... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua DPR: Caleg dan Petugas TPS yang Curang Bisa Dipidana

Foto: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Tempo).

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan agar Panitia Pemungutan Suara di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) senantiasa bekerja secara profesional, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. Karena, di tangan merea lah muara pertumbuhan demokrasi Indonesia dipertaruhkan.

“Salah satu hal krusial yang harus dilakukan KPU adalah menjalankan amanat Pasal 391 Undang-undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS) wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kerjanya dengan cara menempelkan salinan tersebut di tempat umum,” ujar Bamsoet di Jakarta melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Ahad (21/04/2019).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini menambahkan, Pasal 508 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum juga memberikan sanksi tegas. Setiap anggota PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 391, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

“Ketentuan tersebut dimaksudkan agar rakyat dapat terpenuhi haknya dalam memperoleh informasi seputar Pemilu. Di sisi lain juga dapat menjaga akuntabilitas dan transparansi kinerja setiap personel KPU di lapangan dari berbagai tingkatan. Tidak hanya itu, potensi terjadinya kecurangan seperti penggelembungan maupun penghilangan suara juga dapat diminimalisir,” tandas Bamsoet.

BACA JUGA  Obati Ninoy Karundeng, Dokter Insani Malah Jadi Tersangka

Salah satu modus kecurangan yang kerap terjadi antar caleg internal partai itu sendiri adalah, pencurian melalui persengkokolan pengurangan pencatatan di C1 sebelum dikirim ke kecamatan atau PPK. Bamsoet kemudian memaparkan modus-modus lainnya.

Modus pertama misalnya, perolehan suara di TPS yang tercatat di C1 adalah 53 suara, tiba-tiba berubah menjadi 3 suara. Sedangkan 50 suara lagi tiba-tiba masuk ke caleg di atasnya sesama satu partai yang semula hanya 7 suara tiba-tiba melonjak menjadi 57 suara. Begitu seterusnya di tiap-tiap TPS.

“Ini biasa disebut kecurangan melalui pencurian suara sesama caleg satu partai. Praktik ini bisa biasanya dilakukan dengan melakukan persengkokolan dengan petugas PPS di TPS-TPS yang sudah dikondisikan,” ujarnya.

Modus kedua, melakukan penggelembungan suara atas nama caleg agar memperoleh suara tertinggi di Partainya dengan menggeser suara partai ke perolehan atas nama caleg. Praktik kecurangan ini kerap luput dari pengamatan caleg satu partai lainnya yang sebenarnya sangat dirugikan.

“Modus ini pun tidak mungkin bisa dilakukan tanpa kerjasama atau terjadinya persengkokolan dengan petugas PPS dan saksi partai yang telah dikondisikan oleh oknum calek tersebut,” tambah Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menegaskan, tingginya partisipasi politik warga dalam memberikan hak suaranya yang mencapai 80 persen, harus dijaga kesuciannya oleh KPU. Jangan sampai kecurangan-kecurangan antar caleg yang bekerjasama dengan oknum petugas PPS tersebut dibiarkan. Penegak hukum atau polisi juga harus tegas untuk menjerat oknum PPS dan oknum caleg yang curang itu dengan pasal pidana pemilu.

BACA JUGA  Pemerintah Klaim Pemindahan Ibu Kota Sebagai Upaya Pemerataan Ekonomi

“Kekuatan demokrasi Indonesia terletak pada partisipasi politik warga yang tinggi, netralitas TNI, Polri dan profesionalitas KPU, serta partai politik yang terus menunjukan peningkatan fairness-nya dalam menjalankan pemilihan umum yang jujur,” pungkasnya

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Orang Tak Dikenal Eksekusi Mantan Komandan FSA di Daraa

Merebaknya pembunuhan itu terkait dengan pengaruh cabang keamanan di provinsi itu, dan persaingan di antara mereka.

Senin, 22/04/2019 11:12 0

Asia

Muslim Sri Lanka Dilanda Ketakutan Pasca Teror Bom

Muslim di Sri Lanka menempati 9 persen dari 21 juta penduduknya, dan sebagian besar tinggal di bagian timur dan tengah pulau itu.

Senin, 22/04/2019 10:25 0

Afrika

Demonstran Sudan: Kami Menentang Rezim Militer

Ketua Asosiasi Profesional Sudan (SPA) Mohamed Al-Amin Abdul Aziz, yang memimpin demonstrasi sejak awal, mengatakan bahwa pembicaraan antara kedua pihak telah menemui jalan buntu.

Senin, 22/04/2019 10:05 0

Afrika

Peluru Hujani Kamp Militer Mali, 10 Tentara Tewas

Tembakan peluru saat itu terjadi seperti hujan. Para tentara terkejut sementara penyerang datang dari timur dan selatan barak. Mereka membakar kendaraan kemudian pergi.

Senin, 22/04/2019 09:12 0

Arab Saudi

Tak Ingin Kehilangan Pengaruh, Saudi dan UEA Suntik Sudan $3 Juta

Dana hibah tersebut mencakup 500 juta dolar yang akan disimpan di Bank Sentral Sudan untuk memperkuat posisi keuangannya, mengurangi tekanan pada pound Sudan dan menstabilkan nilai tukar.

Senin, 22/04/2019 08:27 0

Arab Saudi

Empat Gerilyawan Serbu Gedung Keamanan Negara di Pinggiran Riyadh

Saat ini sedang dilakukan identifikasi untuk mengungkap identitas para pelaku. Sementara itu, tiga pasukan keamanan luka ringan.

Senin, 22/04/2019 07:17 0

Suriah

Puluhan Tentara Rezim Suriah Tewas dalam Kurun 48 Jam

Sebanyak 61 tentara dan milisi bentukan rezim Bashar Assad tewas dalam serangkaian serangan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) dan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Ahad, 21/04/2019 16:33 0

Palestina

Tipu Daya Israel di Balik Perluasan Area Tangkap Ikan untuk Nelayan Gaza

"Di bawah blokade Israel, kami telah menjadi bagian masyarakat yang paling tertindas, dilecehkan dan diintimidasi. Mereka berusaha membuat kami putus asa," kata seorang nelayan Gaza.

Ahad, 21/04/2019 15:10 0

Suriah

Pasukan Rusia dan Milisi Pro-Iran Saling Serang di Aleppo

Setidaknya 11 orang tewas dalam bentrokan yang meningkat antara pasukan Rusia dan milisi pro-Iran di kota Aleppo.

Ahad, 21/04/2019 13:17 0

Asia

Ledakan Bom Beruntun Guncang Sri Lanka

Setidaknya 20 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 200 lainnya terluka dalam sejumlah ledakan di gereja dan hotel di Sri Lanka.

Ahad, 21/04/2019 13:00 0

Close