... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bawaslu Minta Hitung Suara Ulang Seluruh TPS Surabaya, Ini Alasannya

Foto: Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

KIBLAT.NET, Surabaya – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya merekomendasikan rekapitulasi ulang Formulir C1 di PPK dan penghitungan suara ulang di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Surabaya.

Ketua Bawaslu Kota Surabaya Hadi Margo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya untuk memerintahkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta jajarannya melakukan perhitungan suara ulang.

Menurut Hadi, rekomendasi ini dikeluarkan Bawaslu karena adanya permintaan agar KPU Kota Surabaya melakukan penghitungan ulang suara terhadap 8.146 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Penghitungan suara ulang untuk TPS se-kota Surabaya dilakukan dengan cara membuka kotak suara yang hanya dilakukan di PPK,” ujar Hadi, seperti dikutip Antara, Ahad (21/04/2019) malam.

Selain itu, Bawaslu juga merekomendasikan pemungutan suara ulang di dua TPS di Surabaya, yakni TPS 28 Kelurahan Gunung Anyar, dan TPS 11 Kelurahan Lidah Kulon.

Komisioner Bawaslu Surabaya, Yaqub Baliya pun mengungkapkan pemungutan suara ulang di TPS 28 Gunung Anyar karena didapati enam pemilih yang hanya menggunakan e-KTP, tanpa bekal form model A-5.

Sementara di TPS 11 Lidah Kulon, pelanggaran yang ditemukan ialah adanya satu pemilih dengan formulir model A-5 yang mencoblos lima surat suara. “Itu hasil pengawasan Bawaslu Kota Surabaya, hasil temuan sendiri. Ya, sudah, dilakukan PSU,” kata Yaqub Baliya.

Yaqub mengaku, rekomendasi rekapitulasi ulang form C1 di PPK dan penghitungan suara ulang di TPS se-Surabaya juga dikeluarkan berdasarkan pengawasan Bawaslu Surabaya. Ia menampik bahwa rekomendasi itu dikeluarkan lantaran adanya laporan masuk dari beberapa partai yang mengaku surat suaranya hilang.

BACA JUGA  Bappenas Sebut Ibu Kota Baru Akan Dibangun dari Nol

“Bukan karena ada aduan atau laporan dari parpol-parpol. Saya tegaskan, ini tidak ada kaitannya dengan laporan-laporan parpol. Laporan (dari parpol) belum ada (diterima Bawaslu), hanya surat. Kalau laporan masuk itu harus ada syarat formil dan materiil baru kita kasih tanda lapor,” ujarnya.

Yaqub menjelaskan, untuk penghitungan ulang di seluruh TPS se-Surabaya, rekomendasi yang dimaksud ialah menghitung Form C1 yang tidak sesuai dan bermasalah saja. Yaqub pun mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Surabaya terkait hal itu.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Orang Tak Dikenal Eksekusi Mantan Komandan FSA di Daraa

Merebaknya pembunuhan itu terkait dengan pengaruh cabang keamanan di provinsi itu, dan persaingan di antara mereka.

Senin, 22/04/2019 11:12 0

Asia

Muslim Sri Lanka Dilanda Ketakutan Pasca Teror Bom

Muslim di Sri Lanka menempati 9 persen dari 21 juta penduduknya, dan sebagian besar tinggal di bagian timur dan tengah pulau itu.

Senin, 22/04/2019 10:25 0

Afrika

Demonstran Sudan: Kami Menentang Rezim Militer

Ketua Asosiasi Profesional Sudan (SPA) Mohamed Al-Amin Abdul Aziz, yang memimpin demonstrasi sejak awal, mengatakan bahwa pembicaraan antara kedua pihak telah menemui jalan buntu.

Senin, 22/04/2019 10:05 0

Afrika

Peluru Hujani Kamp Militer Mali, 10 Tentara Tewas

Tembakan peluru saat itu terjadi seperti hujan. Para tentara terkejut sementara penyerang datang dari timur dan selatan barak. Mereka membakar kendaraan kemudian pergi.

Senin, 22/04/2019 09:12 0

Arab Saudi

Tak Ingin Kehilangan Pengaruh, Saudi dan UEA Suntik Sudan $3 Juta

Dana hibah tersebut mencakup 500 juta dolar yang akan disimpan di Bank Sentral Sudan untuk memperkuat posisi keuangannya, mengurangi tekanan pada pound Sudan dan menstabilkan nilai tukar.

Senin, 22/04/2019 08:27 0

Arab Saudi

Empat Gerilyawan Serbu Gedung Keamanan Negara di Pinggiran Riyadh

Saat ini sedang dilakukan identifikasi untuk mengungkap identitas para pelaku. Sementara itu, tiga pasukan keamanan luka ringan.

Senin, 22/04/2019 07:17 0

Suriah

Puluhan Tentara Rezim Suriah Tewas dalam Kurun 48 Jam

Sebanyak 61 tentara dan milisi bentukan rezim Bashar Assad tewas dalam serangkaian serangan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) dan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Ahad, 21/04/2019 16:33 0

Palestina

Tipu Daya Israel di Balik Perluasan Area Tangkap Ikan untuk Nelayan Gaza

"Di bawah blokade Israel, kami telah menjadi bagian masyarakat yang paling tertindas, dilecehkan dan diintimidasi. Mereka berusaha membuat kami putus asa," kata seorang nelayan Gaza.

Ahad, 21/04/2019 15:10 0

Suriah

Pasukan Rusia dan Milisi Pro-Iran Saling Serang di Aleppo

Setidaknya 11 orang tewas dalam bentrokan yang meningkat antara pasukan Rusia dan milisi pro-Iran di kota Aleppo.

Ahad, 21/04/2019 13:17 0

Asia

Ledakan Bom Beruntun Guncang Sri Lanka

Setidaknya 20 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 200 lainnya terluka dalam sejumlah ledakan di gereja dan hotel di Sri Lanka.

Ahad, 21/04/2019 13:00 0

Close