... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Qatar Jadi Tuan Rumah Negosiasi Antara Sesama Warga Afghanistan

Foto: Delegasi Taliban di Qatar

KIBLAT.NET – Doha – Qatar mensponsori konferensi dialog antara sesama orang Afganistan di Doha, yang akan digelar pada Sabtu dan Ahad mendatang. Konferensi ini berupaya menyamakan pandangan antara sesama warga Afghanistan untuk mengakhiri perang selama puluhan tahun. Namun pemerintah Kabul kembali dikecualikan dalam konferensi ini.

Juru bicara Biro Politik Taliban, Mohammed Suhail Shahin, mengatakan bahwa pihaknya akan berpartisipasi dalam konferensi ini dengan mengirim delegasi yang tinggal di dalam dan luar Afghanistan. Kepada Al-Araby Al-Jadid pada Rabu (17/04/2019), ia mengungkapkan bahwa konferensi tersebut akan membahas bagaimana mencapai perdamaian di Afghanistan.

“Tidak akan ada pembahasan masalah lain pada tahap ini,” tegasnya.

Saat ditanya apakah Taliban bersedia duduk dengan delegasi resmi pemerintah Kabul pada konferensi tersebut, Shahin menekankan bahwa setiap pihak yang hadir dalam konferensi mewakili pribadi. Tidak akan ada delegasi resmi dari pemerintah Kabul atau pihak lain.

Sementara itu, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa panitia konferensi menulis undangan hanya kepada peserta atas nama pribadi. Tidak ada undangan yang ditujukan kepada delegasi pemerintah. Semua peserta mewakili pribadi masing-masing bukan atas nama rezim.

Mujahid menambahkan bahwa pemerintah Kabul mengumumkan daftar nama-nama delegasinya yang dikirim ke konferensi di Doha. Namun, panitia menyampaikan bahwa nama-nama itu tidak boleh hadir kecuali yang sudah terdaftar di panitia.
Mujahid juga mengkritisi langkah pemerintah Kabul dengan mengatakan bahwa konferensi tersebut digelar di negara Teluk yang jauh, bukan di hotel di Kabul. Pertemuan ini untuk membahas rekonsiliasi bukan pesta pernikahan.

BACA JUGA  Taliban: Kami Hanya Punya Dua Cara Lawan Penjajah; Jihad dan Dialog

Pemerintah Afghanistan pada Selasa lalu mengumumkan daftar 250 orang dari berbagai kalangan rakyat Afghanistan, termasuk ulama, politisi, aktivis masyarakat sipil dan pemimpin suku, untuk berpartisipasi dalam pertemuan Doha dengan perwakilan Taliban.

Tak satu pun dari daftar nama yang disebutkan pemerintah Kabul orang-orang yang pernah berada di lingkaran mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan pemimpin jihad sekaligus ketua Dewan Rekonsiliasi Afghanistan, Abdul Rab al-Rasul Sayyaf. Kedua tokoh tersebut dikenal oposisi rezim Afghanistan saat ini.

“Daftar ini disusun melalui konsultasi dengan partai-partai politik, jihadis dan simbol-simbol masyarakat, dan itu termasuk semua spektrum,” kata juru bicara kepresidenan Afghanistan Harun Jagansuri dalam sebuah pernyataan.

Taliban telah mengumumkan sebelumnya bahwa pihaknya menunjuk sekitar 25 orang sebagai delegasi resmi dalam konferensi doa. Di antara delegasi itu dari kalangan wanita.

Sumber: Al-Araby Al-Jadid
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

BPN: Prabowo Minta Semua Pendukung Tetap Tenang

Dahnil melanjutkan bahwa yang terpenting dilakukan saat ini adalah terus memantau proses pemungutan suara.

Kamis, 18/04/2019 10:09 0

Indonesia

Pasca Pemungutan Suara, MUI Imbau Masyarakat Tetap Jaga Persaudaraan

Ia menghimbau kepad masyarakat untuk tetap menjaga tali persaudaraan.

Rabu, 17/04/2019 20:17 0

Video News

Usai Mencoblos, Jokowi Mengaku Lega

KIBLAT.NET, Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019...

Rabu, 17/04/2019 13:39 0

Indonesia

Usai Nyoblos, Jokowi Mengaku Plong

Jokowi tidak memberikan banyak statemen usai pencoblosan.

Rabu, 17/04/2019 13:33 0

Indonesia

Sandiaga Uno Nyoblos di Satu TPS dengan Mendag

Calon Wakil Presiden no urut 02, Sandiaga Uno telah menggunakan hak pilihnya di TPS 002, Jl. Sriwijaya, Kebayoran Baru pada pukul 08.20 WIB.

Rabu, 17/04/2019 12:27 0

Indonesia

Barisan Saksi Umat Imbau Masyarakat Kawal TPS

oordinator Relawan Barisan Saksi Umat, Nanda Lendi Irawan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam gerakan #SemuaJadiSaksi

Rabu, 17/04/2019 10:00 0

Indonesia

Begini Suasana Tempat Jokowi Mencoblos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 hari ini Rabu (17/04/2019).

Rabu, 17/04/2019 09:23 0

Video News

Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia, Ini Tanggapan Siti Zuhro

KIBLAT- JAKARTA, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro Turut berkomentar terkait pencoblosan yang...

Rabu, 17/04/2019 09:17 0

Video News

Peneliti LIPI: Selama Ini Masyarakat Dijejali Hasil Survei Pemilu yang Tidak Valid

KIBLAT- JAKARTA, Siti Zuhro, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuturkan bahwa selama ini masyarakat...

Rabu, 17/04/2019 09:14 0

Video News

Peneliti LIPI: Money Politic Menodai Kualitas Demokrasi Kita

KIBLAT- JAKARTA, Money politic dan vote buying dinilai telah menodai jalannya pemilu di Indonesia. Hal...

Rabu, 17/04/2019 09:12 0

Close