... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Puluhan Tentara Rezim Suriah Tewas dalam Kurun 48 Jam

Foto: Tentara Suriah/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Sebanyak 61 tentara dan milisi bentukan rezim Bashar Assad tewas dalam serangkaian serangan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) dan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS). Lembaga pengawas HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), mengatakan bahwa serangan itu terjadi dalam kurun waktu 48 jam.

Menurut laporan lembaga yang bermarkas di Inggris pada Sabtu kemarin (20/04/2019), sedikitnya 21 tentara dan milisi rezim Assad tewas oleh operasi militer unit tempur HTS di pinggiran Aleppo, Jaisy Abu Bakar As-Sidiq. Pejuang meluncurkan serangan pada Sabtu fajar menargetkan pos-pos penjagaan di pinggiran barat Aleppo hingga ke utara.

SOHR menambahkan, terjadi pertempuran sengit dalam operasi HTS itu. Sementara korban dari pihak HTS, sebanyak delapan pejuang tewas.

Di pedesaan Lattakia timur laut, sedikitnya lima tentara dan militan loyalis rezim tewas disergap oleh pejuang HTS. Insiden itu terjadi hampir berbarengan dengan serangan di pinggiran Aleppo.

SOHR menunjukkan bahwa serangkaian serangan itu terjadi setelah militer Suriah dan milisi pendukungnya menggempur pedesaan Aleppo barat dan selatan sejak Jumat malam.

Sejak Februari, rezim meningkatkan serangan udara darat ke wilayah-wilayah oposisi yang masuk dalam daftar zona tidak boleh ada kekerasan. Pelanggaran itu menyebabkan puluhan jiwa sipil di wilayah oposisi tewas.

Di wilayah lain, SOHR mendata sedikitnya 35 tentara dan milisi pro rezim tewas akibat serangkaian serangan ISIS di wilayah gurun Suriah. 27 tewas dalam serangan ISIS di pedesaan Homs timur dan delapan lainnya tewas di gurun Al-Mayadin.

BACA JUGA  Al-Jaulani Turun ke Front Pertempuran di Pedesaan Hama

Lembaga tersebut menjelaskan bahwa korban serangan ISIS itu merupakan paling banyak serangan kelompok tersebut diumumkan kalah pada Maret lalu.

Meski ISIS sudah terusir dari pusat-pusat kota, mereka masih bersembunyi di wilayah gurun yang tak berpenghuni. Mereka kembali menerapkan perang gerilya seperti sebelum era kebangkitannya pada 2014 silam.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Cek Metodologi yang Dipakai Lembaga Survei untuk Quick Count

KIBLAT.NET, Jakarta – Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) membeberkan metodologi yang digunakan 8 anggotanya...

Ahad, 21/04/2019 14:31 1

Indonesia

Persepi: Kalangan Elit yang Tidak Percaya Hasil Quick Count

"Kayaknya yang mulai distrust itu elitnya. Jadi kan elitnya membuat distrust padahal record kita cukup baik, record anggota-anggota Persepi dalam membuat quick count sejak beberapa pilpres yang lalu," kata Ketua Persepi, Philips J Vermonte di Hotel Morissey, Jakarta pada Sabtu (20/04/2019).

Ahad, 21/04/2019 12:50 1

Indonesia

Lembaga Quick Count Siap Jika Diminta “Buka-bukaan” ke Publik

Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) memaparkan data hasil quick count pada Pemilu 2019. Delapan anggota Persepi yang melakukan quick count membuka data dan memaparkan metodologi yang digunakan.

Ahad, 21/04/2019 12:00 0

Indonesia

Pemilu 2019, Pakar Hukum Pidana: Ada Ketentuan yang Tidak Dijalankan

Trisno juga mengungkapkan ada beberapa tempat yang menghilangkan hak pilih bagi orang yang bukan berasal dari tempat tersebut atau bukan warga asli, meski mereka telah mengisi formulir sesuai dengan mekanisme yang ada.

Ahad, 21/04/2019 11:39 0

Indonesia

Bawaslu Diminta Segera Proses Dugaan Kecurangan Pemilu 2019

“Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih harus meningkatkan kinerja di hari-hari pelaksanaan yang ada, kemudian bekerja sama dengan aparat penegak hukum, dalam hal ini pihak kepolisian,” sambungnya.

Ahad, 21/04/2019 11:11 0

Indonesia

Deklarasi Kemenangan di Tengah Kontestasi Elektoral Indonesia

Capres petahana Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kemenangan secara sepihak dalam kontestasi pemilu presiden kali ini berdasarkan perhitungan cepat atau Quick Count sejumlah lembaga survei.

Ahad, 21/04/2019 10:34 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat. Syaikh Abdullah Azzam...

Ahad, 21/04/2019 10:31 0

Indonesia

Begini Cara WNI Kuala Lumpur Rajut Persatuan Pasca Pemilu

Menurutnya, turnamen ini bertujuan untuk menjalin kembali persatuan rakyat Indonesia.

Sabtu, 20/04/2019 14:36 0

Indonesia

Viral Video Kecurangan, Fahri Hamzah: Penyelenggara Pemilu Harus Verifikasi

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengingatkan kepada penyelenggara pemilu hadir di tengah masyarakat atas banyaknya video yang menunjukkan kecurangan Pemilu

Sabtu, 20/04/2019 14:24 6

Indonesia

Tokoh Muhammadiyah Sebut Ketentraman Pasca Pemilu Ditentukan KPU

Anwar menekankan bahwa damai atau tidaknya negeri ini sangat tergantung kepada kerja dan kinerja KPU

Jum'at, 19/04/2019 19:16 0

Close