... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS dan Cina Lanjutkan Perundingan untuk Akhiri Perang Dagang

Foto: Pemimpin AS Donald Trump dan pemimpin Cina Xi Jinping

KIBLAT.NET, Hong Kong – Pembicaraan untuk perdagangan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan Cina akan dilanjutkan minggu depan, setelah dua negara dengan ekonomi besar itu hampir mencapai kesepakatan.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (23/04/2019), Gedung Putih mengatakan bahwa Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan melakukan perjalanan ke Beijing untuk negosiasi mulai 30 April.

Liu He, penasihat ekonomi utama Presiden Cina Xi Jinping, akan memimpin delegasi ke Washington untuk pembicaraan lebih lanjut mulai 8 Mei.

Gedung Putih mengatakan pembicaraan minggu depan akan membahas masalah perdagangan, termasuk kekayaan intelektual, transfer teknologi, hambatan non-tarif, pertanian, layanan, pembelian, dan penegakan hukum.

Sementara itu, putaran negosiasi terbaru belum dikonfirmasi oleh pihak Cina.

Washington dan Beijing diyakini mulai menuju kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang telah berlangsung lebih dari setahun dan melukai pertumbuhan ekonomi global. Awal bulan ini Presiden Donald Trump mengatakan bahwa setiap kesepakatan perdagangan akan menjadi “sangat monumental.”

Cina juga telah menyatakan optimisme bahwa kesepakatan dapat segera dicapai. Sebelumnya pada bulan April, kantor berita pemerintah Cina Xinhua melaporkan bahwa negosiator Amerika dan Cina telah “mencapai konsensus baru tentang isu-isu penting seperti teks tentang … perjanjian perdagangan.”

Yang menjadi masalah adalah apakah kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan yang dapat mengangkat miliaran dolar tarif untuk barang-barang Tiongkok sebagai imbalan bagi Amerika Serikat yang memiliki kekuatan untuk mengambil tindakan sepihak untuk menghukum Beijing jika gagal untuk tetap berpegang pada kesepakatan.

Trump dan pejabat tinggi pemerintahan lainnya sebelumnya telah mengirim sinyal kuat bahwa mereka berencana untuk mempertahankan tarif pada $ 250 miliar barang Cina di tempat untuk “periode waktu yang substansial.”

“Kami harus memastikan bahwa jika kami melakukan kesepakatan dengan Cina, Cina akan mempertahankan kesepakatan itu,” kata Trump kepada wartawan bulan lalu.

Dalam hal kesepakatan, kedua negara kemungkinan akan tetap tidak berdamai pada bidang politik dan ekonomi utama tertentu – tidak terkecuali teknologi.

Selama 12 bulan terakhir, pemerintahan Trump telah memberikan tekanan pada negara-negara di seluruh dunia untuk tidak menggunakan peralatan produksi Huawei dalam membangun jaringan 5G generasi berikutnya. AS mengatakan bahwa produk yang dihasilkan oleh perusahaan Cina memiliki risiko keamanan.

Sementara itu, Huawei mengajukan gugatan pada bulan Maret terhadap pemerintah AS, menuduh diskriminasi inkonstitusional.

Sumber: CNN
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

119 Petugas KPPS Meninggal, dari Kelelahan Hingga Ditabrak Babi

Jumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia bertambah menjadi 119 orang.

Rabu, 24/04/2019 12:59 0

Indonesia

Launching Ekspedisi Ramadhan, IZI Salurkan Bantuan ke 10 Wilayah

Launching Ekspedisi Ramadhan kali ini diselenggarakan di wilayah Petir, Serang, Banten dan diresmikan oleh Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana.

Rabu, 24/04/2019 12:01 0

Indonesia

APPERTI Sebut Pemilu 2019 Terburuk

“Di luar negeri, banyak rakyat Indonesia tidak mencoblos karena kehabisan surat suara atau alasan lainnya," ujarnya.

Rabu, 24/04/2019 09:50 0

Indonesia

Nusantara Bangkit Sebut Klaim Menang Prabowo Timbulkan Perpecahan

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Bangkit, Ir. Ivan PP mengklaim bahwa pasca deklarasi kemenangan Prabowo, terjadi perpecahan di masyarakat

Selasa, 23/04/2019 10:58 2

Indonesia

Nusantara Bangkit Tuding Paslon 02 Penyebab Perdebatan Pasca Pilpres

KIBLAT.NET, Jakarta – Meski KPU baru menyatakan bahwa keputusan resmi hasil pemilu akan diumumkan pada...

Senin, 22/04/2019 14:55 3

Artikel

Persiapan-persiapan Menyambut Ramadhan

Apa saja yang harus dipersiapkan agar jiwa dan raga kita benar-benar siap ketika Ramadhan datang.

Senin, 22/04/2019 14:30 0

Indonesia

Polisi Duga Gudang KPU Pesisir Selatan Sengaja Dibakar

Korsleting atau arus pendek dipastikan bukan menjadi penyebab.

Senin, 22/04/2019 13:55 0

Indonesia

Bawaslu Minta Hitung Suara Ulang Seluruh TPS Surabaya, Ini Alasannya

"Penghitungan suara ulang untuk TPS se-kota Surabaya dilakukan dengan cara membuka kotak suara yang hanya dilakukan di PPK," ujar Hadi, seperti dikutip Antara, Ahad (21/04/2019) malam.

Senin, 22/04/2019 12:31 0

Indonesia

Ketua DPR: Caleg dan Petugas TPS yang Curang Bisa Dipidana

Salah satu modus kecurangan yang kerap terjadi antar caleg internal partai itu sendiri adalah, pencurian melalui persengkokolan pengurangan pencatatan di C1 sebelum dikirim ke kecamatan atau PPK.

Senin, 22/04/2019 11:38 0

Indonesia

HNW Heran Salah Input Data oleh KPU Hanya Rugikan Paslon 02

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid menanggapi salah input data oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Senin, 22/04/2019 10:41 1

Close