dengan pengawasan dan pemantauan. Data yang dikumpulkan oleh pasukan akan dianalisis oleh komando pusat yang bertanggung jawab atas pengelolaan semua operasi keamanan yang terkait dengan Mekkah.

Kementerian menambahkan bahwa pasukan ini diharapkan menerima pelatihan tingkat tinggi selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Peningkatan pengawasan dikarenakan peningkatan jumlah jamaah ,baik di dalam maupun di daerah sekitar Mekkah. Kondisi ini membutuhkan tingkat kewaspadaan dan perhatian yang lebih tinggi jika ada potensi keadaan darurat, atau penyimpangan dari operasi reguler.

Angkatan udara juga akan terlibat dalam evakuasi jamaah atau peziarah dalam kasus darurat medis, yang kerap membutuhkan waktu penyelamatan cepat yang tidak bisa dilakuan oleh ambulans darat konvensional.

Pesawat yang digunakan oleh pasukan akan lepas landas dari pangkalan keamanan udara di Jeddah dan melakukan survei udara dan pengawasan Mekkah dan sekitarnya dengan menggunakan peralatan dengan teknologi mutakhir.

Sumber: RT
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat