... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasukan Rusia dan Milisi Pro-Iran Saling Serang di Aleppo

Foto: Peta Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Setidaknya 11 orang tewas dalam bentrokan yang meningkat antara pasukan Rusia dan milisi pro-Iran di kota Aleppo. Ketegangan kedua kubu pendukung Bashar Assad itu dilaporkan meningkat karena masalah administrasi dan perebutan pengaruh publik.

Sebuah sumber militer Rusia mengakui kematian 11 orang, termasuk dua anak dan tiga wanita, sementara 11 lainnya diyakini terluka dalam kekerasan itu. Bentrokan dilaporkan terjadi di dekat sebuah pasar sayuran di Khaldiya, yang dengan cepat meningkat menjadi saling serang persenjataan berat. Beberapa rudal darat-ke-udara ditembakkan ke daerah-daerah terdekat di dalam kota, yang mengakibatkan korban sipil.

Setelah pemboman Israel terhadap sasaran-sasaran Iran di dekat Aleppo, kelompok-kelompok yang didukung Teheran menuduh Rusia berkoordinasi dengan Tel Aviv dalam serangan itu, yang berharap juga mendapat manfaat dari melemahnya kehadiran Iran. Bulan lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin juga ingin semua pasukan Iran menarik diri dari Suriah.

Hubungan juga tegang karena pertemuan dengan Turki; Damaskus menanggapi penembakan di Turki terhadap daerah Tal Rifaat yang dikuasai Kurdi, dengan beberapa peluru mendarat di dekat pangkalan militer Rusia yang beroperasi di utara Aleppo.

Semenetara kekerasan mereda di negara itu setelah delapan tahun perang, baik Rusia dan Iran juga berusaha untuk mendapatkan keuntungan finansial yang dapat ditawarkan oleh rekonstruksi yang diusulkan.

BACA JUGA  Ditolak Negara Asal, Ini Lima Fakta Tahanan ISIS di Penjara Kurdi

Pada hari Ahad Iran mengumumkan telah melanjutkan rencananya untuk membangun jalur kereta api dari Teheran melalui negara tetangga Irak ke Damaskus. Pemerintah Suriah juga mengumumkan awal bulan ini niatnya untuk menyewakan pelabuhan Latakia ke Iran mulai Oktober, sebagai tanggapan atas permintaan resmi Iran.

Pada bulan Januari kedua negara menandatangani kesepakatan untuk memudahkan transfer bank agar pembiayaan untuk investasi tersedia lebih cepat.

Namun Rusia juga telah berusaha untuk mengamankan pengaruhnya. Tahun lalu sebuah perjanjian ditandatangani yang memberikan hak eksklusif Moskow untuk memproduksi minyak dan gas di Suriah. Meskipun kerusakan pada infrastruktur perminyakan negara itu signifikan, Rusia telah berkomitmen untuk membangun kembali pembangkit listrik, memompa gas dan membangun pabrik selama 25 tahun ke depan.

Iran sangat mengandalkan ikatan agama antara Damaskus dan Teheran untuk menopang hubungannya; milisi Syiahnya telah mengisi kembali kota-kota Suriah berdasarkan kepentingan sektarian.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Persepi: Kalangan Elit yang Tidak Percaya Hasil Quick Count

"Kayaknya yang mulai distrust itu elitnya. Jadi kan elitnya membuat distrust padahal record kita cukup baik, record anggota-anggota Persepi dalam membuat quick count sejak beberapa pilpres yang lalu," kata Ketua Persepi, Philips J Vermonte di Hotel Morissey, Jakarta pada Sabtu (20/04/2019).

Ahad, 21/04/2019 12:50 1

Indonesia

Lembaga Quick Count Siap Jika Diminta “Buka-bukaan” ke Publik

Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) memaparkan data hasil quick count pada Pemilu 2019. Delapan anggota Persepi yang melakukan quick count membuka data dan memaparkan metodologi yang digunakan.

Ahad, 21/04/2019 12:00 0

Indonesia

Pemilu 2019, Pakar Hukum Pidana: Ada Ketentuan yang Tidak Dijalankan

Trisno juga mengungkapkan ada beberapa tempat yang menghilangkan hak pilih bagi orang yang bukan berasal dari tempat tersebut atau bukan warga asli, meski mereka telah mengisi formulir sesuai dengan mekanisme yang ada.

Ahad, 21/04/2019 11:39 0

Indonesia

Bawaslu Diminta Segera Proses Dugaan Kecurangan Pemilu 2019

“Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih harus meningkatkan kinerja di hari-hari pelaksanaan yang ada, kemudian bekerja sama dengan aparat penegak hukum, dalam hal ini pihak kepolisian,” sambungnya.

Ahad, 21/04/2019 11:11 0

Indonesia

Deklarasi Kemenangan di Tengah Kontestasi Elektoral Indonesia

Capres petahana Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kemenangan secara sepihak dalam kontestasi pemilu presiden kali ini berdasarkan perhitungan cepat atau Quick Count sejumlah lembaga survei.

Ahad, 21/04/2019 10:34 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat. Syaikh Abdullah Azzam...

Ahad, 21/04/2019 10:31 0

Indonesia

Begini Cara WNI Kuala Lumpur Rajut Persatuan Pasca Pemilu

Menurutnya, turnamen ini bertujuan untuk menjalin kembali persatuan rakyat Indonesia.

Sabtu, 20/04/2019 14:36 0

Indonesia

Viral Video Kecurangan, Fahri Hamzah: Penyelenggara Pemilu Harus Verifikasi

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengingatkan kepada penyelenggara pemilu hadir di tengah masyarakat atas banyaknya video yang menunjukkan kecurangan Pemilu

Sabtu, 20/04/2019 14:24 6

Indonesia

Tokoh Muhammadiyah Sebut Ketentraman Pasca Pemilu Ditentukan KPU

Anwar menekankan bahwa damai atau tidaknya negeri ini sangat tergantung kepada kerja dan kinerja KPU

Jum'at, 19/04/2019 19:16 0

Indonesia

Pakar Hukum Pidana: Bukti Kecurangan Pemilu Laporkan ke Bawaslu

Pakar Hukum Pidana Dr, Abdul Chair Ramadhan menanggapi adanya video indikasi kecurangan pemilu tahun ini

Jum'at, 19/04/2019 18:55 0

Close