... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Blok Arab Saudi Dukung Pemerintahan Dewan Transisi Militer Sudan

Foto: Kepala Dewan Transisi Militer (TMC) Abdel Fattah al-Burhan

KIBLAT.NET, Khartum – Kepala Dewan Transisi Militer (TMC) yang berkuasa di Sudan telah memecat tiga jaksa terkemukan di negara itu. Pengumuman dikeluarkan pada hari Selasa (16/04/2019), setelah pengunjuk rasa menuntut perombakan peradilan sebagai langkah menuju pemerintah sipil.

Asosiasi Profesional Sudan (SPA), sebuah kelompok yang mempelopori pemberontakan rakyat, telah mengeluarkan daftar panjang tuntutan untuk perubahan besar-besaran guna mengakhiri represi dan meredakan krisis ekonomi, setelah militer menggulingkan presiden Omar al-Bashir pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, TMC mengatakan bahwa kepala dewan Abdel Fattah al-Burhan telah memecat kepala jaksa Omar Ahmed Mohamed Abdelsalam dan wakil jaksa Hesham Othman Ibrahim Saleh, serta kepala penuntutan publik Amer Ibrahim Majid.

Sementara itu, Alwaleed Sayed Ahmed Mahmoud ditunjuk sebagai pengganti Abdelsalam. Latar belakang Mahmoud tidak segera diketahui.

Dalam konferensi pers pertamanya pada hari Senin, SPA – yang memimpin berbulan-bulan protes yang menyebabkan penggulingan Bashir setelah 30 tahun berkuasa – menyerukan agar TMC dibubarkan dan diganti sebuah dewan penguasa sipil sementara.

Ia juga menyerukan agar Abdelsalam disingkirkan bersama dengan kepala pengadilan dan wakilnya. Dia menambahkan bahwa protes massa tidak akan berhenti sampai tuntutan dipenuhi. Ketua kehakiman tidak disebutkan dalam pernyataan TMC.

Blok Arab Saudi Dukung Pemerintahan al-Burhan

Pada hari Selasa, ratusan profesor Universitas Khartum membawa rambu-rambu bertuliskan “pemerintahan transisi sipil” dan “demokrasi”. Mereka berdemonstrasi di luar Kementerian Pertahanan sejak 6 April.

BACA JUGA  Sulitnya Militer Prancis Buru Jihadis di Hutan Burkina Faso, Dipaksa Seperti "Kucing dan Tikus"

Delegasi dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab bertemu dengan kepala TMC Burhan di Khartum pada hari Selasa. Dalam pertemuan itu, Burhan memuji hubungan terhormat antara Sudan, Arab Saudi dan UEA.

Sebagai kepala pasukan darat Sudan, Burhan mengawasi pasukan Sudan dalam perang yang dipimpin Saudi di Yaman dan memiliki hubungan dekat dengan para pejabat senior militer Teluk.

UEA, anggota terkemuka pertempuran koalisi pimpinan Saudi di Yaman, dengan cepat menyambut penunjukan Burhan dan mengatakan akan berupaya mempercepat bantuan ke Sudan. Tidak lama setelah pencalonan Burhan, Arab Saudi mengatakan akan menyediakan gandum, bahan bakar dan obat-obatan untuk Sudan.

“Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi juga memanggil Burhan pada hari Selasa untuk menawarkan dukungannya,” kata seorang juru bicara al-Sisi.

Juru bicara itu menekankan bahwa al-Sisi telah menegaskan “dukungan penuh Mesir untuk keamanan dan stabilitas Sudan dan dukungannya untuk kemauan dan pilihan rakyat Sudan”. Al-Sisi diperkirakan akan mengunjungi Sudan dalam beberapa hari mendatang.

Anggota TMC Jalal al-Deen al-Sheikh bertemu Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat di Addis Ababa dan memberinya sepucuk surat dari Burhan yang membahas situasi di Sudan dan mengundang Mahamat untuk berkunjung. Mahamat telah menyatakan “pemahaman” untuk keputusan yang diambil TMC sejauh ini.

Pada hari Senin, al-Sheikh mengatakan pada konferensi pers di Addis Ababa, bahwa TMC sudah dalam proses memilih perdana menteri untuk pemerintahan sipil – menjelang pemilihan umum yang dijanjikan dalam waktu dua tahun.

BACA JUGA  Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya Kembali Teken Kerja Sama Militer dengan Turki

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Sandiaga Uno Nyoblos di Satu TPS dengan Mendag

Calon Wakil Presiden no urut 02, Sandiaga Uno telah menggunakan hak pilihnya di TPS 002, Jl. Sriwijaya, Kebayoran Baru pada pukul 08.20 WIB.

Rabu, 17/04/2019 12:27 0

Indonesia

Barisan Saksi Umat Imbau Masyarakat Kawal TPS

oordinator Relawan Barisan Saksi Umat, Nanda Lendi Irawan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam gerakan #SemuaJadiSaksi

Rabu, 17/04/2019 10:00 0

Indonesia

Begini Suasana Tempat Jokowi Mencoblos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 hari ini Rabu (17/04/2019).

Rabu, 17/04/2019 09:23 0

Video News

Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia, Ini Tanggapan Siti Zuhro

KIBLAT- JAKARTA, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro Turut berkomentar terkait pencoblosan yang...

Rabu, 17/04/2019 09:17 0

Video News

Peneliti LIPI: Selama Ini Masyarakat Dijejali Hasil Survei Pemilu yang Tidak Valid

KIBLAT- JAKARTA, Siti Zuhro, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuturkan bahwa selama ini masyarakat...

Rabu, 17/04/2019 09:14 0

Video News

Peneliti LIPI: Money Politic Menodai Kualitas Demokrasi Kita

KIBLAT- JAKARTA, Money politic dan vote buying dinilai telah menodai jalannya pemilu di Indonesia. Hal...

Rabu, 17/04/2019 09:12 0

Indonesia

Peneliti LIPI: Money Politic Bagian dari Menghalalkan Segala Cara

Money politic dan vote buying dinilai telah menodai jalannya pemilu di Indonesia.

Rabu, 17/04/2019 00:00 0

Indonesia

KPU Dinilai Abaikan Pro-kontra Kotak Suara Kardus

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Masyarakat, Siti Zuhro menyebut rusaknya ratusan kotak suara kardus akibat kurangnya antisipasi KPU sebagai penyelenggara pemilu

Selasa, 16/04/2019 23:38 0

Indonesia

Kisruh Pemilu di Luar Negeri, Peneliti LIPI: Seharusnya Panwaslu Bisa Cegah

Polemik yang menyelimuti pemilihan umum di luar negeri dinilai akibat kurangnya upaya pencegahan oleh Panwaslu.

Selasa, 16/04/2019 23:19 0

Indonesia

Peneliti LIPI: Hasli Survei Pemilu Kurang Dipercaya Masyarakat

Survei-survei yang banyak bermunculuan menjelang Pemilu 2019 tak banyak mendapat kepercayaan masyarakat.

Selasa, 16/04/2019 22:18 0

Close