... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lembaga Quick Count Siap Jika Diminta “Buka-bukaan” ke Publik

Foto: Quick Count

KIBLAT.NET, Jakarta – Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) memaparkan data hasil quick count pada Pemilu 2019. Delapan anggota Persepi yang melakukan quick count membuka data dan memaparkan metodologi yang digunakan.

Ketua Persepi, Philips J Vermonte menjelaskan bahwa quick count dan exit poll adalah aktifitas legal yang diakui sebagai bentuk partisipasi dalam pemilu. Ia menegaskan, tak satupun lembaga yang tergabung oleh Persepi telah melanggar peraturan yang ditetapkan.

“Yang tidak boleh dilakukan, sebagaimana dikatakan oleh Mahkamah Konstitusi sehari sebelum pemilihan berlangsung adalah, tidak boleh menyiarkan sebelum jam 3 sore, dan itu kami patuhi,” kata Philips dalam acara yang diselenggarakan di Menteng, Jakarta pusat pada Sabtu (20/04/2019) siang tersebut.

Persepi melihat adanya perdebatan di publik maupun media yang berusaha mendelegitimasi metode sientific yang digunakan dalam quick count. Untuk itu Philips menambahkan, exit poll dan quick count adalah aktifitas sientific (ilmiah) yang mempunyai metode tersendiri yang sudah ditetapkan. Sehingga diselenggarakan secara serius.

“Dia (quick count) bukan abal-abal atau ngarang atau aktifitas menipu,” imbuhnya.

Untuk menjamin hasil dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan, Persepi juga memperlihatkan data-data dari lembaga-lembaga survei secara rinci. Mulai dari data TPS yang menjadi sampel, bagaimana training dilakukan, contoh-contoh C1 yang dikumpulkan oleh numerator di lapangan, hingga pergerakan data, dan lain sebagainya.

Philips juga menjamin keterbukaan lembaga-lembaga tersebut. Ia mencontohkan CSIS yang pada 17 April lalu menghitung quick count secara terbuka dan pengerjaannya bisa dilihat oleh publik.

BACA JUGA  WNI di AS Jadi Orang Tua Asuh Puluhan Anak Yatim di Indonesia

“Kemarin teman-teman bisa masuk ke dalam ruangan dan bisa melihat langsung bagaimana proses itu dilakukan, dan berjalan dari pagi sampai malam hari. Jadi sama sekali sifatnya bukan internal, sifatnya adalah publik, bentuknya adalah partisipasi publik kalau diminta buka datanya, kita buka,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

PM Mali Mengundurkan Diri Karena Gagal Kelola Ekonomi

Selain insiden pembantaian masal di desa Ogossagou di bagian tengah Mali, faktor kegagalan ekonomi diduga menjadi penyebab aksi protes warga menuntut PM Soumeylou Boubeye Maiga mengundurkan diri. 

Ahad, 21/04/2019 10:53 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Sekali Lagi, Membicarakan Status Mujahid di Masyarakat. Syaikh Abdullah Azzam...

Ahad, 21/04/2019 10:31 0

Palestina

Tank Penjajah Israel Serang Lokasi Hamas

jet tempurnya menargetkan dua lokasi militer Hamas di Gaza tengah. Di saat yang sama, tank tempur juga membidik dua lokasi lainnya.

Sabtu, 20/04/2019 09:20 0

Afghanistan

Negosiasi Internal Afghanistan di Qatar Ditunda, AS Kecewa

Banyak hal yang tidak sesuai direncanakan karena ketidaksepakatan mengenai ukuran dan cara pembentukan delegasi yang berpartisipasi.

Jum'at, 19/04/2019 18:18 0

Afrika

‘Amaq Umumkan Operasi Perdana ISIS di Kongo

pemimpin sipil di kota tersebut, Davin Mawazi, mengatakan bahwa saksi mata yang berada di lokasi baku tembak menuduh kelompok bersenjata Islam di balik serangan itu.

Jum'at, 19/04/2019 15:57 0

Afrika

Belum Dua Pekan Pasca Kudeta, Amerika Mulai “Masuki” Sudan

"Makila James, wakil asisten menteri luar negeri yang bertanggung jawab atas Afrika timur, akan menuju ke Khartum akhir pekan ini," kata seorang pejabat.

Jum'at, 19/04/2019 14:55 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Semua Umat Islam Masuk Surga, Kecuali…

KIBLAT.NET- Dalam sebuah hadits, Rasul bersabda bahwa semua Umat Islam akan masuk surga kecuali merek...

Jum'at, 19/04/2019 14:50 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Meluangkan Waktu untuk Keluarga Bagian dari Muasyaroh bil Ma’ruf

KIBLAT.NET- Mengkhususkan sebagian waktu untuk menjalani kebersamaan dengan keluarga adalah bagian dari memperlakukan keluarga dengan...

Jum'at, 19/04/2019 12:52 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Kewajiban Memperlakukan Istri dengan Baik dalam Keadaan Apapun

KIBLAT.NET- Dalam perjalanan kehidupan rumah tangga, ada kalanya muncul perasaan tidak menyukai pasangan. Namun pernikahan...

Jum'at, 19/04/2019 12:49 0

Irak

HRW: Penyiksaan Terus Terjadi terhadap Para Tahanan di Mosul

Tahanan itu mengatakan para penjaga juga tidak memberikan air minum kepada mereka, dan menggantung mereka di langit-langit dengan tangan terikat di belakang.

Jum'at, 19/04/2019 12:44 0

Close