... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Banyak Korban Jiwa Berjatuhan, Ketua DPR Kritisi Pemilu 2019

Foto: Bambang Soesatyo. (Foto: Rmol)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan tugas dalam Pemilu sejak 17 April 2019 lalu. Puluhan petugas KPPS dan aparat kepolisian tersebut meninggal saat menjalankan tugas mengawal hasil pemilu, diantara penyebabnya adalah kelelahan serta kecelakaan lalu lintas.

“Kita semua berdukacita atas meninggalnya puluhan petugas Pemilu 2019. Saya sampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga yang ditinggalkan. Pengorbanan mereka dalam menegakan demokrasi di Indonesia tidak akan sia-sia,” ujar Bamsoet di Jakarta, melalui rilis yang diterima Kiblat, Senin (22/04/19).

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini meminta pemerintah memberikan santunan kepada petugas KPPS dan Polri yang meninggal saat menjalankan tugas penyelenggaraan pemilu. Pemerintah daerah juga diminta untuk membantu memberikan pengobatan gratis kepada para petugas KPPS, Polri, dan TNI yang sakit saat menjalankan tugas pemilu. Saat ini puluhan petugas KPPS terpaksa dirawat akibat sakit saat menjalankan tugas.

“Bahkan sejak awal sudah seharusnya nyawa dan kesehatan mereka diasuransikan. Sehingga kehadiran negara untuk memperhatikan para petugas KPU dan Polri yang gugur di medan juang pemilu dirasakan oleh mereka dan keluarganya. Termasuk menjamin kesehatan serta keselamatan para petugas KPPS, Polri, dan TNI yang masih bertugas mengawal rekapitulasi hasil pemilu,” tandasnya.

BACA JUGA  Hukum-hukum Penting yang Wajib Diketahui oleh Para Pengurban

Bamsoet juga menegaskan para petugas KPU di lapangan dari mulai tingkat KPPS, maupun anggota Polri dan TNI adalah para penjaga tegaknya tiang demokrasi. Diluar dugaan, tugas yang diemban mereka ternyata tidak semudah yang dikira.

“Sistem pemilihan yang rumit, akses medan lokasi yang tak mudah, maupun kelelahan fisik maupun tekanan psikis yang dialami tidak bisa dihindarkan. Tidak hanya menyita waktu, bahkan nyawapun menjadi taruhannya,” kata Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menambahkan, penyelenggaraan Pemilu 2019 memberikan banyak catatan penting untuk dijadikan pelajaran agar pemilu selanjutnya bisa berjalan lebih baik lagi. Dari mulai masa kampanye yang terlalu lama, sistem pemilihan yang rumit, serta tidak adanya asuransi yang melindungi petugas di lapangan.

“Berbagai catatan penting tersebut akan menjadi bahan masukan dalam rapat kerja DPR RI dengan KPU, TNI, Polri, maupun pihak pemerintah lainnya. Kita ingin agar penyelenggaraan pemilu kedepannya berjalan lebih baik lagi, karena itu perbaikan sistem mutlak harus dilakukan. Pembenahan akan dilakukan mulai dari hulu hingga hilir. Terutama yang menyangkut keselamatan dan perlindungan petugas di lapangan,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

AS dan Cina Lanjutkan Perundingan untuk Akhiri Perang Dagang

Pembicaraan untuk perdagangan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan Cina akan dilanjutkan minggu depan, setelah dua negara dengan ekonomi besar itu hampir mencapai kesepakatan.

Rabu, 24/04/2019 15:11 0

Asia

FBI Bantu Penyelidikan Bom Beruntun di Sri Lanka

Anggota FBI datang sehari setelah seorang menteri pertahanan Sri Lanka, menyebutkan dalam penyelidikan awal, bahwa serangan itu dilakukan oleh ekstrimis Islam.

Rabu, 24/04/2019 13:30 0

Wilayah Lain

PM Ardern Tak Tahu-Menahu soal Kaitan Bom Sri Lanka dengan Teror Cristchurch

"Kami memahami penyelidikan Sri Lanka terhadap serangan itu masih dalam tahap awal. Selandia Baru belum melihat intelijen yang menjadi dasar penilaian semacam itu," kata juru bicara Ardern dalam pernyataan emailnya.

Rabu, 24/04/2019 12:42 0

Palestina

Israel Namai Salah Satu Kota di Golan dengan Nama Presiden AS

"Semua orang Israel sangat tersentuh ketika Presiden Trump mengambil keputusan bersejarahnya," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan video di Dataran Tinggi Golan.

Rabu, 24/04/2019 08:00 0

Arab Saudi

Arab Saudi Eksekusi Mati 37 Narapidana Terorisme

pelaksanaan hukuman mati itu di provinsi Riyadh, Makkah, Madinah, Qassim (tengah) dan wilayah timur.

Rabu, 24/04/2019 06:30 0

Wilayah Lain

ISIS Bertanggung Jawab Atas Serangan Bom di Sri Lanka

Reuters mengatakan bahwa ‘Amaq tidak menyertakan bukti yang meyakinkan bahwa serangan itu dilakukan oleh anggota ISIS.

Selasa, 23/04/2019 21:53 0

Wilayah Lain

Sri Lanka Minta Bantuan Asing untuk Selidiki Serangan Bom Kolombo

“Informasi intelijen mengatakan organisasi teroris asing berada di belakang teroris lokal. Karena itu, presiden akan meminta bantuan dari negara asing," kata pernyataan yang dilansir Reuters itu.

Selasa, 23/04/2019 07:54 0

Timur Tengah

Iran dan Pakistan Bentuk Pasukan Gabungan Anti-Teror

kedua negara sepakat memperkuat kerja sama keamanan dan membentuk pasukan gabungan gerakan cepat untuk memerangi “terorisme” di perbatasan kedua negara.

Selasa, 23/04/2019 06:56 0

Asia

Sri Lanka Tuduh Jama’ah At-Tauhid Al-Wathani di Balik Serangkaian Serangan Bom

Dokumen itu mengatakan pihak berwenang harus mengambil tindakan pencegahan karena kemungkinan serangan teroris oleh organisasi yang disebut JTW.

Selasa, 23/04/2019 05:59 0

Afrika

Demonstran Sudan: Kami Tidak Butuh Bantuan Saudi

"Mereka melobi dan menggunakan uang untuk mencoba dan mengendalikan Sudan. Kami memiliki sumber daya yang cukup untuk menjaga diri dan kepentingan kami," kata Adil Gasem Alseed, seorang pedagang, kepada Al Jazeera pada Senin (22/04/2019).

Senin, 22/04/2019 18:02 0

Close