... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hindari Penangkapan Petugas Anti-Korupsi, Eks Presiden Peru Bunuh Diri

Foto: Eks Presiden Peru Alan Gracia

KIBLAT.NET, Lima – Mantan presiden Peru Alan Garcia menembak kepalanya sendiri pada Rabu (17/04/2019), untuk menghindari penangkapan sehubungan dengan dugaan suap dari perusahaan kontraktor Brasil Odebrecht. Demikian menurut laporan Reuters yang dikutip Ejinsight.com.

Garcia, seorang tokoh yang memainkan peran sentral dalam politik Peru selama lebih dari tiga dekade, meninggal di rumah sakit pada usia 69 tahun setelah menembak dirinya sendiri di rumahnya di ibu kota Peru, Lima, ketika polisi tiba dengan surat perintah penangkapan.

Garcia membantah tuduhan korupsi tersebut, dan menyebutnya sebagai permainan politik yang tidak berdasar. Tetapi jaksa penuntut yang menyelidiki Odebrecht telah mengumpulkan cukup bukti untuk menahan Garcia dalam penahanan pra-persidangan untuk mencegahnya melarikan diri atau menghalangi pekerjaan, sementara mereka sedang mempersiapkan dakwaan terhadapnya.

Odebrecht, konglomerat konstruksi milik keluarga, mendorong penyelidikan di seluruh Amerika Latin setelah mengakui secara terbuka pada akhir 2016 bahwa mereka telah mendapatkan kontrak menguntungkan di wilayah tersebut dengan menyuap para politisi. Mantan eksekutif Odebrecht sekarang bekerja sama dengan jaksa penuntut sebagai informan.

Penyelidikan di Peru meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir, dengan hakim memerintahkan penangkapan mantan presiden lain, Pedro Pablo Kuczynski, sebelum diadili sehubungan dengan perusahaan tersebut pekan lalu.

Skandal itu telah menyentuh level tertinggi kelas politik penguasa Peru. Mantan Presiden Alejandro Toledo menghadapi ekstradisi dari Amerika Serikat setelah seorang hakim Peru memerintahkannya dipenjara pada 2017. Sementara mantan pemimpin lainnya, Ollanta Humala, menghabiskan sembilan bulan dalam penahanan pra-persidangan sebelum dia dibebaskan tahun lalu dengan naik banding.

BACA JUGA  Tentara Saudi Tembaki Orang-orang di Sekitarnya Saat Ikuti Pelatihan Militer di Florida

“Yang lain mungkin menjual, bukan saya,” kata Garcia kepada penyiar lokal dalam beberapa komentar publik terakhirnya pada hari Selasa, mengulangi frasa yang sering ia gunakan ketika lawan politiknya terjerat skandal dalam beberapa tahun terakhir.

Dia mengatakan dalam wawancara bahwa dia tidak takut akan penyelidikan karena dia mengaku percaya pada kehidupan setelah kematian.

“Setelah polisi tiba di rumah Garcia untuk menangkapnya Rabu pagi, dia mengatakan kepada mereka bahwa ia harus memanggil pengacaranya,” kata Menteri Dalam Negeri Carlos Moran.

“Dia memasuki sebuah ruangan dan menutup pintu di belakangnya,” lanjut Moran ketika konferensi pers,, tak lama sebelum kematian Garcia dikonfirmasi. “Dalam beberapa menit, terdengar tembakan dari senjata api dan polisi secara paksa masuk dan mendapati Garcia duduk dengan luka di kepalanya.”

Kematian Garcia mengejutkan negara Andean yang telah menyaksikan transisi dari seorang sayap kiri yang terpilih sebagai presiden pada usia 36 tahun, menjadi seorang pejuang pasar bebas yang memenangkan masa jabatan kedua pada tahun 2006.

Bunuh dirinya mungkin akan memberikan pengaruh ke Odebrecht di Peru. Hal itu juga dapat memperdalam kesenjangan antara Presiden tengah Martin Vizcarra dan oposisi sayap kanan yang mengendalikan Kongres, tempat Garcia memiliki sekutu yang berpengaruh.

Akhir tahun lalu, Garcia meminta suaka politik kepada Uruguay setelah ia dilarang meninggalkan Peru karena penyelidikan. Namun Uruguay menolak permintaan itu.

BACA JUGA  Marinir AS Tembaki Pegawai di Pangkalan Pearl Harbor Lalu Bunuh Diri

Sumber: Ejinsight
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

BPN: Prabowo Minta Semua Pendukung Tetap Tenang

Dahnil melanjutkan bahwa yang terpenting dilakukan saat ini adalah terus memantau proses pemungutan suara.

Kamis, 18/04/2019 10:09 0

Indonesia

Pasca Pemungutan Suara, MUI Imbau Masyarakat Tetap Jaga Persaudaraan

Ia menghimbau kepad masyarakat untuk tetap menjaga tali persaudaraan.

Rabu, 17/04/2019 20:17 0

Video News

Usai Mencoblos, Jokowi Mengaku Lega

KIBLAT.NET, Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019...

Rabu, 17/04/2019 13:39 0

Indonesia

Usai Nyoblos, Jokowi Mengaku Plong

Jokowi tidak memberikan banyak statemen usai pencoblosan.

Rabu, 17/04/2019 13:33 0

Indonesia

Sandiaga Uno Nyoblos di Satu TPS dengan Mendag

Calon Wakil Presiden no urut 02, Sandiaga Uno telah menggunakan hak pilihnya di TPS 002, Jl. Sriwijaya, Kebayoran Baru pada pukul 08.20 WIB.

Rabu, 17/04/2019 12:27 0

Indonesia

Barisan Saksi Umat Imbau Masyarakat Kawal TPS

oordinator Relawan Barisan Saksi Umat, Nanda Lendi Irawan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam gerakan #SemuaJadiSaksi

Rabu, 17/04/2019 10:00 0

Indonesia

Begini Suasana Tempat Jokowi Mencoblos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 hari ini Rabu (17/04/2019).

Rabu, 17/04/2019 09:23 0

Video News

Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia, Ini Tanggapan Siti Zuhro

KIBLAT- JAKARTA, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro Turut berkomentar terkait pencoblosan yang...

Rabu, 17/04/2019 09:17 0

Video News

Peneliti LIPI: Selama Ini Masyarakat Dijejali Hasil Survei Pemilu yang Tidak Valid

KIBLAT- JAKARTA, Siti Zuhro, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuturkan bahwa selama ini masyarakat...

Rabu, 17/04/2019 09:14 0

Video News

Peneliti LIPI: Money Politic Menodai Kualitas Demokrasi Kita

KIBLAT- JAKARTA, Money politic dan vote buying dinilai telah menodai jalannya pemilu di Indonesia. Hal...

Rabu, 17/04/2019 09:12 0

Close