... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Qaidah: Solidaritas untuk Muslim Uighur Harus Terus Disuarakan

Foto: aksi damai diaspora uighur di Turki

KIBLAT.NET, Xinjiang – Awal bulan April ini, komando umum al-Qaidah merilis sebuah pernyataan sebagai bentuk dukungan dan solidaritas kepada organisasi jihadis Turkistan Islamic Party (TIP) dan rakyat Uighur. Pernyataan al-Qaidah ini merupakan respon terhadap pesan pemimpin TIP, Abdul Haq al-Turkistani, yang dipublikasikan pada pertengahan Maret lalu.

Dalam rilis sebelumnya, Abdul Haq al-Turkistani mengutuk keras penjajahan negara komunis Cina di wilayah yang dikenal sebagai Xinjiang. Menurutnya, Uighur yang terjajah dan teraniaya belum mendapatkan perhatian yang layak.

Abdul Haq kemudian mendesak sejumlah tokoh jihadis di antaranya pemimpin Taliban, pemimpin al-Qaidah, dan beberapa figur penting yang dianggap sebagai ideolog jihadis al-Qaidah untuk kembali memberikan dukungan ideologis bagi perjuangan Uighur. Beberapa tokoh yang disebut Abdul Haq dalam pesannya pada medio Maret itu, kini telah memberikan respon, termasuk dari al-Qaidah.

Dari komando pusat al-Qaidah menekankan pentingnya persatuan antara mereka dengan TIP dan Abdul Haq dalam menghadapi penjajahan dan berbagai tantangan lainnya. “Sungguh, berdasarkan iman kami harus mendukung saudara-sudara kita yang terpercaya yang saat ini sedang tertindas di Turkistan. Dan kami berdiri bersama sahabat-sahabat kami yang baik dan adil di Turkistan Islamic Party, di bawah kepemimpinan Mujahid Syaikh Abdul Haq al-Turkistani, semoga Allah menolongnya,” demikian tulis pernyataan al-Qaidah yang diposting via Telegram.

“Negara-negara pagan telah berebut untuk menghilangkan nilai-nilai Islam bangsa Uighur. Tetapi al-Qaidah mengatakan, ketahuilah saudara-saudara kami yang mulia bahwa kami masih bersama kalian, masalah kami adalah masalah kalian, di atas sumpah cinta, dukungan, dan kesetiaan yang kami lakukan, sebagaimana kalian telah percayakan kepada kami, kami tidak pernah memutus tali cinta dan kesetiaan, dan kami tidak pernah merusak hubungan atas dasar kejujuran dan persaudaraan.”

BACA JUGA  37 Negara Bela Tindakan Cina terhadap Uighur, Ini Daftarnya

Komando umum al-Qaidah memuji TIP atas kesabaran mereka terus berjuang di Afghanistan dan Cina, dan menolak sistem pemerintahan apapun kecuali yang berdasarkan Syariat Islam. “Jadi berbahagialah karena kami bersaksi kepada Allah bahwa kami belum pernah melihat apapun selama persahabatan dan persaudaraan kami dengan Anda, dan dengan anggota-anggota TIP lainnya, kecuali kebaikan.”

Al-Qaidah mengajak kepada seluruh kaum Muslimin untuk mendukung mujahidin Turkistan dengan cara apa saja yang bisa dilakukan.

“Kami mengajak kepada segenap kaum Muslimin pada umumnya, dan secara khusus kepada para ulama dan cendekiawan, para dermawan, untuk bersama-sama mendukung kalian dan terhadap isu Turkistan Timur.”

“Mereka harus melakukan satu upaya untuk menyebarkan isu Uighur yang selama ini terus dibungkam di berbagai perkumpulan dan forum. Terlebih, kaum Muslimin dan para cendekiawan harus mendukung mereka secara finansial dengan cara apa saja yang bisa mereka lakukan, termasuk mengumpulkan donasi dan kegiatan amal lainnya untuk mendukung mujahidin di Turkistan.”

Atas penjajahan Cina terhadap Muslim di Turkistan atau yang juga dikenal sebagai Xinjiang, komando umum al-Qaidah menyatakan solidaritas dan dukungan kepada mereka yang tertindas dan terjajah, dan menyatakan akan berdiri bersama mereka sebagai saudara. “Sejarah dan realita menyaksikan bahwa kebenaran telah menyatukan kita bersama sehingga kita menjadi satu tubuh.” Demikian pernyataan komando pusat al-Qaidah.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Protes Quick Count, BPN Prabowo-Sandi Laporkan Sejumlah Lembaga Survey

KIBLAT.NET, Jakarta – Koordinator Tim Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Djamaludin Koedoeboen melaporkan beberapa lembaga...

Kamis, 18/04/2019 21:34 0

Indonesia

PP Muhammadiyah Memandang Perlunya Rekonsialisasi Nasional Pasca Pemilu

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Pasca pemilu serentak yang diselenggarakan pada Rabu 17 April 2019, Ketua Umum...

Kamis, 18/04/2019 20:24 0

Indonesia

Pemilu Indonesia Disebut Paling Rumit di Dunia

"Pemilu di Indonesia adalah Pemilu terumit di dunia"

Kamis, 18/04/2019 20:10 0

Indonesia

PP Muhammadiyah Imbau Masyarakat Tak Terpengaruh Hasil Hitung Cepat

Sebagai sebuah kerja ilmiah hasil - hasil survey merupakan sajian hitungan atau data yang patut dihormati, tetapi sama sekali tidak mempengaruhi dan menentukan hasil pemilu.

Kamis, 18/04/2019 19:41 0

Indonesia

PSI Gagal ke Senayan, Pengamat: Kampanye Mereka Kontroversi

KIBLAT.NET, Jakarta - Pengamat Politik, Ujang Komarudin menilai wajar jika Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak lolos ke parlemen.

Kamis, 18/04/2019 18:46 0

Indonesia

Pengamat Politik: Tahun Ini Adalah Pemilu Tergaduh

Direktur Indonesia Politic Review (IPR), Ujang Komarudin menilai bahwa pemilu tahun ini merupakan pemilu tergaduh

Kamis, 18/04/2019 17:54 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Ancaman Allah Kepada Pemimpin Pendusta

Khutbah Jumat: Ancaman Allah Kepada Pemimpin Pendusta

Kamis, 18/04/2019 16:24 0

Indonesia

Sempat Dicari-cari, Sandiaga Muncul Bersama Prabowo

"Terima kasih Pak @prabowo yang sudah menjenguk saya tadi malam ditemani kucing kesayangannya. Mohon maaf belum bisa mendampingi Bapak. Mohon doa dari semuanya untuk kesembuhan saya," tulis Sandiaga.

Kamis, 18/04/2019 14:46 0

Indonesia

BPN Bantah Prabowo dan Sandiaga Uno Berseteru

Miftah juga membantah jika ada perseteruan antara Prabowo dan Sandiaga

Kamis, 18/04/2019 14:25 0

Indonesia

PBNU: Hasil Quick Count Belum Final, Jangan Disikapi Berlebihan

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas menegaskan bahwa hasil hitung cepat memang cerminan dari hasil pemilu.

Kamis, 18/04/2019 13:54 0

Close