... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Persepi: Kalangan Elit yang Tidak Percaya Hasil Quick Count

Foto: Ketua Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) Philips J Vermonte

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga survei menurun pada momen pemilu 2019. Menanggapi hal ini, Ketua Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) menilai bahwa yang sebenarnya memicu persepsi buruk dan ketidakpercayaan kepada lembaga survei adalah para elit yang merasa tidak diuntungkan oleh hasil quick count.

“Kayaknya yang mulai distrust itu elitnya. Jadi kan elitnya membuat distrust padahal record kita cukup baik, record anggota-anggota Persepi dalam membuat quick count sejak beberapa pilpres yang lalu,” kata Ketua Persepi, Philips J Vermonte di Hotel Morissey, Jakarta pada Sabtu (20/04/2019).

Philips mencontohkan, di berbagai pemilu sebelumnya termasuk pilkada, sudah ada banyak kejadian elit yang memuji hasil quick count jika dirasa menguntungkan. Namun jika hasilnya dianggap merugikan, para elit tersebut akan mengatakan bahwa hasil quick count tidak baik atau abal-abal.

Delapan anggota Persepi telah memaparkan hasil serta metodologi yang digunakan untuk proses quick count. Philips mengatakan, hal ini untuk menampik tuduhan pihak tertentu yang menyebut quick count tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Ya udah buka aja datanya, supaya orang bisa lihat bahwa ini adalah proses yang sistematik dan ada metodenya. Bukan sesuatu yang seperti dituduhkan bahwa quick count ini dibuat sedemikian rupa, sengaja agar nanti kemudian KPU menyesuaikan atau menjadi penggiring opini dan lain-lain,” ujar Philips.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Persepi: Kalangan Elit yang Tidak Percaya Hasil Quick Count”

  1. agus

    Tidak ada yang salah dalam metodologi… hanya mungkin yang melaksanakannya saja sehingga survey kali ini begitu memprihatinkan.

    Prinsip keterbukaan mungkin mulai perlu diterapkan,. seperti bagaimana quisioner yang disampaikan jika survey dilakukan sebelum pelaksanaan.

    termasuk dana nya dari mana.

    bukan elit yang distrust tapi rakyat ko yang distrust… lawong di lapangan berbeda…

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

PM Mali Mengundurkan Diri Karena Gagal Kelola Ekonomi

Selain insiden pembantaian masal di desa Ogossagou di bagian tengah Mali, faktor kegagalan ekonomi diduga menjadi penyebab aksi protes warga menuntut PM Soumeylou Boubeye Maiga mengundurkan diri. 

Ahad, 21/04/2019 10:53 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat. Syaikh Abdullah Azzam...

Ahad, 21/04/2019 10:31 0

Palestina

Tank Penjajah Israel Serang Lokasi Hamas

jet tempurnya menargetkan dua lokasi militer Hamas di Gaza tengah. Di saat yang sama, tank tempur juga membidik dua lokasi lainnya.

Sabtu, 20/04/2019 09:20 0

Afghanistan

Negosiasi Internal Afghanistan di Qatar Ditunda, AS Kecewa

Banyak hal yang tidak sesuai direncanakan karena ketidaksepakatan mengenai ukuran dan cara pembentukan delegasi yang berpartisipasi.

Jum'at, 19/04/2019 18:18 0

Afrika

‘Amaq Umumkan Operasi Perdana ISIS di Kongo

pemimpin sipil di kota tersebut, Davin Mawazi, mengatakan bahwa saksi mata yang berada di lokasi baku tembak menuduh kelompok bersenjata Islam di balik serangan itu.

Jum'at, 19/04/2019 15:57 0

Afrika

Belum Dua Pekan Pasca Kudeta, Amerika Mulai “Masuki” Sudan

"Makila James, wakil asisten menteri luar negeri yang bertanggung jawab atas Afrika timur, akan menuju ke Khartum akhir pekan ini," kata seorang pejabat.

Jum'at, 19/04/2019 14:55 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Semua Umat Islam Masuk Surga, Kecuali…

KIBLAT.NET- Dalam sebuah hadits, Rasul bersabda bahwa semua Umat Islam akan masuk surga kecuali merek...

Jum'at, 19/04/2019 14:50 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Meluangkan Waktu untuk Keluarga Bagian dari Muasyaroh bil Ma’ruf

KIBLAT.NET- Mengkhususkan sebagian waktu untuk menjalani kebersamaan dengan keluarga adalah bagian dari memperlakukan keluarga dengan...

Jum'at, 19/04/2019 12:52 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Kewajiban Memperlakukan Istri dengan Baik dalam Keadaan Apapun

KIBLAT.NET- Dalam perjalanan kehidupan rumah tangga, ada kalanya muncul perasaan tidak menyukai pasangan. Namun pernikahan...

Jum'at, 19/04/2019 12:49 0

Irak

HRW: Penyiksaan Terus Terjadi terhadap Para Tahanan di Mosul

Tahanan itu mengatakan para penjaga juga tidak memberikan air minum kepada mereka, dan menggantung mereka di langit-langit dengan tangan terikat di belakang.

Jum'at, 19/04/2019 12:44 0

Close