... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pakar Hukum Pidana: Bukti Kecurangan Pemilu Laporkan ke Bawaslu

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Hukum Pidana Dr, Abdul Chair Ramadhan menanggapi adanya video indikasi kecurangan pemilu tahun ini. Menurutnya, bukti-bukti kecurangan lebih baik dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

“Kumpulkan dulu alat buktinya. Misalnya C1 baik yang plano maupun yang sama saksi, nanti dikumpulkan. Kalau ada perbedaan rekapitulasi kemudian hal-hal yang lain seperti pencoblosan bukan pada waktunya semua itu harus dikonkretkan, dilaporkan,” Kata Dr, Abdul Chair saat dihubungi Kiblat. Net, Jum’at (20/4).

Ia menekankan bahwa jika sudah terkumpul, maka bukti tersebut dilaporkan kepada pihak berwajib seperti Bawaslu dan Polri. Dan tidak hanya kepada Bawaslu dan Polri saja, kecurangan juga perlu dilaporkan ke Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

“Itu harus dilaporkan ke Bawaslu, dan juga bukan hanya ke Bawaslu. Ke Gakkumdu itu juga harus dilaporkan dan kepada pihak kepolisian itu harus dilaporkan,” Kata Abdul Chair.

Chair juga menghimbau kepada masyarakat harus menunggu keputusan real count dari KPU pusat. Kalau memang ada indikasi kecurangan secara terstruktur, sistemik dan masif, kata dia, secara hukum salurannya ke Mahkamah Konstitusi.

Ia berharap agar kedua paslon dapat menenangkan para pendukungnya yang sudah tersulut emosi terkait isu kecurangan pilpres. Hal itu perlu dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari kedua kubu.

BACA JUGA  Berikut Kronologi Pembunuhan Santri Ponpes Husnul Khotimah Kuningan

“Dari masing-masing paslon harus menenangkan agar tidak terjadi kriminal dan harus menahan diri terlebih dahulu. Apabila kecurangan itu dapat dibuktikan secara akurat. Maka salurannya secara hukum adalah mahkamah konstitusi,” pungkasnya.

Reporter: Haikal
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Negosiasi Internal Afghanistan di Qatar Ditunda, AS Kecewa

Banyak hal yang tidak sesuai direncanakan karena ketidaksepakatan mengenai ukuran dan cara pembentukan delegasi yang berpartisipasi.

Jum'at, 19/04/2019 18:18 0

Afrika

‘Amaq Umumkan Operasi Perdana ISIS di Kongo

pemimpin sipil di kota tersebut, Davin Mawazi, mengatakan bahwa saksi mata yang berada di lokasi baku tembak menuduh kelompok bersenjata Islam di balik serangan itu.

Jum'at, 19/04/2019 15:57 0

Afrika

Belum Dua Pekan Pasca Kudeta, Amerika Mulai “Masuki” Sudan

"Makila James, wakil asisten menteri luar negeri yang bertanggung jawab atas Afrika timur, akan menuju ke Khartum akhir pekan ini," kata seorang pejabat.

Jum'at, 19/04/2019 14:55 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Semua Umat Islam Masuk Surga, Kecuali…

KIBLAT.NET- Dalam sebuah hadits, Rasul bersabda bahwa semua Umat Islam akan masuk surga kecuali merek...

Jum'at, 19/04/2019 14:50 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Meluangkan Waktu untuk Keluarga Bagian dari Muasyaroh bil Ma’ruf

KIBLAT.NET- Mengkhususkan sebagian waktu untuk menjalani kebersamaan dengan keluarga adalah bagian dari memperlakukan keluarga dengan...

Jum'at, 19/04/2019 12:52 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Kewajiban Memperlakukan Istri dengan Baik dalam Keadaan Apapun

KIBLAT.NET- Dalam perjalanan kehidupan rumah tangga, ada kalanya muncul perasaan tidak menyukai pasangan. Namun pernikahan...

Jum'at, 19/04/2019 12:49 0

Irak

HRW: Penyiksaan Terus Terjadi terhadap Para Tahanan di Mosul

Tahanan itu mengatakan para penjaga juga tidak memberikan air minum kepada mereka, dan menggantung mereka di langit-langit dengan tangan terikat di belakang.

Jum'at, 19/04/2019 12:44 0

Mesir

Kemiskinan Meningkat, Pasar-pasar di Mesir Jual Makanan Bekas

Pasar-pasar di Mesir mulai ramai dengan pedagang yang menjual "makanan bekas". Kondisi ini sebagai buntut "kebijakan" ekonomi yang diterapkan oleh pemerintahan Presiden Abdel Fatah Al-Sisi.

Jum'at, 19/04/2019 11:36 0

China

Al-Qaidah: Solidaritas untuk Muslim Uighur Harus Terus Disuarakan

Awal bulan April ini, komando umum al-Qaidah merilis sebuah pernyataan sebagai bentuk dukungan dan solidaritas kepada organisasi jihadis Turkistan Islamic Party (TIP) dan rakyat Uighur.

Jum'at, 19/04/2019 10:49 0

Afrika

Buntut Pembantaian Etnis Muslim Fulani, PM Mali dan Jajarannya Mundur

“Presiden telah menerima pengunduran diri perdana menteri dan anggota pemerintahannya."

Jum'at, 19/04/2019 08:59 0

Close